Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Masa Kecilku: Umur 4-5 tahun "Rumah Keduaku"

Senin, Februari 20, 2012

Umur 4 tahunan, aku pindah rumah.. Kalo di tanya dimana, rumahku ini lebih ke utara .. lebih jauh pastinya.. Tepatnya sih di Kencuran, Ngagglik, Sleman..


Aku tinggal di salah satu kontrakan, kecil, gak berkeramik/masih ubin, kamar dua, kamar mandi cacingnya banyaaak banget. Disana, adalah pertama kalinya aku masuk TK dan pohon yang aku inget adalah pohon talok, maka dari itu sampe sekarang aku suka banget sama talok juga gara-gara itu. Aku punya tetangga namanya Om wawan, waktu aku kecil dia udah kuliah. Dan aku juga punya temen kecil yang setahun dua tahun  lebih kecil dari aku. Selain itu , aku juga punya tetangga yang ulangtahunnya sama kayak aku.. tanggal 1 Januari walaupun beda tahun... Waktu aku disana, mungkin masih tahun sekitar 1999 mungkin yaa.. Pokoknya aku tinggal disana 1,5 tahun atau sekitar hampir 2 Tahun.


Nah.. umur 4 tahun, aku masuk TK, dan aku masih suka main sepeda kecil roda 3 yang untuk bayi-bayi itu.. Yah.. sekali lagi aku nggak inget masa TK ku, dan gak ada fotonya =___= sayang banget ya.
Oke, kembali ke awal.. sekarang kita coba inget-inget masa TK sampe aku kelas 1 SD yaa? wkwkwk..
aku masuk TK umur 4 tahun, standar kan?? tapi aku juga setaun soalnya aku langsung loncat kelas 1 SD..


Naaah.. yang kuingat waktu aku TK itu adalah:
- Berangkat pulang sekolah dianter jemput ibu,


- Aku pernah diboncengin ibukku naik sepeda ontel.. dan di boncengannya itu dikasih selimut biar empuk, sayang kakiku pernah masuk ruji...


- Aku inget waktu aku pertama kali masuk rumah sakit karena  aku sakit asma, dan bahkan aku inget waktu aku dipegangin beberapa suster cuma buat disuntik.. well, aku bener-bener trauma suntik lho gara-gara dari sana, walaupun ending aku dibeliin es krim ..


- Aku inget waktu acara jalan-jalan TK, tapi aku gak inget punya temen TK 


- Aku inget pernah ngerayain ultah bareng sama temenku yang tanggal lahirnya sama kayak aku tanggal 1 Januari, aku bahkan inget sama namanya. Mbak Tiara dulu aku manggilnya..


- Aku suka di ambilin, atau kadang aku sendiri yang suka manjat pohon talok karena saking sukanya aku sama talok


- Dulu waktu aku kecil, masih jamannya ibukku pake cadar item-item semua dari atas sampek bawah. Dan aku suka ikut ikut main cadar-cadaran pake tiga lapis kerudung..


- Oh, aku inget aku punya seorang temen cowok dan adiknya dan suatu hari si cowok ini tubuhnya pernah kebakar entah gara-gara apa , seingetku sih gara-gara dia nyebur di pembakaran sampah.. wow, aku bahkan di ajak kerumah sakit buat lihat perban-perbannya. Padahal, si cowok ini yang suka nemenin aku dorongin sepeda roda tigaku..


- Aku juga inget jamanku masih latihan sepeda roda dua.. awalnya rodanya masih empat. Trus naik dan naik, eh rodanya ngilang satu tuh. Habis itu aku kalo latihan jadi condong ke   roda yang masih utuh (lupa juga tu roda kanan atau roda kiri). Kadang-kadang sambil pegangan tembok biar seimbang walaupun gara-gara itu sebenernya sepedanya nggak jalan. Sampai akhirnya gara-gara itu eeeh roda satunya ikutan ilang deh dan alhasil mau nggak mau aku harus bisa naik sepeda roda dua.. Nah, sejak saat itu aku selalu kemana-mana naik sepeda roda dua. Dari yang aku milih kakinya dua-duanya ditanah jadi intinya sih tuh sepeda dituntun terus. Soalnya walaupun di bawa tetep aja gak di genjot. Akhirnya aku diajari deh. Standar aja, diajarin dengan cara dipegangin boncengannya sama... siapa aku juga nggak tau. Yang pasti, aku tetep nggak bisa naik sepeda gara-gara itu. Dan aku nggak tahu sejak kapan pokoknya aku inget suatu hari gara-gara asal aja.. Tuh sepeda awalnya aku puter satu pedalnya dan langsung wuuuung ngebut aja.. finally, aku teriak teriak ke setiap tetangga saking bangganya bisa naik sepeda roda dua.. itu sejarahku bisa naik sepeda roda dua. Sepedanya kecil, dan warnanya ungu.. masih inget deh .. hehe


- and, aku juga inget waktu adik keduaku diobatin gara-gara udelnya bodoong, dan ibukku kan punya daging tumbuh di tangan dan kakinyanya dan nggak tau deh detailnya. Pokoknya untuk kacamata anak-anak waktu itu aku taunya tuh tangannya ibukku di ongkel-ongkel, tapi aku yakin itu lagi di operasi tapi operasinya di rumah.. Sekarang daging tumbuh yang ditangan masih ada, tapi yang di kaki udah ilang tapi ada bekasnya..


- Ayah pernah nyasar atau kebablasan waktu nganter aku ke sekolahku. Waktu itu aku udah SD kelas 1, dan umurku antara 4,5 tahun atau 5 tahun aku juga lupa..


- Inget kalo pulang sekolah selalu jalan sendiri, walaupun kadang ada yang tiba-tiba nawarin pulang bareng ,, itu tetanggaku. Nah, kalo pulang sendiri, aku suka nyanyiin lagunya melly goeslaw yang menghitung hari atau detik demi detik. Dan kalo pulang sendirian, aku selalu ngelewatin hutan.


- Aku pernah sekali berangkat sekolah naik sepeda, dan tanjakannya itu tinggiiiii sekali . Aku nggak tau kenapa. Yang pasti, sehari setelahnya aku nggak berangkat sekolah karena sesak nafasku kumat.. entah asma atau bukan. Pokoknya setelah itu aku udah nggak pernah lagi berangkat sekolah naik sepeda.


- Aku juga inget waktu suka banget main rumah-rumahan pake tanah di depan sekolahku


- Pernah suatu hari, dan hari itu ada imunisasi atau apasih namanya kalo acara suntik-suntikan itu?? Nah, entah trauma atau apa.. hari itu setelah tau kalo disuntik, saking takutnya aku, aku langsung siap-siap semua peralatan sekolah se tasnya !! Siap-siap mau pulang, jelas, walaupun masih ada mapel habis itu. Tapi, baruuu aja aku sampek pintu keluar kelas, eeeh ada yang nyegat aku.. itu guruku.


temenku : "lho kamu mau kemana??"
sambil nangis aku ngejawab "mau pulang". Benernya sih mau kabur biar nggak disuntik. Tapi tuh guru ngotot aja nyuruh balik ke kelas. Karena takut, masuk lagi deh aku ke dalem kelas, tapiiiii.. aku sembunyi di bawah meja sambil ngeliat kaki temen-temenku yang maju satu per satu.. Berharap nggak di panggil, aku tetep denger namaku. Dan persembunyianku ketauan deh.. Finally, aku tetep di suntik. Rasanya cekit cekit tuh gara-gara suntikan itu.


Tapi tahukah betapa bangganya aku setelah disuntik?? Setelah aku disuntik, pulang sekolah tiap ketemu orang lewat *kan aku pulangnya jalan ya kaan??*. Aku teriak-teriak seenak udel "yeeeeiiii aku udah di suntik lhoooo".. aish, dasar anak 5 tahunan :D


- Dan sesuatu yang masih aku inget adalah, ketika suatu hari, sepulang sekolah tiba-tiba tetanggaku jemput aku. Aku kaget dong, biasanya aku nggak perlu di jemput tapi ini malah tetanggaku yang jemput.. Dan selama aku diboncengi pulang, aneh aja karena nggak ke arah rumah. 


"Mau kemana??" tanyaku..
"Hari ini kita ke rumah tante ya? rumahmu lagi ada masalah sayang.." jawabnya..
"Ibukku dimana?"
"Ibu kamu ada dirumah tante juga kok.."


Setelah itu aku memilih diam. Dan setelah sampai rumahnya si tetanggaku ini, dan aku lihat ibukku. Yah, sebenernya aku nggak bener-bener inget ada apa, aku cuma inget waktu itu ada yang bilang gini..


"Sekarang disana lagi ada jihat. Lagi ada perang sama jin.."
Dalam mata anak kecil, aku kaget dan cuma deg-degan aja disana. Ayahku belum pulang, dan aku takut ayahku kenapa-napa disana. Sampai akhirnya aku nggak tahu gimana ceritanya. Tak lama kemudian aku, adikku, ayah, dan ibuku berada di atas motor dan jalan ke arah rumah simbahku. Di jalan sempet ada kecelakaan dan sehari itu aku bener-bener deg-degan (dalam kacamata anak umur 5 tahun). Aku inget ada yang ngomong gini waktu ayah ditanya ibukku di rumah keadaannya gimana..
ayahku jawabnya "aku juga ikut perang sama jin.. tapi cuma sebentar"
"menangkah?"
"iya menang" jawab ayahku..
sampai sekarang, aku masih nggak tau apa yang terjadi disana saat itu. Karena penjelasan yang aku denger di umur 5 tahun bener-bener nggak masuk akal kalo didengerin sekarang.. (belakangan aku tau kalo argumenku itu semua SALAH! kapan2 deh cerita..)


Lainnya, hanya sekelebat ingatan-ingatan aja sih... Entah ini mimpi atau sungguhan pernah kulakukan.
Cuplikan ingatan seperti..
- seorang teman beragama lain yang sering main kerumahku *aku penasaran siapa dia sebenernya*
- aku kelas satu SD, bangun tidur belum mandi jalan-jalan sendiri main ke TK-nya temenku, bahkan pura-pura jadi anak TK *aku nggak tau sebenrnya apa yang aku lakukan saat itu*, tapi trus ibukku jemput aku
- sebuah rumah, yang kalo jujur aku bilang tuh rumah harus lewat jalan sempit bahkan terkesan mengerikan. Aku penasaran itu rumah siapa, karena ada anjing juga.
- dua buah rumah yang jadi satu *aku juga gak tau itu rumah siapa*. Aku inget aja kalo sekali dua kali aku ke rumah itu dan yang aku inget cuma aku yang lagi keluar masuk pintu penghubungnya..
Segitu aja sih ingatanku waktu umur 4-5 tahun. Setelah itu, akupun pindah rumah untuk yang ketiga kalinya.. ke rumah yang dibeli orang tuaku, bukan sekadar ngontrak..


Salam, ADLN_haezh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru