Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Drama Korea Operation Proposal

Rabu, Juni 13, 2012

 


Sebenernya ini cuma sedikit penenang dari perasaan menggebu-gebu setelah menonton Rooftop Prince, kemudian beralih ke The Moon That Embrace The Sun dan beralih lagi ke Queen in Hyun Man. Jujur aja sih, sebenernya setelah RTP dua film berikutnya yang aku incer termasuk juga Sungkyunkwan Scandal udah ngantri di tonton tapi masih loncat-loncat aja nontonnya. Masih ngintip-ngintip doang, belum full nontonnya. Hehe.. Eh, ini malah namatin dramanya akang Seung Ho yang Operation Love.. huehehe. Sebenernya mau coba loncat-loncat aja sih, tapi malah keterusan dari awal sampe akhir. Yah, walaupun beberapa masih banyak yang aku skip, tapi ini drama skipku yang bisa tamat dan nggak tau mau di rerun lagi atau enggak.

Nah, nggak terlalu menggebu-gebu juga sih waktu nonton drama ini. Hanya saja karena drama ini baru selesai aku tonton tadi siang, aku kasih sedikit review-nya deh ya.

Drama Korea Operation Proposal


 SPOILER !!

Drama ini mengambil tema tentang 'time travel', 'masa lalu,' dan 'penyesalan'. Singkatnya drama ini bercerita tentang seorang cowok yang melihat teman sepermainannya menikah dengan lelaki lain. Awalnya dia masih bisa bersikap sebagai seorang sahabat yang baik bahkan sampe dia berdiri di podium. Tapi ketika dia pulang dari pernikahan,ketika dia melihat sebuah surat, semua yang tersimpan di lubuk hatinya tiba-tiba meluap dan meledak tak tertahankan. Itu adalah surat cinta dari si teman sepermainannya, dan untuk dirinya. Bertahun-tahun, selama hampir 20 tahun mereka tumbuh dan hidup bersama, siapa sangka ceweknya ini selalu bertepuk sebelah tangan. Tidak, sebenarnya bukan bertepuk sebelah tangan juga karena si cowok (aku mention deh: si cewek bernama Yi Seul, si cowok bernama Baek Ho) sebenarnya juga selalu menyukai Yi Seul, tapi dia salah perhitungan. Baek Ho pikir dia bisa mengutarakan perasaannya kapan saja karena ia berfikir Yi Seul akan selalu ada di sampingnya. Tapi nyatanya dia salah, karena waktu berlalu sangat cepat untuknya dan Yi Seul perlahan menyerah karena dia tidak mendapat sinyal-sinyal balasan dari Baek Ho hingga akhirnya Yi Seul menikah dengan lelaki lain yang sangat mencintainnya juga dengan penuh perhatian. 

Kembali ke surat. Yi Seul pernah menuliskan surat cinta untuk Baek Ho dan terlambat karena Baek Ho baru membacanya saat itu. Baek Ho baru menyadari bahwa selama ini Yi Seul selalu menunggunya mengutarakan perasaannya. Dan Baek Ho tidak sepeka itu hingga akhirnya pernikahan ini terjadi. Penyesalan yang sangat menyesakkan dada bagi Baek Ho itulah yang membuatnya mendapat kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan membetulkan kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat olehnya untuk Yi Seul.
Hmm.. lihat drama ini sebenernya lebih banyak bikin nangisnya. Bukan apa-apa, aku selalu sedih ketika melihat Baek Ho berusaha sangat keras membetulkan kenangan masa lalunya tapi akhirnya tidak pernah seperti yang ia harapkan.

Memang, pada awalnya terlihat sekali bahwa Yi Seul selalu mencoba mendekati Baek Ho tapi Baek Ho tidak pernah cepat tanggap. Itu memang membuat Yi Seul sedih dan marah dan aku pikir memang wajar kalau selama lebih dari sepuluh tahun selalu seperti itu, akupun mungkin menyerah. Awalnya memang terlihat Yi Seul yang tak pernah menyerah mengejar Baek Ho, tapi kemudian, aku tahu bahwa Baek Ho lebih tidak pernah menyerah mengejar Yi Seul.

Jika dipikirkan lagi, sebenarnya Yi Seul bisa dihitung menyerah sejak ia masuk SMA dan bahkan sebelum lulus SMA dia mungkin sudah menyerah karena ketidakpekaan Baek Ho. Tapi karena Baek Ho mendapat kesempatan untuk kembali ke masa lalu, Baek Ho selalu berhasil membuat Yi Seul tidak menyerah lagi padanya dan perubahan itu memang berdampak baik bagi masa depan Baek Ho. Sayang, lebih dari kerja keras yang dikeluarkan Baek Ho, perubahan di masa depan benar-benar tidak sebanding. Baek Ho berhasil mengubah karirnya dengan kerja kerasnya, tapi dia tidak bisa mengubah hati dan pikiran Yi Seul karena Yi Seul tidak sekeras Baek Ho untuk mengejar seseorang yang ia cintai.


 So, setiap kali Baek Ho kembali ke masa sekarang, karirnya bertambah baik, tapi Yi Seul selalu berada di saat dia akan menikah dengan orang lain. Awalnya Baek Ho frustasi, tapi tetap saja, Baek Ho tidak pernah sekalipun mundur untuk menyerah dan mencoba membalikkan keadaan. Baek Ho tidak pernah menyerah bahkan ketika tubuh, hati, dan pikirannya remuk sekalipun. Baek Ho tidak menyerah bahkan ketika kenyataan menghantamnya dengan kenyataan yang tidak diinginkannya. Bahkan ketika Baek Ho tahu semua yang ia lakukan akan sia-sia, ia tetap tidak menyerah.

Jujur aja, perjuangan Baek Ho ini bener-bener bikin aku pingin nangis. Di masa lalu ia adalah orang yang nggak pernah peka sehingga terkesan cuek dan dingin. Tapi ia selalu berhasil mengubah itu semua dan menjadi orang yang lebih peka, lebih perhatian, dan lebih hangat. Awalnya aku juga ikutan jengkel, kenapa masa depannya dengan Yi Seul tidak pernah berubah seberapa kuat Baek Ho bertahan dan bahkan memperbaiki. Kenapa ia tidak pernah berakhir dengan Yi Seul? Kenapa setiap kali ia kembali ke masa depan ia selalu melihat Yi Seul akan menikah dengan orang lain bukan dengannya? Yep, awalnya aku jengkel banget kenapa usaha Baek Ho seakan tidak dibalas dengan sesuatu yang setimpal. Padahal salah Baek Ho dan penyesalan terbesar Baek Ho hanya karena ia selalu terlambat menyadari sesuatu. Ia sudah berusaha membenarkan segalanya yang ia pikirkan terlambat, tapi selalu dan selalu. Kenapa tidak pernah berakhir bahagia?
Sampai akhirnya aku tahu jawabannya. Ya, Baek Ho sudah berjuang, Baek Ho sudah berusaha, dan sebenarnya Baek Ho sudah berhasil melakukan apa yang seharusnya ia lakukan. Kesempatan yang diberikan padanya berkali-kali itu selalu dilakukan sekuat tenaga dan sepenuh hati, tapi satu yang tidak bisa dirubah olehnya, yaitu hati Yi Seul sendiri. Baek Ho berhasil menjadi pithcer seperti mimpinya, itu karena kesungguhan hati dan keinginan yang besar dari dirinya. Baek Ho juga berhasil memenuhi kenangan Yi Seul dengan dirinya, itu juga karena kesungguhan hati dan semangatnya yang tinggi. Di masa depan, ia berhasil membuat Yi Seul takkan pernah melupakannya. Tapi satu yang tak bisa diubah olehnya, yaitu kenyataan bahwa Yi Seul selalu cepat menyerah terhadapnya dan mencari pelarian. Seberapapun Baek Ho mencoba, semua berada di tangan Yi Seul, tidak hanya ditangan Baek Ho. Baek Ho selalu berhasil melewati terpaan di depannya, tapi Yi Seul selalu menghindar. Yi Seul merasa lebih cepat lelah terhadap Baek Ho dan ia mundur selangkah demi selangkah. Ia terlalu sering merasa patah hati karena Baek Ho, sehingga ia memilih untuk mencari seseorang yang tak akan melukai perasaannya. Tanpa tahu, bahwa Baek Ho mengerahkan seluruh jiwa dan raganya, bahkan hatinya, hanya untuk mengejar Yi Seul. Hiks.. aku nulis ini aja pingin nangis. Ceritanya bener-bener penuh pengorbanan. 

 
Aku kira semuanya akan berakhir di episode lima perjalanan Baek Ho ini, nggak taunya sampe episode 15 pun masih melakukan perjalanan ke masa lalu. Dan aku pikir, si konduktor waktu itu yang tidak akan mau terus-terusan menyerahkan minuman menuju ke masa lalu itu, tapi ternyata si konduktor ini selalu ingin melihat seberapa besar semangat dan sikap pantang menyerahnya Baek Ho.Aku kira Baek Ho akhirnya akan menyerah, tapi sampai akhir dia tetap tidak menyerah. Betapa aku ingin memeluk Baek Ho karena semangatnya itu. Sungguh, ia bahkan tidak punya ayah, dan ibunya tidak pernah mengurusnya. Hanya untuk mengejar cinta yang pernah mencintainya saja, ia harus berlari tanpa henti. Dan tidak kusangka bahwa keadaan akan berbalik. Bahwa Baek Ho-lah yang mengejar Yi Seul. Baek Ho-lah yang berusaha, bukan Yi Seul. Aku selalu bertanya-tanya ketika menonton drama ini. Apakah Yi Seul tahu? Apakah Yi Seul tidak akan menyerah juga jika tahu semuanya? Ketika melihat Baek Ho yang berusaha menyembuhkan kakinya dan menghilangkan traumanya saja Yi Seul selalu berusaha tetap disisi Baek Ho. Bagaimana jika ia tahu semuanya? Bagaimana jika ia tahu bahwa Baek Ho menukar nyawanya demi Yi Seul? Apakah Yi Seul tetap akan pergi?

Well.. satu yang aku dapat setelah menonton drama ini adalah, bahwa penyesalan selalu datang terlambat. Kupikir inilah yang sangat ditekankan dalam drama ini. Yang lain adalah, bahwa sifat pantang menyerah akan selalu menghasilkan sesuatu yang baik, itu pasti.

Ketika Baek Ho lupa ingatan, jujur aja sebenernya aku seneng banget. Maksudnya, aku udah nggak tahan lihat Baek Ho terus-terusan menderita dan patah hati. Setidaknya, dengan dia melupakan Yi Seul, dia bisa melakukan segalanya dengan baik sekarang. Aku juga pingin menguji seberapa cintanya Yi Seul terhadap Baek Ho sampai ia bisa meninggalkannya seperti itu. Aku ingin tahu bagaimana rasanya bagi Yi Seul jika ia harus kehilangan Baek Ho? Aku sudah melihat bagaimana Baek Ho ketika kehilangan Yi Seul, so bagaimana ketika Yi Seul kehilangan Baek Ho?


Dan.. ini yang akan mengarah ke happy ending. Bahwa pada akhirnya, Yi Seul menyadari bahwa ia memang lebih mudah menyerah, ia sangat mudah menyerah, dan ia menyesal. Ia menyesal ketika ia melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa ia kehilangan Baek Ho yang dikenalnya, kehilangan Baek Ho yang pernah disukainya, kehilangan seseorang yang pernah mendampingi ingatannya. Bagaimana rasanya ketika kehilangan seseorang yang sangat berharga, well.. ketika aku melihat Yi Seul sebegitu paniknya, aku juga pingin nangis. Maksudnya, aku tahu bahwa Yi Seul juga akan selalu mencintai Baek Ho, tapi aku juga pingin dia yakin untuk dirinya sendiri bahwa ia harus ada untuk Baek Ho, dan Baek Ho harus ada untuknya. 

 
Haha.. scene waktu Baek Ho merekam video dirinya sendiri sebelum kecelakaan, sumpaah itu bikin aku nangis. Klimaksnya berasa banget, bahkan ketika akhirnya Yi Seul mencoba untuk tidak lagi menyerah, aku seneeeeng banget. Semuanya pas seperti yang aku inginkan. Aku nggak berharap lebih sih seperti episode spesial ataupu kehidupan mereka setelah itu. Soalnya kita udah dibumbui banyak sekali kisah romantis dari awal jadi penyelesaian di episode 16 udah sangat sangat pas. Kalo mereka jadian, yaudah.. nggak ada yang dikangenin. Yang aku suka, yang aku salut di drama ini adalah permainan perasaan tentang tidak menyerah. Kekesalan bisa bercampur ketika salah satu dari mereka begitu tidak mengerti satu sama lain, dan itu bikin geregetan. Dan yang paling aku suka adalah pengorbanan satu sama lain hingga akhirnya mereka bisa bersama. Itu kereeen banget.

Dan aktingnya Seung Ho sih emang udah nggak perlu diragukan lagi. Walaupun setelah di amati dia nggak setinggi aktor cakep yang aku suka, dan tidak seputih aktor cowok yang aku suka lainnya. Tapi dia tetap aktor idolaku, karena dia sangat manis bahkan sejak kecil. Dia tetap menjadi aktor favoritku karena aktingnya yang sudah terbentuk sejak kecil itu yang akan selalu membuatku menyukainya. Dari aku nonton The Way Home sama Heart Is.. aku tau banget kalo kelebihan Seung Ho itu mainin ekspresi bersedih. Ekspresi depresi dan frustasi. Menangis. Astagaa.. dia itu nangis tapi nggak kelihatan cengeng sama sekali. Dia itu nangisnya bisa bikin yang lihat wajahnya ikutan nangis sekaligus ingin langsung memeluknya. Sungguh. Tapi beneran deh! Seung Ho nih sejelek apapun nggak pernah kelihatan jelek. Nggak tau tuh ekspresinya selalu terkesan 'tampan' dari pada imut. Aku sukaaaa banget. Love Him so muuuch..


Salam, ADLN_haezh

5 komentar :

  1. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  2. ikut memeriahkan suasana :D

    BalasHapus
  3. Adina dah nonton versi Jepangnya belum?
    Hoho... Ane blm nonton 22nya sih. Tapi pingin tahu aja, kalau Adina dah nonton versi Jepangnya, kira2 lebih keren yg mana? Hehe...
    Penggemar K-drama jg kan? The King 2 Heart, recommended!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. belummm .. belum nonton yang versi jepangnyaa >.< aku juga penasaran nih bagusan yang mana sama versi jepangnya wkwk

      iyaaa.. K2H sebenernya udah aku incer sejak kemareen cuma belum sempet download ajaaa XD pingin nonton tapi drama lainnya juga masih banyak yg belum selesai aku tonton, jd antrilah wkwkwk

      Hapus
  4. Aku jatuh cinta ama yoon seung ho, hiks

    BalasHapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru