Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Please, Jangan Curi Budaya Kami!!

Rabu, Juli 18, 2012


Berita tentang mencuri-curi budaya? Aku yakin kita udah sering denger. Berita tentang negara ini mengklaim apa kek dari Indonesia, dari salah satu kota di Indonesia. Seriiiing banget, entah itu pakaian, tarian, atau bahkan pulau. Dan negara yang sering mendapat kabar bahwa negara itu menklaim sesuatu dari Indonesia pun itu ituu saja. Jelas dong, wajar, kalau kemudian masyarakat pun marah. Mereka mulai membicarakannya dan menyebarkannya melalui media Intermet, dan media televisi pun jadi ikut-ikutan.Malu? Harusnya sih, tapi entah kenapa kita masih saja tetap sering mendengar kabar-kabar tersebut.

Apa dasarnya? Emang mereka nggak tau bagaimana usaha orang-orang di Indonesia menciptakannya, bagaimana orang-orang Indonesia mengembangkannya sehingga hal tersebut menjadi ciri khas negara kita? Emang itu gampang? Dan meskipun hanya sebuah nama yang dicuri, ternyata berdampak cukup besar untuk negara kita sendiri. Pendapat orang asing bahwa sesuatu yang kita usahakan, yang kita kembangkan susah payah, tidak dianggap dan dianggap milik orang lain, rasanya pasti nggak enak banget dong. Menurutku pantas kalo kemudian orang-orang pun marah karena hal tersebut.


Aku bangga aku lahir di Indonesia. Walaupun Indonesia juga nggak luput dari kekurangan. Walaupun berita buruk sering kita dengar disana sini, tapi well..ini negaraku. Indonesia memiliki banyaaak sekali budaya yang beraneka ragam. Karena Indonesia begitu luas tentunya, dan bukan hanya satu pula, Indonesia begitu kaya akan kekayaan alam dan banyak pulau. Budaya dan kebiasaan bahkan keunikan di masing-masing daerah pun tercipta.Mulai dari makanan, barang, pakaian, tarian, lagu, bahasa, dan masih banyak lagi.
Untukku yang sendirinya hidup di Yogyakarta, well.. yang terkenal dari sini adalah batik dan kebaya jelas ya. Begitu menyenangkan ketika aku tahu bahwa satu-satunya tempat yang terkenal dengan pola batiknya yang baik adalah Yogyakarta.Dan begitu mengesankan ketika kita mengenalkan kebaya sehingga orang lain akan mengenal hal tersebut, dan berfikiran 'wah, ternyata Indonesia punya desain pakaian yang unik seperti itu'. Ketika membicarakan bahasa, itu juga menyenangkan. Begitu beragamnya bahasa yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia, membuatnya menyenangkan untuk saling mengenalkan. Yogyakarta juga terkenal dengan budaya menggunakan bahasa Jawa, dengan logat dan penggunaan bahasa yang mungkin ketika orang mendengarnya akan terdengar lucu, dan kita dengan sendirinya akan merasa bangga ketika mengenalkan hal tersebut. Kalo ditanya makanan, Yogyakarta terkenal dengan Gudeg. Hal lainnya,Yogyakarta juga terkenal dengan keramahannya. Dan aku paling suka kalo Yogyakarta memiliki pemerintahan berbentuk kerajaan yang berbeda dari kota lainnya. Keunikan-keunikan ini dimiliki oleh setiap daerah, dan itu membuat Indonesia terlihat sangat Indah dengar keberagaman tersebut. Apa kemudian negara lain merasa iri dengan Indonesia?

Sama halnya dengan tarian, aku pikir Indonesia memiliki beraneka ragam jenis tarian.Dari sabang sampai merauke, dan aku bahkan nggak hafal tarian apa aja itu saking banyaknya. Yang jelas, Indonesia memiliki model tarian yang menarik dan berbeda dari negara lainnya. Mengetahui itu, yaah.. itu menyenangkan.

Dan ketika aku mendengar berita mengenai negara lain yang mengklaim model pakaian dari Indonesia, misalnya batik. Walaupun aku merasa batik itu 'biasa saja' saking sering memakainya atau melihatnya, tapi ketika aku tahu negara lain menggunakan itu sebagai ciri khas mereka, jelas dong kalo marah. Sesuatu yang sering kulihat, dan sering kugunakan itu membuat batik menjadi sesuatu yang sangat sangat kuhargai. Dan ketika negara lain menggunakannya dan membuatnya menjadi ciri khas mereka aku ngerasa kalo usaha kita itu kayak diinjek-injek. Nyebelin banget. Begitu pula yang lainnya, untung aja bahasa enggak. Aku nggak bisa bayangin kalo penggunaan bahasa jawa digunakan negara lain. Uniknya, sebenernya bahasa jawa itu nggak bisa begitu saja diambil negara lain karena belajarnya pun sulit dan nggak bisa sekali tangkap. Dan yang pasti ini udah lahir dari sejak Jawa didirikan. Dan negara lain nggak bakal bisa nyuri kekhasan ini dari Indonesia. Menyenangkan..

Tapi kembali ke diri kita Kadang kalo kita sedikit intropeksi, sebenarnya nggak sepenuhnya kesalahan negara lain yang mengklaim, terkadang faktor orang Indonesiannya pun ada. Perlulah bercermin, kalo kita nggak mau sesuatu diklaim oleh orang lain, kita lihat seperti apa sih usaha kita untuk mempertahankannya? Bahkan terkadang, menggunakan pakaian batik pun merasa malu, padahal itulah khasnya orang Indonesia. Sebenarnya seberapa sering kalian memakai pakaian khas Indonesia, seberapa sering kalian mempelajari kekhasan Indonesia, dan bagaimana usaha kalian agar orang lain tahu, sehingga ketika di klaim pun, orang asing akan tetap menganggapnya milik Indonesia.

So, friends. Ayo kita bersama-sama melestarikan kekayaan alam Indonesia, dan memperkenalkan kekhasan Indonesia, budaya Indonesia, bersama-sama.
Dan untuk negara lain, plis.. JANGAN CURI budaya kami.!!

Salam, ADLN_haezh

5 komentar :

  1. iya emang ada kepuasan tersendiri kalau denger orang lain berkata "that's cool" setelah kita mempromosikan budaya kita. dan menurut gue kebaya itu pakaian adat terseksi di seluruh dunia. gak ada pakaian adat yang bikin cewe terlihat jauh lebih cantik dibandingkan dengan kebaya, entahlah mungkin karena aura yang terpancar dari kebaya itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahh aku setujuuuuu ~~ awalnya mikir kalo kebaya itu cuma cocok untuk kondangan... tapi setelah make sendiri jadi kerasa cantik lho hahahahha

      Hapus
    2. Gue setujuuuu~!!

      <--- ini cowok loh yang ngomong XD

      Btw, nice post Adlina! :D

      Hapus
  2. perlu kita akui bahwa kurang pedulinya kita dan kurang pedulinya pemerintah dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia membuat negara lain berani mengklaim kebudayaan kita... sangat disayangkan... setidaknya itu menjadi cermin agar kita lebih mengenal dan mencintai lagi kebudayaan kita sendiri...

    BalasHapus
  3. Blogwalking
    Assalamualaikum, selamat berpuasa ya :D

    BalasHapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru