WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Review Idol

[ Wawancara Super Junior ] Tentang Persahabatan Mereka

Mei 02, 2012


Begin…..
E: Sebelum photo-shoot dimulai aku sempat menanyakan pada yang lain, seperti apa arti SJ bagi mereka. Hmm… aku tahu pertanyaan ini sedikit membosankan karena jawabannya sudah bisa ditebak dari awal. Sebab rata – rata menjawab Keluarga, hubungan yang tidak tergantikan, dll. Dan mungkin sebagai Leader, kamu bisa memberikan jawaban yang berbeda dan bisa jadi lebih baik. Nah.., Eeteuk-sshi kira – kira bagaimana pendapatmu sendiri tentang SJ ?
Leeteuk: Hmm .. aku susah menjawabnya ? Hey.., memangnya barusan kalian mengatakan apa ?

Eunhyuk : Aku bilang SJ adalah tim yang dipimpin oleh Teukie.

Leetuk: Oh, kurasa apa yang dikatakan Eunhyuk ada benarnya. SJ adalah tim yang kupimpin. hahahaha. Lalu, bagaimana dengan yang lain ?

Donghae: SJ = LeeTeuk dan anak-anak-nya . Hahahaha

Yesung: Hey, kalian ini kenapa ? yang serius sedikit, jangan main – main lagi. Ini wawancara serius tau !

E: ~Hahahaha~ jangan khawatir, untuk Cosmo, suasana seperti ini jauh lebih menyenangkan. Jadi Yesung-sshi, apa pandanganmu sendiri tentang arti persahabatan kalian?


Yesung: Rasanya kau salah alamat bertanya hal itu padaku…hahaha? Anyway…pada dasarnya Leeteuk-hyung sendirilah yang mengajarkan tentang “persahabatan” itu pada kami. Jadi menurutku SJ = Friendship. Bagaimana dengan kalian ?

Siwon: Kedengarannya bagus. Super Junior = friendship. Kita putuskan saja demikian Super Junior = friendship.

Leeteuk : Kurasa bagi kami persahabatan = airmata. Terutama Donghae dan Eunhyuk, aku telah 10 tahun lebih mengenal mereka berdua, begitu juga dengan yang lain. Tapi, tidak perlu alasan kenapa aku bisa bersahabat dengan mereka semua. Sudah tidak terhitung berapa kali sudah kami menangis bersama, berjuang melewati masa – masa sulit hingga sampai di tempat ini. Boleh dibilang tali persahabatan yang ada diantara kami terjalin begitu saja secara otomatis berkat tangis dan airmata. Jadi untuk kita, persahabatan adalah dari air mata!

E: Hmmm…Untuk pertanyaan berikut ini, jawabannya sudah tertera dalam textbook…~hahahaha~ Tapi kalian tetap diberikan waktu berpikir sebelum menjawabnya >0

Leeteuk: Selama proses rekaman berlangsung, kami selalu beranggapan kalau ini adalah album terakhir kami, karena itulah kami layak memberikan yang terbaik dan mengerahkan seluruh kemampuan kami.


E: Memang sebelum ini nama SJ sendiri dan beberapa membernya sudah dikenal, tapi apabila kita bicara dalam konteks singing group hanya ROKKUGO yang boleh dibilang berhasil menjadi lagu tren nasional. Tapi tak disangka, kalian berhasil melanjutkan tren tersebut dengan single SORRY SORRY dan dalam setiap kesempatan kalian terlihat begitu percaya diri membawakan lagu ini. Sebenarnya, saat pertama kali kalian disodorkan lagu ini, apakah pernah terbesit kalau SORRY SORRY akan menjadi Hits ?

SW,KH,EH,YS,DH: Kalau boleh jujur, sebenarnya sih iya….~hahahaha~

Sungmin : Saat aku mendengar lagu – lagu yang akan dinyanyikan, aku menyukai semuanya…tapi tetap saja ada sesuatu yang kurang, tapi saat mendengar SORRY SORRY…kami setuju mengatakan kalau inilah lagu terbaik ! terlebih saat melakukan dance-nya..wooww..aku tak sabar menampilkannya di atas panggung dilihat jutaan penonton.

Hankyung: Awalnya aku sendiri tidak tahu lagunya seperti apa, Karenanya aku bekerja keras memberikan yang terbaik. Tapi berhubung teman – teman yang lain sudah mengatakan lagunya bagus, maka aku yakin lagunya benar – benar bagus.

Leeteuk: Wah..rasanya cuma aku beda sendiri.. ! awalnya aku kurang suka dengan SORRY SORRY karena bunyinya yang identik dengan club music. Aku kurang familiar dengan lagu semacam ini dan lebih memilih lagu pop biasa dengan tempo upbeat. Aku sempat khawatir apakah SJ akan comeback dengan lagu semacam ini. Namun setelah kami mulai merekam dan mempelajari koreo-nya, rasanya ketakutan-ku tidak beralasan. Kepercayaan diri kami meningkat dari 0 menjadi 90 !

Image Hosted by ImageShack.us


E: Hei…, Sepertinya dari tadi Kyuhyun diam saja, ….apa kamu tidak punya sesuatu untuk dikomentari ?

Kyuhyun : Aku sih baik – baik saja. Gak ada masalah…>0

Donghae : Hah…! Dia sih gak mungkin masalah, porsi line lagu-nya paling banyak , itu sebabnya dia baik – baik saja.

Everyone: ~Hahahahaha~

E: Bagaimana dengan Hangeng? Denger – denger kamu disebut sebagai keajaiban 13 juta orang dan sangat popular di China dan Korea. Tapi Hangeng kalian ini sepertinya gak bakal bicara kalau aku tidak mengajaknya bicara terlebih dahulu ! Nah.., karena aku sudah bicara, sekarang tolong berikan sepatah dua patah kata ?

Hankyung: …..>0< Aku nyaman dengan keadaan seperti ini ~hahahaha~

E: Hah?

Donghae: Maksudnya dia sangat terkenal di China, dan dia cukup percaya diri dengan popularitasnya itu.

Sungmin: Masing – masing popularitas kami memiliki lahannya sendiri – sendiri. Bila kami melakukan suatu hal, si A terlihat keren, tapi disaat melakukan hal yang berbeda si B yang terlihat keren. Jadi sebenarnya tergantung sikon, parameter popularitas kami bisa berubah – ubah.

E: Jadi, bila dilihat dari penjelasan Sungmin, menurut kalian siapa yang paling populer selama promosi album ketiga ini ?

Donghae: Teuk hyung. Dia paling pandai bicara.

Sungmin: Dia Mr .Presiden-nya cewek – cewek

All: HAHAHAHAHA

Leeteuk: Manager kami mengusulkan agar sebisa mungkin posisiku berada ditengah – tengah. Katanya seorang leader itu sebaiknya setengah – setengah. Gak terlalu bagus , tapi juga gak terlalu buruk, jadi harus pas ditengah. Sesungguhnya aku tidak terlalu sreg dengan posisi seperti ini, tapi sekarang rasanya ini yang terbaik.

Yesung: aku sadar akan kelemahanku dalam beberapa hal. Begitu juga dengan yang lain. Daripada pusing – pusing meniru orang lain, aku lebih memilih fokus di bidangku dan berlatih lebih keras.

E: Jadi siapa diantara kalian, siapa yang mendapat popularitas tertinggi karena kelebihannya ?
Eunhyuk: Kami punya kelebihan masing – masing. Soal popularitas kami semua sama rata , jadi jangan ditanya lebih jauh lagi soal ini !

E: ~ hahahaha~ Ok aku berhenti bertanya, sepertinya kalian sangat berhati – hati menjawab soal ini. Kita lanjut saja ke pertanyaan selanjutnya. Kali ini kita bicara tentang “Intimate note” yang menjadi topik hangat di kalangan fans. Aku cukup terkejut saat menontonnya ! Tidak kusangka kalian tidak tahu nomor telepon satu sama lain ? Kalian sebenarnya benar – benar tidak dekat atau itu hanya dalam script editing ? Kupersilahkan kepada Eunhyuk dan Sungmin untuk menjawabnya, soalnya kalian berdua adalah bintang utama acara tersebut !

Eunhyuk: Itu memang kenyataannya, murni tanpa script ! Saat berduaan saja dengan Heechul-hyung, suasananya langsung berubah canggung dan jadi aneh.

Sungmin: Aku juga canggung dengan Kangin-hyung. Tapi saat itu kami disuruh duduk berdua dan disorot lebih dari 10 kamera dan tanpa script dialog, keanehan diantara kami semakin menjadi – jadi karena tidak ada bahan omongan. Kalau kalian berada diposisi kami saat itu pasti merasakan hal yang sama. Lagipula hubungan kami beruda tidak seburuk yang terlihat, komunikasi kami memang minim karena beda karakter. Tapi bukan masalah besar. Keadaanya memang dari sananya seperti itu mau diapakan lagi ?

Yesung: ~hahahaha~ Sifat dan hobi mereka berdua memang dari dulu sudah bertolak belakang .

Leeteuk: dan seperti yang terekam di kamera, Eunhyuk memang meminjam T-Shirt Heechul dan mereka berdua memang jarang ngobrol jadi semuanya yang ditayangkan di TV itu memang kenyataan ~
hahahaha~

E: wow…kukira semuanya bohong dan cuma script, ternyata hubungan kalian memang seperti itu yah ? jadi bagaimana hubungan kalian sekarang setelah mengikuti Intimate Note ?

Leeteuk: Aku tidak yakin mereka jadi akrab ~ hahahaha~ . Tapi lucunya, kini mereka memanggil satu sama lain dengan sebutan “”Hey, intimate mate!” ~hahahaha~ Bahkan beberapa hari yang lalu saat pembuatan MV It’s You, Eunhyuk makan sendirian di pojok, aku kasihan melihatnya dan berniat menemaninya makan, tiba – tiba Heechul datang dan berkata “ Hey, Intimate Mate, ayo makan bareng !” setelah itu ia mengambil bagiannya dan menemani Eunhyuk makan

Sungmin: Dan mereka berdua makan tanpa berbicara sepatah katapun ~hahahaha~ tapi sepertinya mereka berdua nyaman dengan situasi seperti itu. Kita yang melihat mereka merasa aneh…~hahahaha~ T_T.

Donghae: ~kekekeke~ kau juga melihatnya ? memang betul ! Mereka tidak saling bicara selama makan !

Yesung: Heechul hyung dan Eunhyuk itu tipe orang yang gak bakal bicara selagi ada makanan di mulut ! selain itu mereka juga tidak suka jika ada orang lain yang mencomot makanan mereka ! Nah..kalau kayak begitu buat apa mereka makan bersama ? ~hahahaha~

E: Jadi jika kalian dapat kesempatan untuk ikut “Intimate Note” lagi, siapa kandidat yang bakal terpilih kali ini ?

Donghae: Padahal aku ingin mencobanya sekali – sekali dengan orang – orang ini. Dengan begitu aku bisa muncul di variety show !

Sungmin: Mungkin kamu tidak sadar, tapi sepertinya kita pasangan Intimate Note yang cocok . Hahahahaha
Saranghae Hyung !

E : Bagaimana denganmu Siwon ?

Siwon: Kurasa tidak, orangnya tidak ada disini .. ~hahahaha~

E: Bukan sekali ini aku mewawancarai idol group, dari pengalaman yang sudah – sudah, aku sering mendapati kalau mereka pernah setidaknya sekali…bertengkar hebat sampai berkelahi secara fisik. Apa kalian pernah mengalaminya ? berkelahi sampai babak belur ?

Eunhyuk: Sampai berdarah – darah ?

Donghae: Kami belum pernah bertengkar sampai adu fisik.

Yesung: Di group, kami hanya punya 2 pilihan. Lepaskan atau pertahankan..hanya itu saja, makanya tidak pernah ada keributan besar diantara kami.

Leeteuk: Aku sudah berteman dengan Eunhyuk lebih dari 10 tahun. Selama kurun waktu tersebut, hanya sekali kami bertengkar hebat. Saat berkunjung ke Thailand, mereka bekerja sama mengerjaiku. Saat aku mengajak mereka latihan, Eunhyuk, Shindong dan Sungmin mengacuhkanku dan tidak mau peduli. Aku benar – benar marah dan pindah ke kamar lain, tapi aku bisa mendengar mereka bisik – bisik di belakangku. Jadi aku iseng mengintip mereka dan melihat Eunhyuk tersenyum lebar ke arahku. Aku langsung menghampirinya dan bertanya “ apa yang barusan kau katakan ?” ~hahahaha~ hanya itu saja !

E: Itu sih bukan big fight ! ….Kalau begitu siapa yang sering kali bertengkar karena hal – hal sepele ?

Sungmin: Donghae, Eunhyuk dan Siwon.

Yesung: Mereka ribut, setelah itu terlihat sedih, mereka sering menganggap masalahnya terlalu serius, dan pergi keluar untuk membicarakannya. Seperti , “Hey, apa yang kau perbuat ? ,” “kau duluan yang mulai …” kau menyinggung perasaanku.” Kurang lebih seperti itu. Menoton mereka berantem sepeti menonton acara komedi, sungguh sebuah hiburan yang menyenangkan !

Leeteuk: Mereka bertiga seumur, itulah sebabnya. Donghae suka menceritakan masalahnya pada orang lain, tapi eunhyuk kalau ada masalah lebih suka menyimpannya sendiri. Jadi Donghae kadang kecewa pada sikap Eunhyuk yang tidak pernah curhat padanya, “ kenapa kau tidak membicarakannya padaku ?” …setelah itu biasanya Siwon datang dan bertanya pada mereka berdua, “ kalian berdua sedang ada masalah ?” dan biasanya Donghae akan memarahi Siwon , “ Tidak ada urusannya denganmu !” Setelah itu giliran Siwon yang marah, “ Hey ! apa aku melakukan hal yang salah padamu ?” ~hahahaha~ selalu seperti itu, masalah sepele bisa dibuat mereka jadi serius >0

Eunhyuk: Woww…Hyung…tak kusangaka kamu sungguh perhatian pada kami ?

Siwon: Itu tandanya kamu berada dalam bahaya… man~

E: Kalian sering bertengkar dan di waktu bersamaan pergi Hang Out bareng, tapi tak jarang karena jumlah kalian sangat banyak ada kalanya ada member yang tertinggal di tengah jalan. Mungkin sebenarnya kalian lebih suka jalan sendiri – sendiri ?

Siwon: Saat syuting “battle of the wits” dan drama , aku hanya sendirian, dan rasanya sama sekali tidak enak. Kami saling membutuhkan satu sama lain.

Eunhyuk: Saat acara variety show, aku jarang bicara. Saat pergi dengan orang lain, aku merasa lebih nyaman, tapi saat seorang diri, aku biasanya pulang tanpa melakukan apapun.

Yesung: Saat kami bersama, jika seseorang berbuat kesalahan yang lain dapat menutupinya itu membuatku lebih tenang dan relaks. Tapi hal itu tidak memungkinkan jika aku melakukannya seorang diri. Beberapa waktu lalu, aku syuting “Yasimmanman2″ seorang diri. Aku sangat gugup dan tidak bisa mengerahkan seluruh skill yang telah kupersiapkan. Saat itu aku berpikir, “ seandainya saja ada mereka disini” , semua akan berjalan jauh lebih lancar. Kegiatan individual malah membuat kami semakin menyadari bahwa sebenarnya kami saling membutuhkan satu sama lain.

Sungmin: Aku belum pernah tampil sendiri, jadinya aku kurang bisa merasakannya.

Kyuhyun : Sama halnya denganku ~hahahaha~ Meski SJ-KRY dan SJ-M adalah bagian dari SJ tapi kurang menyenangkan bila tidak ber-13.
Leeteuk: Eunhyuk dan aku membawakan acara radio bersama, Agustus nanti sudah tahun ke 3. Tapi sejujurnya, aku tidak bisa membayangkan bila nanti aku harus melakukannya seorang diri. Program radio kami sama sekali tidak fun untuk didengar.

E: singkatnya, kalian lebih nyaman bersama – sama member yang lain, bahkan dibandingkan keluarga kalian sendiri ? .

Sungmin: Bisa dibilang keduanya sama. Di rumah ataupun di asrama. Kami sudah seperti keluarga.

Eunhyuk: Jika tidak ada mereka dismapingku, aku seperti kehilangan salah satu anggota tubuh. Pertama kali kami dipertemukan, hubungan kami hanya sebatas rekan satu tim. Tapi kini, kami sudah seperti saudara kandung.

Donghae: Aku ingin tetap menggunakan nama Superjunior meski kelak kami berpisah dan jalan masing – masing. Aku mebayangkan Teuk-hyung kelak akan menjadi MC sehebat Yoo Jae Suk, dan berkata “I’m Super Junior’s LeeTeuk. Kapanpun dan dimanapun aku ingin orang mengnal kami sebagai Superjunior.

Siwon: Wow that’s cool! Tapi sepertinya bakalan lucu jika kita semua berkata “We’re Super Junior!” dengan suara bapak – bapak ~hahahaha~

Leetuk: seperti yang Donghae bilang, SJ akan tetap bertahan meski usia kami sudah kepala 4 atau 5 ! Dibandingkan Jepang dan China, umur bintang idola di Korea jauh lebih pendek. Kimura Takuya mengeluarkan albumnya di bawah bendera SMAP dan dia sendiri juga mempunya aktivitas individu. Kami ber- 13 orang akan membidik asia sebagai panggung kami, itu rencana kami di masa yang akan datang.

———————
Salam, ADLN_haezh

Salam, ADLN_haezh

You Might Also Like

0 komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers