Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Selasa, September 20, 2011



Terjemahan surat dari Lee Teuk untuk Hankyung



Dear: Hankyung

Apa kabar Hankyung, bagaimana kabarmu di China sana? Ku harap kamu baik – baik saja. Saat ini kami semua sibuk mempromosikan album ke-4 kami. Hankyung, tidak ada kamu suasana dorm menjadi sepi. Aku sungguh rindu kamu, rindu bahasa korea mu yang masih amburadul, rindu masakan terkenalmu dan juga rindu dengan senyumanmu.

Hankyung, maafkan aku selama ini tidak begitu terbuka padamu. Selama ini aku merasa bersalah kepadamu karena tidak tahu masalah yang sudah membebanimu selama 5 tahun ini. Hankyung-ah, kenapa disaat ini kamu tidak mengatakan permasalahanmu kepadaku ataupun siapa saja yang kamu percayai. Disaat kamu memilih meninggalkan kami semua setiap malam aku menangis dan memikirkanmu. Maafkan aku Hankyung karena sebagai leader aku justru tidak peka terhadapmu.

Setiap kali aku selalu tahu rahasia semua member namun aku malah tidak mengetahui permasalahanmu sampai sidang digelar barulah ku sadari bahwa tidak semua rahasia member yang kuketahui. Hankyung-ah, aku akan terus menantikan dirimu kembali ke Seoul dan menemui kami. Ingatlah kami semuaadalah saudaramu dan keluargamu. Super junior akan terus menati dirimu dan jika kamu berubah pikiran kami akan menerimamu kembali dengan tangan terbuka.

Pada saat itu aku pasti akan memelukmu dan menyambut kepulanganmu saat itu. Ingatlah super junior tidak akan ada tanpa dirimu karena kamu selamanya adalah anggota super junior tidak tergantikan. Jagalah kesehatanmu baik – baik. Dan ingatlah, jika kamu tidak sibuk usahakan menghubungi kami supaya kami tidak cemas lagi. Baiklah sampai jumpa lagi karena aku yakin suatu saat kita akan bertemu lagi. Tidak peduli berapa lama aku akan terus menantikan dirimu.

Dari hyungmu, Park Jung Soo


Surat dari Heechul untuk Hankyung




Dear: my lovely couple Hankyung

Hankyungie bagaimana kabarmu? Baik – baik saja kan? Kuharap kamu baik – baik saja. Kini aku malah berharap waktu bisa berputar kembali. Ingin sekali mengajakmu, Young Woon dan Kibum ikut serta dalam pembuatan album keempat kita. Hankyungie, kamu ini sungguh tega meninggalkanku seperti itu. Tahukah kamu betapa depresinya aku selama ini karenamu. Sudah 10 tahun kita berkumpul bersama dan sama – sama meniti karier sebagai satu grup.

Namun tiba – tiba kamu malah seenaknya saja meninggalkanku dan Super Junior tanpa bilang – bilang? Kamu sungguh membuat Yang Mulia Kim Hee Chul marah dan benci kepadamu. Aku benci kamu tidak mengatakan masalahmu aku benci kamu selalu mengatakan tidak apa – apa padahal aku tahu kamu lelah tetapi tetap memaksakan dirimu tersenyum seolah – olah tidak terjadi apa – apa. Aku membencimu tetapi aku tidak sanggup. Karena kamu adalah sahabatku yang selalu setia menemaniku minum bersama dan selalu memahamiku tiap kali member lain selalu salah paham kepadaku.

Hankyungie, ingatkah kamu saat aku kecelakaan setelah menghadiri pemakaman ayahnya Donghae? Setiap hari kamu selalu meluangkan waktu untuk menjengukku dan merawatku sampai aku sembuh total. Kebaikanmu inilah yang membuatku semakin berpikir betapa sulitnya menemukan orang yang dapat memahamiku. Hankyungie, tahukah setiap kali aku memasuki kamarku selalu terbayang kamu ada disitu. Setiap kali aku mau tidur aku malah tidak sanggup memejamkan mataku karena aku rindu setengah mati kepadamu.

Kamu ini sungguh bodoh.....sungguh bodoh sekali..... bukankah kamu ada aku dan 13 teman – temanmu di Super Junior. Kami semua menyayangimu. Kamu malah memilih meninggalkan kami semua hanya karena kamu tidak mau berbagi bebanmu kepada kami semua. Dasar Hankyungie bodoh, ingat ya. Kami semua akan menantikan dirimu menjenguk kami di Seoul. Kelak kalau kamu sudah menikah jangan lupa datang kesini juga ya. Kami semua menyayangimu. Jagalah dirimu baik – baik ya. Ingatlah selamanya kamu adalah sahabatku dan posisimu tidak akan pernah tergantikan dari lubuk hatiku.

Your couple Heekyung, Hanchul.


Surat dari Yesung untuk Hankyung



Dear: Hankyung hyung

Hyung bagaimana kabarmu? Hari ini sungguh cerah sekali. Sekarang aku ada didalam kamarku menuliskan surat untukmu. Karena kami semua sepakat akan menulis surat dan dikirim bersama – sama. Hyung, tahukah kamu setiap kali aku melihat video yang menampilkan kita ber-13 kemudian ber-12 kemudian ber-11 tiba – tiba menjadi ber-10. Betapa anehnya aku masih tidak terbiasa tanpa kehadiranmu. Seperti ada rasa kehilangan. Dulu karena Kibum memilih fokus ke karier aktingnya aku hanya memaklumi saja. Kemudian Young Woon terkena kasus sehingga terpaksa di peti es kan. Aku merasa sedih dan berat melihat Super Junior berkurang lagi. Kemudian tiba – tiba hyung sudah tidak ada di sisi kami terasa makin sesak saja. Aku sungguh merindukan nasi goreng Beijingmu hyung.

Namun, meski begitu Young Woondan Kibum selalu mengunjungi kami semua dan mengatakan selamanya mereka adalah anggota Super Junior. Begitu pula bagimu hyung. Karena aku merasakan hyung selamanya tetaplah merupakan bagian dari Super Junior tidak pernah akan terpisahkan. Hyung, tidak peduli apapun keputusanmu aku hanya bisa mendukungmu dan mendoakanmu semoga hyung baik – baik saja. Ingatlah hyung, aku tetap akan mengingat nasihatmu ketika aku masih kurang dikenal saat kita debut bahkan sempat berpikir mau keluar dari Super Juniorkarena selama ini aku merasa diriku diabaikan. “tidak peduli apapun yang terjadi, kita tidak boleh menyerah untuk meraih impian meskipun harus mengorbankan sesuatu yang sangat berarti untuk kita. Apakah layak jika kamu sudah berusaha dengan keras namun tiba – tiba kamu memilih menyerah dan pulang ke rumah? Pikirkanlah baik – baik perkataanku ini. Impian tidak hanya tergantung dari Tuhan saja tetapi juga harus diiringi dengan kerja keras.” Karena perkataanmu inilah hyung aku memilih bertahan di Super Junior.

Hyung aku akan menepati janjiku akan terus bekerja keras untuk mempertahankan impianku menjadi penyanyi terkenal. Walau begitu, suatu hari aku ingin sekali bertemu denganmu dan berkata, “ saat ini aku baik – baik saja dan akan terus mengingat nasihatmu itu. Jagalah dirimu baik – baik hyung. Aku mencintaimu karena kamu adalah hyungku dan saudaraku. Sampai jumpa lagi, berharap kita bisa segera bertemu lagi di lain waktu.

Kim Jong Woon


Surat dari Kang In untuk Hankyung





Dear: Hankyung Hyung

Hyung, apa kabar. Semoga keadaanmu baik – baik saja. Sebelumnya aku mau minta maaf kepadamu hyung. Karena kesalahanku sehingga menyebabkan Super Junior menjadi seperti ini. Aku merasa bersalah dan mengintropeksikan diriku, hyung. Nanti bulan Juli aku akan segera menunaikan kewajibanku sebagai seorang pria yaitu mengikuti wajib militer. Berharap sebelum aku menunaikan tugasku demi negara aku bisa bertemu denganmu lagi hyung.

Sebelumnya maafkan aku yang sering mengerjain dan menyakiti perasaan hyung tetapi hyung malah memaklumisifatku yang meledak – ledak seperti ini. Hyung maafkan keegoisanku selama ini dan terima kasih sudah memaklumi sifatku yang menyebalkan. Aku sebenarnya benci dengan diriku sendiri karena sifatku yang satu ini telah banyak membuat banyak orang susah termasuk dirimu hyung. Aku sungguh menyesal karena sudah terjadi masalah seperti ini. Hyung, selama ini kenapa hyung tidak mau berbagi bebanmu kepada kami semua? Apakah kami bukan keluargamu dan saudaramu yang baik? Selama beberapa bulan ini aku berusaha memikirkan permasalahanmu dan membuatku merasa sedih. Maafkan aku hyung sudah membiarkanmu menanggung beban sendirian. Hyung, selamanya Super Junior adalah satu. Karena dengan bangganya aku akan berteriak, “hei inilah keluargaku Super Junior”

Aku sudah tidak tahu lagi mau menulis apa algi untukmu hyung. Setelah selesai menunaikan masa wajib militer aku akan berusaha sebisa mungkin berangkat ke Beijing karena aku ingin bertemu dan memelukmu hyung. Tunggulah aku 2 tahun dan aku akan segera berdiri dihadapanmu hyung. Berjanjilah hyung jangan sampai ada tangisan lagi tetapi senyuman bahagia.

Your Raccon, Kim Young Woon


Surat dari Shindong untuk Hankyung

Dear: Hankyung hyung

Halo apa kabar! Kami semua baik – baik saja. Sekarang ini kami semua mulai sibuk membuat album keempat kami. Bagaimana kabarmu di Beijing? Kudengar sekarang masa – masa musim semi. Pasti indah sekali disana. Hyung, kudengar hyung akan bersiap – siap membuat album solo, benarkah itu? Hahaha, kuharap album solomu sukses. Aku akan terus manantikan album ini walau tidak begitu mengerti bahasa mandarin. Setidaknya masih bisa melihatmu melalui mv atau melalui suaramu karena hal itulah yang aku rindukan.

Aku berharap saat aku bertemu denganmu masih bisa merasakan masakan nasi goreng Beijingmu itu. Sudah lama aku tidak makan itu lagi semenjak hyung tidak ada lagi disini. Aku sudah diet mati – matian tetapi malah membuatku teringat nasi goreng Beijingmu. Ah aromamasih ku ingat dengan jelas. Masa – masa sungguh sangat menyenangkan dan dengan tamaknya aku menyikat masakanmu tanpa menyisakan untuk member lainnya hahaha. Maaf hyung apa boleh buat aku tidak dapat menahan diriku untuk tidak memakan masakanmu.

Hyung jangan lupa kalau hyung ada waktu luang datanglah kesini. Setidaknya untuk melepaskan rasa rindu kami semua. Saat itu akan kubawa hyung berkeliling Korea mengenang masa – masa yang lalu ketika kitadengan senangnya tertawa lepas tanpa adanya beban. Hyung maafkan aku karena tulisanku jelek karena aku menulis surat ini sambil manahan air mataku. Hyung maafkan kami semua yang tidak menyadari kesulitan yang hyung hadapi. Ingatlah kami akan selalu mendoakanmu disana. Sampai jumpa lagi.

Shin Dong Hee


Surat dari Sungmin untuk Hankyung

Apa kabar! Bagaimana keadaanmu di Beijing sana? Berharap kamu baik – baik saja. Aku memikirkan cukup lama untuk menulis surat ini. Aku sungguh tidak tahu harus memulai dari mana. Banyak kata – kata yang ingin ku ungkapkan tetapi saat aku memegang pen mendadak tidak tahu harus menulis apa. Dalam pikiranku sudah banyak kata – kata namun yah aku sendiri juga tidak tahu harus memulai dari mana.

Kita mulai dari kenangan pertama kali kita bertemu. Kenanganku masih segar dalam ingatanku seolah – olah baru saja terjadi. Saat pertama kali kenal, aku berpikir hyung kenapa begitu nekat pergi seorang diri ke Seoul tanpa modal bahasa. Itulah yang pertama kali kupikirkan ketika bertemu dengan hyung. Tetapi pandanganku berubah saat hyung menunjukkan tarian yang hebat. Mendadak aku minder saat melihat tarianmu itu. Seolah – olah hyung sudah ditakdirkanmenjadi penari yang handal. Ternyata tebakanku tepat. Hyung menjadi salah satu lead dancer dalam Super Junior dan aku senang mengetahuinya.

Kemudian aku dikejutkan lagi dengan kemampuan kungfumu hyung. Karena dengan begitu aku ada teman untuk berlatih dan melepaskan rasa stressku dengan menggunakan keahlian martial art kita. Setiap pagi aku selalu menunggumu di atap dormkita dan berlatih bareng – bareng. Ingatkah saat itu aku tidak sengaja melukai punggungmu dengan keras. Saat itu aku merasa takut sekali. Takut hyung kenapa – kenapa. Tetapi hyung justru berusaha menenangkanku yang panik dengan senyuman dan berkata tidak apa – apa. Padahal aku merasa tendanganku terlalu kuat dan melihatmu memaksakan diri bersikap seolah – olah tidak terjadi apa – apa.

Dan tebakanku lagi – lagi tepat. Hyung mengalami cedera punggung saat berlatih koreografer U di ruang latihan. Aku merasa bersalah dan hendak mengakutetapi perkataan hyung malah membuatku semakin sedih dan bersalah. Hyung kenapa kamu rela berbohong demi melindungiku? Seharusnya hyung jangan mencegahku mengatakan kebenaran soal itu. Rahasia ini tersimpan sedemikian lama akhirnya terbuka saat itu juga kepada Kyuhyun soal cederamu itu karena aku tidak tahan lagi.

Setiap kali aku melihatmu menahan sakit dipunggungmu hatiku serasa tidak karuan. Kemudian aku mengatakan hal itu kepada Teuki hyung. Teuki hyung memarahiku tetapi hyung malah membelaku. Kebaikan hatimu sungguh membuatku merasa nyaman berada disisimu hyung. Ketegaranmu mmbuatku kagum padamu sampai sekarang pandanganku tidak pernah berubah.

Saat aku mengalami cedera lutut pada masa promo sorry – sorry hyung memarahiku yang tidak memperhatikan kesehatanku. Saat itu aku merasakan betul perhatian hyung kepadaku. Akhirnya aku hanya menuruti perkataanmu hyung tetapi pada akhirnya aku melanggar perkataanmu hyung. Syukurlah sorry – sorry sukses meraih berbagai macam penghargaan dan aku sangat menghargai kerja keras kita semua.

Sekarang kondisi sudah seperti ini dan agak merasa tidak terbiasa dengan perubahan ini. Hyung, aku baru sadar betapa aku sangat menyayangimu hyung. Setiap pagi aku sendirian saja berlatih martial art seorang diri dan saat itu aku menangis seorang diri berteriak memanggilmu dalam hati. Seandainya saja tidak ada kejadian seperti ini apakah hyung akan terus menemaniku setiap pagi berlatih bersama – sama lagi? Hal ini sudah berlangsung selama bertahun – tahun tiba – tiba tidak ada partner lagi.

Hyung berjanjilah kita akan bertemu lagi. Karena aku sungguh merindukanmu hyung. Banyak yang mengatakan aku adalah member yang paling jarang meneteskan air mata. Namun, setiap malam selesai beraktivitas aku selalu memikirkanmu dan kenangan kita berlatih bersama di atap dorm kita. Saat itu baru kusadari aku menangis setiap malam sehingga membuatku merasa diriku sudah berubah. Aku tidaklah sekuat yang mereka kira. Karena aku sudah mulai rapuh tetapi demi hyung aku akan berusaha lebih tegar lagi. Hyung selamanya kamu adalah hyungku.

Your martial partner, Lee Sung Min


Surat dari Eunhyuk untuk Hankyung

Hyung, selamat akan segera merilis album solomu nanti. Aku mendapat kabar dari Zhoumi soal album barumu nanti. Semoga album barumu sukses ya. Hwaiting. Hyung jangan lupa kirimin kami album solomu sekaligus tandatangan juga ya. Akan kujaga baik – baik album darimu. Hyung, aku sudah menyertakan dua versi cd album keempat kami lengkap dengan tandatangan untukmu hyung. Hyung kami akan menantikan dirimu datang ke Seoul. Akan ku ajak hyung menyusuri sungai Han dan mengobrol seperti dulu. Kemudian kita bermain di kampung halaman Donghae di Mokpoo.

Aku masih teringat kenangan kita berlibur di Mokpoo dan bersenang – senang disana bersama semua member. Sayang kenangan di Mokpoo berakhir ketika hyung mendadak menghadapi kejadianseperti ini. Hyung, aku ada menciptakan tarian baru bareng Shindong hyung. Setiap kali ada ide selalu saja tidak terealisasi karena merasa kurang bagus mengingat selam ini kita bereempat: aku, hyung, Shindong Hyung, dan Donghae selalu membahas semalam suntuk membahas tarian kita.

Dan ingatkah setiap kali hendak memulai rapat membahas tarian baru kita selalu menyiapkan snack – snack, roti, minuman, dan berbagai macam makanan. Bukannya membahas tarian yang ada kita berempat malah makan bersama sampai Teuki hyung menegur kita bereempat. Kenangan itu sangat berarti bagi kita semua. Kemudian kita bereempat begadang semalaman membuat konsep tarian kita yang baru untuk berlatih kemudian rekaman bareng – bareng untuk menunjukkan kepada member lain. Setiap kali kita sudah selesai merekam tarian itu. Kita selalu membahas lagi sampai ketiduran.

Setiap tarian hasil ciptaan kita bereempat mendapat respon bagus dari para member dan E.L.F ada rasa kepuasan di hatiku. Aku rasa Shindong hyung dan Donghae juga begitu dan bagaimana denganmu hyung? Bagaimanapun hyung juga turut andil dalam penciptaan koreografer tarian kita semua. Dimulai dari Miracle, A Man in Love, Dancing Out,  Don’t Don dan It’s You kita bekerja keras menciptakan tarian yang fresh dan keren. Dan syukurlah hasil kerja keras kita bereempat terbayar sudah ketika melihat penampilankita secara keseluruhan.

Saat ini lead dancer kita ada perubahan. Karena Kyuhyun menggantikan posisimu hyung. Walau Kyuhyun bisa menari tetapi tetap saja tidak bisa meniru style sepertimu hyung dan semenjak itu aku Shindong hyung dan Donghae bertiga saja membahas konsep tarian baru karena Kyuhyun masih sering dibingungin dengan membahas masalah konsep tarian. Tetapi syukurlah Kyuhyun termasuk agak cepat menguasai walau harus memberinya contoh duluan. Hyung-ah aku sudah melihat tarian barumu di acara Meng Niu melalui you-tube. Tampaknya kemampuan menari hyung sudah meningkat dengan pesat. Satu kata saja yaitu “keren”.

Aku berharap suatu hari bisa menari lagi denganmu di atas panggung dan ku nantikan itu saat masa itu tiba. Hyung, kalau sempat datang saja kesini ya. Akan ku ajak adu dance bersama Shindong hyung dan Donghae mengenang masa – masa kita sering adu dance bareng – bareng. Jagalah dirimu hyung. Sampai jumpa lagi.

Dancing Machine, Lee Hyuk Jae


Surat dari Donghae untuk Hankyung

Dear: abang besar yang berasal dari China, Hankyung hyung

Hyung bagaimana kabarmu? Baik – baik saja kan? Hyung aku sungguh merindukanmu. Kapan hyung datang ke Seoul? Hyung, setiap malam aku terus berharap andai saja hyung punya twitter pasti kita semalam suntuk akan bertwitter-ria. Kapan hyung memiliki twitter??? Ayolah hyung segera buatkan twitternya. Shindong hyung, Heechul hyung, Teuki hyung, Siwon, Sungmin hyung, dan Henry saja sudah punya. Kemudian belakangan Eunhyuk bergabung. Saat ini aku sibuk menyebarkan virus twitter ke member lainnya.

Hyung jangan lupa, balaslah tweetku kalau hyung sudah memilikinya. Hyung, aku selalu mwnwpati janjiku dengan belajar berbahasa mandarin. Semenjak hyung pergi aku sempat kehilangan minatku terhadap bahasa mandarin sampai suatu hari aku teringat kenangan hyung menceritakan masa – masa perjuangan hyung mempelajari bahasa Korea dengan susah payah. Ya, maafkan aku hyung sebelumnya sempat menertawai kemampuan berbahasa Koreamu yang amburadul. Setidaknya aku merasa agak lucu mendengar hyung masih tidak bisa menghilangkan logat Beijingmu itu. Kemudian saat aku masuk dalam sub grup SuJu-M baru kusadari betapa susahnya mempelajari bahasa asing. Saat itu aku merasa malu mengingat masa – masa aku menertawai bahasa Koreamu hyung.

Teringat kenangan hung rela begadang semalaman mengajari kami berbahasa mandarin dengan sabar. Setiap kali kami salah mengucapkan hyung selalu dengan sabar memperbaiki kosakata kami yang kacau balau. Setidaknya kami semua bisa sedikit berbahasa mandarin semua ini berkatmu dan Zhoumiyang membantu kami. Ah teringat Ryeowookie hampir putus asa mempelajari bahasa mandarin tetapi hyung malah mendukung dan meghibur Ryeowookie untuk terus berusaha dan pantang mundur. Saat SuJu-M terbentuk kami hanya bisa mengandalkanmu dan Zhoumi untuk tampil di negara – negara berbahasa mandarin.

Ingat masa – masa syuting super girl sungguh sangat menyenangkan. Kita bersenang – senang berlatih dance dan menyanyi sebelum syuting mv itu. Ah hyung-ah, aku sangat senang sekalihyung ada di sisi kami sebagai leader SuJu-M tetapi sekarang keadaan sudah berubah. Aku agak – agak kesal denganmu hyung. Aku sebal denganmu hyung. Sebal sekali kenapa tidak mau berbagi beban bersama kami semua? Semenjak hyung sidang aku sempat berpikir tidak mau melakukan aktivitas apapun dan memilih pulang kerumahku di Mokpoo karena tidak ada hyung disisiku.

Hyung-ah, kapan hyung kembali bersama kita semua? Maafkan aku hyung, aku memang egois karena aku menginginkan hyung kembali bersama kami semua meniti karier sebagai Super Junior. Aku masih belum siap menerima keputusanmu hyung. Tetapi balik lagi, apapun keputusanmu hyung aku hanya bisa menerima dan mendoakan yang terbaik untukmu hyung. Semoga suatu saat kita bisa bertemu lagi di atas panggung. Tidak peduli sebagai member Super Junior atau bukan selamanya hyung adalah member Super Junior. Aku akan menantikan saat itu. Karena harapanku cuma satu yaitu menemuimu dan memelukmu hyung. Aku mencintaimu hyung. Sampai jumpa lagi.

Fishy Lee Dong Hae from Mokpoo


Surat dari Siwon untuk Hankyung

Dear: Hankyung hyung

Hyung apa kabar? Saya Siwon. Sudah lama sekali kita tidak bertemu lagi. Masa – masa itu lumayan cukup berat hyung tetapi aku hanya bisa berusaha tegar saja. Karena aku tahu hyung pasti mempunyai alasan, aku yakin hyungjuga terpaksa meninggalkan kami semua. Karena aku tahu hyung pasti tidak akan meninggalkan kami tanpa adanya alasan. Hyung kuharap hyung sehat selalu, kejarlah kebahagiaan yang hyung anggap pantas untukmu. Aku hanya bisa mendukungmu hyung. Karena aku yakin Tuhan sudah mengatur yang terbaik untukmu hyung.

Hyung janganlah merasa bersalah atas kejadian yang menimpa kita semua. Karena itu bukan salah hyung, bukan salah siapa – siapa. Tetapi karena takdir yang yang membuat kita harus menjalani kehidupan seperti ini. Karena itu aku hanya bisa mencoba memahami dan mendukung keputusan yang diambil oleh hyung. Jujur saja, aku masih belum bisa menerima kepergian hyung karena setidaknya kita selalu berkumpul bersama selama bertahun – tahun.

Saat aku mendengar Teuki hyung bertanya kepada semua member rencana menulis surat untuk hyung, betapa gembiranya aku mendengar rencana dari Teuki hyung dan langsung menyetujui ide itu. Hyung saat aku menulis surat ini aku masih berada di lokasi syuting Oh! My Lady. Disela – sela syuting aku menyempatkan diri untuk menulis surat ini karena ada banyak hal yang ingin kubicarakan pada hyung. Terima kasih hyung sudah menjaga kami semua baik – baik, terima kasih hyung sudah memberikan kenangan yang terindah bagi kami semua. Karena bagiku hyung selamanya adalah member Super Junnior. Hyung aku masih ingat senyumanmu yang tulus ketika aku merayakan ulang tahun bersama denganmu hyung. Namun tahun ini tampaknya aku harus menekan perasaanku setiap kali member lain, fans, dan lain – lain mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku. Karena aku teringat denganmu hyung, yang hanya merayakan ulang tahun seorang diri di Beijing sementara aku bersama member dan temen – teman lainnyamerayakan ulang tahunku.

Hyung, maafkan aku yang tidak peka terhadap masalah yang menimpamu hyung. Aku justru tidak berguna disaat hyung merasa lelah tetapi tidak tahu harus berbagi beban dengan siapa. Hyung aku yakin Tuhan pasti akan memberimu jalan yang terbaik bagimu dan juga kita semua. Walau tertutup Tuhan tetap akan membukakan jendela untukmu hyung. Selamanya aku tetap menganggapmu sebagai hyungku. Kalau aku sempat, aku pasti akan segera menjengukmu di Beijing. Baiklah, hanya sampai disini saja. Sampaikan salamku ke bibi han ya. Sampai jumpa lagi.

Choi Si Won


Surat dari Ryeowook untuk Hankyung

Dear: Hankyung hyung

Hyung, bagaimana kabarmu? Kuharap hyung sehat – sehat saja. Hyung, aku merindukanmu hyung.. Saat ini aku masih agak berat menjalani karier bersama Super Junior tanpa kehadiran hyung, Kangin hyung, dan Kibum. Ya, setidaknya dalam album keempat kami hyung sempat meninggalkan sesuatu yang berharga. Apalagi kalau bukan suara hyung dalam “Shake It Up” walau hanya sebentar saja. Saat ini kami semua sibuk mempromosikan album terbaru kami. Sudahkah hyung mendengar lagu terbaru kami “Bonamana”? saat ini kami sudah dua kali meraih peringkat pertamadi Music Bank. Pada saat momen seperti itu aku membayangkan hyung, Kangin hyng, dan Kibum berada disisi kami dan berpelukan atas penghargaan yang kita raih.

Ingatkah hyung masa – masa aku bergabung bersama SuJu-M? Sebelum debut sebagai anggota SuJu-M, hyung selalu memberikan kami semua pelatihan bahasa mandarin dengan sabar. Disaat aku menyerah karena bahasa mandarinku paling parah, diam – diam hyung mengorbankan waktu tidur demi mnengajariku bahasa mandarin. Dan hyung sengaja memberikan catatan yang penuh dengan tulisan tangan hyung dengan penuh coretan sana sini. Walau hyung tidak mengaku kalau notes itu buatan tangan hyung, tapi aku mengetahuinya. Siapa lagi bisa menulis tulisan hangul seperti itu selain hyung? Karena tulisan hangul hyung termasuk paling rapi diantara member lainnya. Walau hyung sengaja menulis jelek – jelek tetap tidak bisa menipu mataku.

Hyung, catatanmu sampai sekarang masih ada didalam tas hitamku. Ake sangat menghargai usaha keras hyung menyusun kosakata mandarin yang penting dan sering digunakan untukku, ketika Donghae hyung melihat catatanku dia segera mengetahui kalau catatan itu dibuat oleh hyung dan dia juga menunjukkan catatan yang sama dengan milikku. Kemudian aku bertanya kepada member SuJu-M satu persatu mengenai catatan itu. Baru kuketahui ternyata bukan hanya aku dan Donghae hyung saja yang punya. Tetapi juga Siwon hyung, Kyuhyun juga mendapatkan masing – masing. Dan khusus  untuk Henry baru aku tahu hyung menggunakan 3 bahasa untuknya. Saat aku melihat catatann milik Henry baru kusadari betapa bekerja kerasnya hyung menyusun catatan untuk kami semua.

Dari Zhoumi hyung katanya hyung semalaman begadang membuat catatan itu saat kutanya darimana hyung mendapat kosakata berbahasa inggris untuk Henry baru aku mengetahui hyung rela mendatangi lokasi syuting Kibum untuk bertanya arti dalam bahasa Inggris. Dan Kibum sudah mengaku kepada kami semua. Terima kasih atas kerja kerasmu hyung. Kami semua menghargaimu hyung.

Maafkan aku hyung, aku sudah tidak bisa menulis lagi. Perasaanku kini campur aduk. Beberapa kali surat yang kutulis untuk hyung ku buang karena penuh air mataku dan aku membuat surat yang baru lagi tanpa tambahan noda tetesan air mata. Hyung, kalau hyung ada waktu, datang saja. Kami akan menyambut kedatangan hyung. Baiklah sampai disini saja. Sampai jumpa hyung.

Your Eternal Maknae, Kim Ryeo Wook


Surat dari Kibum untuk Hankyung

Dear: Hankyung hyung

Hyung, bagaimana dengan keadaanmu disana? Aku sudah melihat penampilanmu di Meng Niu melalui you-tube. Hyung tampak sehat – sehat saja. Hyung selama ini aku memang jarang tampil bersama Super Junior tetapi setidaknya aku masih bangga sebagai member Super Junior. Hyung begitulah perasaanku terhadapmu hyung. Hyung juga selamanya juga anggota Super Junior. Saat aku mendengar kabar hyung menggugat, aku cukup shock berat. Tetapi setelah beberapa hari aku akhirnya bisa menerima keadaan ini dengan lapang dada.

Hyung kita berdua sama – sama mirip. Sama – sama meninggalkan negara kita demi mengejar impian kita, sama – sama seorang diri datang ke Korea tanpa memiliki teman satupun. Sama – sama terpaksa meninggalkan keluarga di luar negeri demi mewujudkan cita – cita kita. Ingatkah disaat itu aku merasa lelah dan memutuskan mau keluar dari Super Junior tetapi hyung malah tersenyum dan menyemangatiku terus memintaku jangan terus menyerah.

Melihat senyumanmu aku mendadak merasa malu. Dimasa – masa yang berat seperti ini hyung masih saja tegar mengahadapi anti fans yang membenci hyung hanya karena masalah kewarganegaraan. Tetapi hyung malah tersenyum dan berkata tidak apa – apa karena ada kami semua yang menemanimu. Betapa terharunya kami semua mendengar ucapanmu itu hyung. Kami semua tersentuh dengan kebaikanmu, ketegaranmu dan kerja kerasmu nersama – sama kami meniti karier dengan nama grup Super Junior.

Ketika aku memutuskan fokus ke dunia akting, semua member kecewa tetapi Teuki hyung, hyung, dan Donghae hyung menghiburku dan memberikan dukungan untukku. Pelan – pelan secara pasti member lainnya mulai menerima keputusanku untuk fokus ke dunia akting. Aku tahu pasti kalian bertiga yang menasihati mereka semua untuk menghormati keputusanku hyung.

Hyung kita bersama – sama mengembara mencari jati diri kita berdua. Dan bersama – sama berjuang meraih impian kita. Hyung, apapun keputusanmu aku hanya bisa mengatakan lakukan saja sesuai dengan keinginan hyung dan ingatlah kami selamanya akan ada disisi hyung dan terus menyemangatimu baik secara langsung maupun tidak langsung. Berjuanglah hyung!!! Baiklah sampai jumpa lagi hyung. Berharap saat kita bertemu hanya ada senyuman hyung yang menyambut kami semua.

Kim Ki Bum


Surat dari Kyuhyun untuk Hankyung

Dear: Satu-satunya Koko Chinaku, Hankyung..

 Hyung, ini dari GameKyu, DraKyu, KyuMong, dan 小13mu (si kecil ke-13) dan baru saja menambah 2 nickname baru, jadi sekarang kau juga dapat memanggilku SlideKyu atau DanceKyu.

Bagaimana kabarmu hyung? Apakah kau makan dengan baik? Kau terlihat sangat kurus sekarang bila dibandingkan dengan yang terakhir kulihat. Kau sudah 5 tahun lebih bersama kami, dan hampir 10 tahun bersama 11 hyung yang lain (dihitung waktu jadi trainee), jadi aku pikir kau pasti sudah terbiasa dengan makanan Korea, dan begitu kau kembali ke Cina, pasti semuanya sangat berbeda.
Hyung, apakah kau sudah melihat lagu baru kami, Bonamana? Lagu ini sangat sukses, bahkan 2 kali mendapatkan juara 1 di Music Bank. Kami kembali mendapat kesuksesan seperti waktu “U”, “Don’t Don”, dan “Sorry Sorry” bukan?
Untukku, masing-masing lagu itu memiliki makna tersendiri. Yang pertama, “U” sangat penting dan berarti untukku, karena ini adalah lagu debutku sebagai salah satu member Super Junior.
Ketika kita pertama kali mau menampilkan “U”, semua orang khususnya Teukie hyung memberi semangat, dan bilang jangan gugup, karena aku sudah dianugerahi Tuhan suara yang bagus, tapi aku masih tidak percaya diri.
Sampai waktu kau, hyung, yang mengatakan sesuatu padaku. Kata-kata yang tidak akan pernah kulupakan, walaupun sudah 4 tahun sejak waktu itu. Apakah kau juga masih mengingatnya hyung?
“Janganlah terlalu banyak khawatir Kyu, juga janganlah gugup, aku yakin kau dapat melewati semuanya. Aku sangat mengerti perasaanmu sekarang, karena dulu aku juga merasakan hal yang sama sepertimu sewaktu debut dengan 11 member lain, dan aku yakin kau akan lebih baik dariku karena kau juga orang Korea, sama seperti mereka (yang lain), jadi percaya dirilah. Cho Kyuhyun fighting!”
Kata-kata inilah yang selalu muncul di benakku, yang membuatku lebih percaya diri, juga tetap bersemangat, aku sangat berterima kasih padamu hyung.
Lalu, album kedua kita, Don’t Don. Kita juga sangat sukses waktu itu, meskipun harus kuakui, aku tidak terlalu suka membicarakan ini. Aku merasa itu merupakan waktu terberatku (karena kecelakaan yang hampir merenggut nyawaku). Hampir saja aku menyerah. Tetapi aku kembali mengingat 12 hyung termasuk kau, yang selalu menyemangatiku, memberiku harapan baru untuk tetap berjuang, dan akhirnya, aku berhasil. Tidak hanya diriku seorang, tetapi kita semua. Kita kembali dengan gaya rambut putih (bersama sungmin hyung juga)
Aku, Kyuhyun sangat berterima kasih kepada kalian ber12, yang memutuskan untuk tidak meninggalkanku, dan terus menungguku walaupun tidak jelas berapa lama itu. Aku sangat bangga pada diriku bahwa aku bisa mengembalikan Super Junior menjadi 13 orang kembali, walaupun aku hanya tampil selama beberapa detik saja. Tetapi itulah yang namanya “Super Junior”.
Kemudian, pada album ketiga, Sorry Sorry, kita membuat hits, memecahkan rekor baru, dan mendapatkan banyak penghargaan. Harus diakui, aku sedikit kecewa karena kita hanya tampil ber-12, tanpa Kibum hyung karena dia mau fokus berakting dulu, kita tidak dapat menghentikannya dan hanya dapat menyemangatinya. Kau tau,tidak nyaman hanya melihat 12 kepala, 12 mic, 12 pasang sepatu, dan 12 baju dan merasa terlupakan karena nomorku 13, sedangkan setiap Teukie hyung mengabsen untuk memastikan tidak ada yang ketinggalan, tidak ada yang menyebut angka 13. Padahal itu angkaku. Teuki hyung menyebut angka “1″, Heechul hyung “2″, terus ke yang lainnya, hingga akhirnya aku harus menyebut “12″, bukannya “13″ seperti biasanya.
Sampai akhirnya ada yang mengatakan,”Kyu, tidak peduli apapun, kapanpun, dan dimanapun, Super Junior tetap 13″ dan karena kata ini lagi, ya, aku selalu membayangkan Kibum hyung selalu bersama kita di panggung, bernyanyi dan menari bersama. Jangan heran siapa yang mengatakan hal ini; lagi, dia yang sangat kurindukan, HANKYUNG.
Waktu Hankyung, Siwon, Donghae, Ryeowook dan Kyuhyun dibuatkan satu subgrup yang baru bersama ZhouMi dan Henry, kaulah yang memimpinnya. Super Junior M.
Seperti pada saat Teuki hyung yang mengatakan, “우리는 슈퍼주니어-예요 ~~(u-ri-neun Syupeo Juni-OR~~)” aku juga sangat merindukanmu yang berkata “大 家好,我们是 Super Junior – M~~ (Halo semuanya, kami Super Junior – M~~)”
Tahukah bahwa kau adalah salah satu Lead Dancer grup kita? Tahukah kau apa yang terjadi setelah kau pergi? AKU yang menggantikan posisimu, ini sangat susah untukku. Aku selalu terluka pada saat latihan. Ini terasa sangat asing, karena aku yang biasanya dibelakang, melihat yang lain untuk menari bersama, sekarang sudah tidak ada siapa-siapa lagi. Aku merasa sendirian (karena tidak ada lagi orang didepanku). Aku merindukan tarianmu, aku sangat merindukan ucapanmu yang tidak jelas ketika berbahasa Korea.
Aku sudah tidak dapat menulis lagi sekarang. Suratku semakin bertambah jelek, dan jelek, mengertilah kenapa surat ini basah, karena aku menangis selama menulisnya. Setiap waktu kita bersama seakan-akan terlintas kembali.
Aku harus mengakhirinya sekarang, tetapi aku mempunyai satu kata yang harus kuucapkan sebelum mengatakan selamat tinggal.
“Hankyung hyung, pikir dan ingatlah bahwa kita adalah saudara, mulai dari Leeteuk sampai Kyuhyun semenjak kita menjadi bagian Super Junior. Dan hanya dengan satu kata orang-orang sudah mengenal kita, “SUPER JUNIOR”.  Selamanya kau adalah bagian dari Super Junior dan tidak akan pernah dilupakan, apapun yang kaulakukan sekarang, tidak peduli apapun tujuanmu, kami ber-12 akan selalu menyertaimu.”
Aku selalu merasa kau berada di sampingku, walaupun kita terpisah sekarang. Karena “SUPER JUNIOR adalah SATU“. Semoga berhasil dan dan jagalah dirimu!
Your  lovely Evil Magnae Kyu


Surat dari Zhoumi untuk Hankyung

Dear: Hangeng ge

Ge, bagaimana kabarmu? Kuharap gege baik – baik saja. Ge, semenjak kamu memutuskan untuk mengambil pilihan yang kamu ambil. Aku cukup shock dan menangis karena tidak pernah berpikir dan menyangka akan terjadi seperti ini. Ge-ah kenapa??? Kenapa disaat ini gege memilih mengambil jalan yang berbeda dari kami semua? Tidakkah gegememahami perasaanku??? Karena gege adalah leader SuJu-M dan selamanya member Super Junior.

Ge, seharusnya saat itu aku peka terhadap masalah yang akan gege hadapi. Aku baru menyadari gege sudah memberikan sinyal kepadaku bahwa gege tengah dilema antara dua pilihan. Pilihan meraih kebebasanmu atau tetap bertahan di Super Junior. Aku masih ingat betul saat itu hari sudah malam. Gege memanggilku diatas atap dorm dan mengajakku berbicara, minum bersama dan sambil memandang bintang. Gege, tahukah kamu saat aku menulis surat ini hatiku terasa sakit mengingat kenangan malam itu. Kenangan terakhir kita berdua berbicara dari hati ke hati tetapi justru aku yang tidak peka.

Gege pernah bertanya kepadaku apakah aku menyayangimu sebagai gegeku. Aku tentu saja menyayangimu. Setidaknya saat masa – masa awal SuJu-M debut, geglah yang melindungi dan menghiburku dan Henry yang pada saat itu tidak diterima kehadiran oleh E.L.F dengan baik. Sekarang gege malah tiba – tiba meninggalkan kami semua. Perasaanku campur aduk menjadi satu. Aku membencimu sekaligus mencintaimu. Masih ada lagi sebelum gege meninggalkan kami semua, gege sempat menangis memelukku dan seluruh member. Rupanya itu adalah kode yang ditinggalkan gege untuk kami semua. Ge, kenapa disaat itu gege mengatakan bahwa selamanya tidak akan meninggalkan kami karena kami semua adalah saudaramu dan sahabatmu namun pada akhirnya justtru meninggalkan kami semua?

Saat itu Kyuhyun dan Donghae sempat demam karena masalahmu. Setiap kali menyaksikan Donghae dan Kyuhyun menangis karena merindukanmu, pelan – pelan air mataku juga ikut turun. Teringat sebelum album keempat kami resmi dirilis, aku, Henry, Donghae, Siwon, Kyuhyun, Ryeowook sepakat berkumpul di kamar Ryeowook. Disitu kami semua ada rencana untuk mengirimimu video kami. Tetapi sebelum rekaman kami semua menangis dan pergi dari kamar Ryeowook karena sudah tidak tahan lagi manahan perasaan kami semua. Saat itu aku memutuskan akan tetap kuat dan tegar demi dirimu.

Demi kamu aku akan berusaha mempertahankan harapan sampai akhir waktu untuk kembali bertemu denganmu lagi. Suatu saat aku yakin kita pasti akan kembali bertemu da naik panggung yang sama lagi. Setidaknya harapan ini akan aku pertahankan sampai maut memisahkan kita semua. Aku mencintaimu dan selamanya gege adalah sahabatku. Maafkan aku karena surat ini banyak noda tetesan air mataku karena aku yakin pasti akan menangis lagi dan tidak sanggup menulis surat untukmu lagi dengan menggunakan kertas baru. Setidaknya, dalam hati kami semua selamanya gege adalah leader terbaik setelah Teuki hyung. Maafkan aku ge, tetapi jangan cemas. Setelah aku pulang ke Beijing hal pertama yang kulakukan adalah mengunjungimu. Tunggulah kedatanganku.....

Salam rindu, Zhoumi


Surat Henry untuk Hankyung

Dear: abang dari China, Hangeng hyung

Hyung, sebelumnya aku minta maaf setidaknya bahasa mandarinku dan bahasa Koreaku masih kacau dan aku masih tidak tertalu mengerti hangul dan kaligrafi. Sehingga kuputuskan menggunakan bahasa Inggris untukmu. Karena aku mengetahui hyung sendiri bisa berbahasa Inggris dari hasil belajar selama hyung berada di Los Angeles selama tiga bulan penuh.

Hyung, aku sendiri juga tidak tahu harus mengatakan apa padamu melalui surat ini. Jujur saja aku tidak memilliki keberanian menulis surat untukmu karena tidak tahu harus bagaimana. Disaat semua hyung sudah mengumpulkan surat kepada Teuki hyung, hatiku terasa sedih melihat setumpuk surat yangberada di tangan Teuki hyung. Tahukah hyung ketika Teuki hyung bertanya kepadaku, “Henry, mana suratmu?” aku baru sadar semua hyung memandangiku dan menyaksikanku kebingungan mau menjawab apa. Sampai aku mengaku aku tidak menulis surat untuk hyung sama sekali karena setiap kali aku mau menulis surat mendadak ada rasa takut. Takut menghadapi kenyataan yang menyakitkan.

Namun ke-13 hyung selalu menyemangatiku untuk menulis surat untukmu, sesaat aku memiliki keberanian untuk menulis surat ini. Bahkan Kibum hyung menyadarkanku, “Henry tidak peduli apapun yang terjadi selamanya hyung adalah anggota Super Junior dan aku yakin kamu pasti tidak mau ada rasa penyesalan yang tertinggal dari dalam hatimu.” Saat itulah aku melihat Siwon hyung menyerahkan kertas dan pen untukku. Dan memintaku segera masuk kedalam kamar milik Donghae hyung untuk menulis surat ini. Tetapi aku menolak karena aku benci sendirian saja. Jadi dengan ditemani ke-13 hyungku aku menulis urat ini dibantu member lainnya yang menguatkan aku setiap kali aku memilih menyerah menulis surat.

Donghae hyung selalu membantuku menyeka airmataku sebelum mengotori surat ini. Aku hanya ingin menyampaikan perasaanku kepadamu hyung. Tidak peduli apapun yang terjadi, aku tidak menyalahkanmu yang mengambil keputusan seperti ini karena aku tahu hyung melakukan ini demi kebaikan hyung sendiri dan juga demi kebaikan kami semua. Karena aku yakin hyung juga terluka karena masalah ini. Hyung walau disisiku ada banyak hyung – hyung lainnya yang menemaniku tetapi selamanya aku selalu merindukan sosokmu hyung. Disaat aku down karena masalah kehadiranku dan Zhoumi hyung tidak diterima sebagai anggota SuJu-M, hyunglah yang berusaha keras melindungi kami semua dan meminta para E.L.F untuk menerima kehadiran kami berdua. Tanpamu, kami berdua tidak mungkin ada disini bersama Super Junior. Hyung, selamanya aku akan mengingatmu, sampai saat ini aku yakin suatu hari kita akan bertemu lagi. Sampai jumpa lagi hyung.

Henry





Salam, ADLN_haezh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru