Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

[ Aktor ] Review Kim Soo Hyun

Jumat, Juli 20, 2012


  
Berhubung saat ini (saat aku menulis postingan ini) aku sedang menonton drama The Moon That Embraces The Sun, so.. hari ini aku akan bahas salah seorang pemeran utama. Iya, dia pemeran utama yang paling aku suka di drama ini, yaitu si raja kita, Lee Hwon yang diperankan oleh Kim So Hyun. Dan naaahh... kali ini aku akan bercerita tentang si Kim So Hyun nya ini, yang kebetulan aku udah lihat anaknya main di Dream High, dan ini adalah project keduanya. Mmmm oke, so hari ini aku akan menuliskan review aktor favoritku Kim So Hyun yang bermain Dream High sebagai Shamdong dan di The Moon That Embraces The Sun sebagai Raja Lee Hwon.

Oke, seperti kebanyakan review aktor dan artis lainnya, ada baiknya kalo aku ngenalin aktor muda dan tampan favoritku ini dulu ya .. let's check it 

  • Name: 김수현 / Kim Soo Hyun
  • Profession: Actor
  • Birthdate: 1988-Feb-16
  • Height: 180cm
  • Weight: 65kg
  • Star sign: Aquarius
  • Talent agency: KEYEAST

Udah? Nah.. so, umurnya sekarang mungkin sekitar 24 tahun ya.. hmm.. dan keberadaan Kim Soo Hyun di Entertaiment pun terbilang baru. Makannya yang kenal pun belum banyak, yang familiar pun belum banyak. Tapi sekali lihat aksinya, euforianya selalu jadi berlebihan. Dia itu punya wajah baby face yang membuatnya terlihat lebih muda dari umurnya, tapi setiap aktingnya itu selalu mendebarkan dan menegangkan. hehehhehee... sebenernya sih aku bingung ya mau ngomongin apa tentang Soo Hyun ini. Saking banyaknya yang pingin aku jabarkan bingung deh mulai dari mana..
Ya udah pake tanya jawab aja gimana?
Ehmm... oke deh.. :) biasanya yang kayak gitu aku lebih gampang jawabnya..

So we start now, oke?

Jadi sekarang kamu lagi suka sama Kim Soo Hyun ya,lin?
Bingo! Bener banget...

Gara-gara nonton TMETS jadi suka sama Kim Soo Hyun gitu?
no..no..no... kamu kayak gak tau aja aku suka sama ni cowok dari kapan..

Oh, dari nonton dream high itu?
Iyeeeepppp ... beneer banget... aku pernah ngomongin dia di reviewnya Dream High disini kaaan? Dan bagian si Kim Soo Hyun alias Shamdong ini adalah bagian paling puanjaaang yang aku bahas..

Apa aja yang kamu bahas diartikel itu?
Sebenernya sih aku bahas seluruh tokohnya secara kan itu review dramanya bukan sekedar tokohnya. Well.. jadi lebih banyak nyeritain peran si artis dalam drama tersebut..

Trus kalo yang ini?
Ini aku bikin karena saking speechlessnya aku sama Kim Soo Hyun makannya aku bikin artikel khusus dia..

Emang bagusnya apa sih dia?
Banyaaakk.. saking banyaknya aku nggak bisa nyebutin satu-satu. Plis rinci lagi dong pertanyaannya.. u,u

Oh, oke deh.. emm.. secara fisik dulu, apa yang kamu suka dari Soo Hyun?Emm.. selain tampan, tinggi, putih ya.. itu sih udah jelas, kamu sukanya segininya sih, jadi yang itu pasti udah jelas..
ehhehehhee.. oke deh, lebih spesifik ya?Ehm.. apa ya? dia itu manis, dan manisnya maniiis banget. Dia kelihatan jauh lebih muda dari umurnya. Dan dia nggak punya masalah sama penampilan. Karena bagaimanapun penampilanannya, seperti apa gaya rambutnya, dia itu tetap tampan dan mempesona.

Dream High 



Udah berapa dramanya Soo Hyun yang kamu lihat?
dua..

Dua? Dikit amat.. dan kamu udah langsung bilang dia favoritmu??
yah..habisnya aku tuh kan jatuh cinta sama dia waktu nonton dream high, jadi kalo aku mau nonton dia lagi ya maunya drama setelah dream high.

Kok gitu sih? Emang nggak kangen sama aktingnya dia setelah dream high?
Kangen. Kangen banget..

Trus kenapa nggak tertarik lihat drama sebelumnya dia?
Entahlah... kayaknya aku ini penganut paham bahwa 'seorang aktor yang kita lihat sekarang, adalah aktor yang selalu lebih baik dari sebelumnya'. Maksudnya adalah, aku percaya kalo dia itu akan lebih baik di setiap drama. Makannya, karena aku udah menganggap aktingnya mengagumkan, aku nggak terlalu tertarik melihat aktingnya di drama sebelumnya. Yah, mungkin lebih karena aku takut setelah nonton berepisode-episode, akhirnya aku nggak suka sama kemampuannya

Oh, pantes ya setiap aktor yang kamu sukai, pasti hanya satu drama yang kamu lihat..
Yap.. soalnya aku nunggu aksinya di drama berikutnya, sedangkan drama berikutnya juga nggak akan semudah membalikkan telapak tangan untuk melihatnya. Sedangkan sang produser pasti terus dan terus mencari aktor-aktor lain.

Waktu pertama kali kamu lihat di dream high, bukankah kamu cuma tertarik sama karakter si shamdongnya itu sendiri ya? Bukan Soo Hyun nya?
Yah.. menurutku nggak salah dong aku suka Soo Hyun dari karakter si Shamdong itu sendiri. I mean, aktor-aktor favoritku itu bukan aktor-aktor yang ingin aku lihat di luar Televisi. Atau lebih tepatnya, ketika aku menyukai aktor, itu memang dari dasarnya karena karakter yang ia perankan, kemampuan aktingnya, dan bukan kehidupannya di luar drama yang aku lihat..

So, kamu suka Soo Hyun gara-gara kemampuan aktingnya atau karena karakternya di dream high?
Well.. pertama lihat dia sih aku masih sangat biasa saja. Bukan berarti aku langsung suka dengan wajahnya ketika temanku mengenalkan tentang aktor ini. Itu berarti ketampanan bukan jadi faktor utama aku jatuh cinta sama si aktor. Yang bikin aku kagum itu adalah karakter yang Soo Hyun mainkan. Tapi karakter itu sendiri nggak akan bisa diperankan dengan baik kalo dia nggak punya kemampuan akting yang baik pula. Dan waktu aku lihat aksi Soo Hyun memerankan Shamdong disini, well.. berkat aktingnya itu aku selalu merasa bahwa sosok Shamdong ini bukanlah sekedar murid biasa, tetapi murid luar biasa. Aku nggak pernah bosan lihat kehadirannya di setiap scene dan selalu menunggu kemunculannya.


The Moon That Embraces The Sun
Tapi kalo misalnya si Hyun Soo ini nggak memerankan karakter kayak si Shamdong? Apa kamu bakal tetep suka? Misalnya jadi orang jahat gitu.. secara lin, kamu kan pecinta peran utama..
Yep.. bener banget. Aku pecinta peran utama. Terkadang yang ada di pikiranku adalah, kalo aku punya aktor favorite, dia harus selalu jadi peran utama, so aku pasti suka. Kalo dia nggak jadi peran utama, biasanya aku nggak akan nonton.

Membingungkan, lin..
Jadi gini lho. Karena aku suka soo hyun dari karakter shamdong yang ia mainkan sebagai peran utama, tentunya untuk drama lainnya setelah ini aku ingin melihat aksinya juga tetap sebagai peran utama. Tapi kemudian,aku dapet berita kalo dia malah main di saeguk.

Oiya, kamu nggak suka ya?
Bukannya nggak suka sih, tapi lebih tepatnya takut. Drama drama bertema saeguk itu sebagian besar di akhiri dengan cerita yang sedih dan sad ending. Makannya aku takut disini soo hyun mainin karakter yang menderita dan menyedihkan. Secara aksinya pasti beda dari sebelumnya yang karakternya tidak mudah menyerah,semangat, dan ceria. Karena dia sebagai raja di drama barunya, aku beranggapan bahwa karakternya pasti sangat berwibawa dan biasa, dan awalnya aku nggak suka sama kostumnya.Aku pikir dia nggak setampan di dream high.

Kok gitu?
Kayaknya aku terlalu terobsebsi dengan karakter dia di drama sebelumnya dan nggak mau lihat dia jadi karakter lain. Takut kecewa kalo aktingnya nggak sebagus yang sebelumnya.

Tapi... sekarang kamu nonton drama barunya? Kenapa?
hehehe.. jawabannya jelas, karena happy endiiiing !!

Katanya kamu nggak suka sama penampilan dia disini?
Iya.. itu sih pemikiranku sebelumnya setelah nonton dream high. Habis beda banget sih..

Kok sekarang tertarik?
Soalnya ternyata dia tetep menawan dan tampan menggunakan pakaian kerajaan. Tau apalagi?


Apa?
Karena dia berperan sebagai rajaa disiniiiiii XD

Jadi sebelumnya kamu nggak tau dia jadi raja disini???
Ehm.. tau nggak ya.. mungkin aku tau dari sinopsis kalo perannya sebagai raja. Tapi karena tema saeguk jadi perannya ketutup aja sama ketidaksukaanku terhadap temanya sendiri.

Aneh ah kamu liiinn.... so, kenapa sekarang kamu jadi tertarik lihat dia memainkan tema kerajaan
Setelah lihat Rooftop Prince.

Oooh..
Setelah lihat Queen In Hyun's Man..

Ooohh..
Setelah satu tahun...

Haahh?? 
Ya,, kalo bukan karena dengan sendirinya aku sadar bahwa tidak selamanya cerita-cerita saeguk itu membosankan, jelek, sedih, dan lain sebagainya. Karena belakangan drama saeguk jadi drama yang biasa aku tonton, so... TMTETS jadi salah satu drama yang masuk kategori.

Jadi daridulu udah ngincer nih?
Hehehe.. iya sih, tapi belum yakin aja mau nonton. Setelah nonton?? Aaaah~ ni cowok bikin gue speechless lagi. Melting~

Aaahh.. iya kaaah?
Yep, tapi cerita lengkap tentang dia di drama ini besok ya di reviewku khusus untuk drama ini heheheh..

Tentang Akting

Setelah melihat dream high, kelihatannya aku tahu kalo si Soo Hyun ini pasti bekerja sangat keras. Dari drama sebelumnya, dia nggak pernah sebegini terkenalnya. Karena Dream High, dan The Moon That Embraces The Sun ini dia jadi sebegini populernya. Dan aku pikir, ketika melihatnya berakting di dream high, aku tahu kalo itu adalah hasil dari kerja kerasnya, karena orang-orang bisa melihat seberapa kerennya dan seberapa cocoknya dia memerankan peran tersebut.
Kalo bicara soal aktingnya Soo Hyun ya, sebenernya apa sih yang kamu suka dari aktingnya?
Emosinya..

Emosi? Emosi apa? Marah? Sedih? Senang?
Aku suka semua emosinya dia. Ketika dia marah, kemarahan itu bisa bikin kita tahan nafas saking takutnya. Waktu senang, kita bisa terhibur dan terharu. Ketika ia menjadi seseorang yang dingin, kita jadi begitu ingin mengetahui penyebab ia seperti itu. Dan ketika ia sedih, ketika matanya melebar dan perlahan air mata turun, ketika ia menangis dan mengeluarkan suara? Sumpah aku selalu nangis ketika ia melakukan hal tersebut. Aku nggak tahu mengapa, tapi akting menangisnya adalah yang terbaik dari aktor lainnya menurutku.

 

Oh, jadi maksudmu aktor lain nggak bisa nangis dengan baik?
Bukan, bukan itu maksudku. Emm... gimana ya ngomongnya. Kim Soo Hyun itu punya keunikan dalam mengekspresikan perasaannya dalam tangisan. Itu adalah suaranya ketika menangis. Well.. aku pikir nggak semua aktor cowok bisa memerankan itu lho! Karena cowok itu biasanya nggak pernah bisa mudah menangis. Kalaupun menangis, pasti mereka berusaha menahannya sampe sesak nafas. Setidaknya, kalaupun akting menangis mereka menangis, karakter ketika mereka menangis pasti nggak sampe bersuara bener-bener kan? Soalnya kenapa? Soalnya dengan karakter itu nggak mau bikin penonton mikir kalo ni cowok cengeng.

 
 

 
 
 

Linaaa.. itu kan emang karena karakter soo hyun disini nangis histeris?
Yep, bener banget. Karena itu karakter dia. Dan di dua drama yang aku lihat, di dream high dan di TMTETS, bagian dimana ia menangis selalu seperti itu. Meskipun nggak histeris, dia bisa menangis dengan sangat-sangat baik. Semua lukanya entah kenapa terpancar dari wajahnya. Dan dia menangis dengan suara lho. Selalu. Jadi waktu dia nangis histeris? Sumpah ya. Lihat dia berteriak sambil menangis. Melihat betapa berat beban di pundaknya. Selain aku juga ikut nangis, selain aku juga pingin meluk dia, yang paling hebat, tangisannya dia bisa bikin aku pingin teriak juga. Dan aku yakin, nggak semua aktor bisa memerankan cara nangis yang seperti itu. Cool gak siih?

 

Oh gitu. Ya ya ya... aku ngerti lin. Terus? Apa lagi?
Setelah mengamati dia di dua drama ini, aku tahu kalo karakter yang biasa aktor lain mainkan, entah kenapa dampaknya berbeda kalo dia yang mainin.



Bukannya karakter tokohnya emang kuat?
Waktu lihat dream high, awalnya emang kayak gitu. Karakter shamdong yang kuat dan unik emang bikin Kim Soo Hyun sendiri memiliki karakter yang kuat. Tapi setelah lihat dia jadi raja...



Kenapa? Raja kan juga gak semua aktor bisa mainin?
Yep.. justru karena aku tahu nggak semua aktor bisa memainkan karakter raja. Tapi karakter raja itu juga nggak terlalu beda dari raja di drama lainnya. Bijaksana, dewasa, tegas. Itu yang harus raja di diri seorang raja kan?


Yap. Trus yang beda waktu Soo Hyun yang memainkan peran itu?
Mmm.. disini dia berperan sebagai raja yang masih muda, cerdas, dan dingin. Tapi sebenarnya dia adalah orang yang hangat kan? Kepribadian ini ditunjukkan oleh Soo Hyun bahkan di ekspresi diamnya. Ketika dia diam, semua orang bisa tahu kalo raja joseon ini adalah seorang raja yang dingin tapi sebenarnya hatinya lembut. Dia adalah seorang raja yang bijak dan tegas, tapi di lain sisi dia adalah raja yang menderita. Semua orang bisa melihat hal tersebut bahkan ketika ia hanya duduk. Setelah itu aku sadar, bahwa itu adalah cara dia membuat penontonnya melting, deg-degan, kaget, terharunseperti di drama sebelumnya.



Apa yang kamu suka dari wajah Soo hyun ketika dia berekspresi?
Matanya. Matanya itu entah kenapa selalu berbicara ketika mulutnya diam. Itu yang aku suka. Dalam satu tatapan kita bisa dibuat berdebar-debar, takut, sedih, marah, kaget. Dan perasaan itu hanya ia mainkan lewat matanya. Keren kan?

Terus, masih adakah yang kamu suka dari aktingnya?
Iyaaa.. aku suka semua peran yang ia mainkan. ini kedua kalinya aku lihat aktor favoritku memainkan karakter di drama lain. Yang pertama adalah lee min ho dari BBF, Personal Taste, dan City Hunter. Dan Kim Soo Hyun adalah yang kedua, dari Dream High dan sekarang TMTETS. Menurutku, karakter kim soo hyun di dua drama ini amat sangat berbeda. Kalo yang di dream high dia ngejar-ngejar ceweknya dan di tolak terus, disini dia jadi orang yang bisa saling mencintai dengan pasangannya dan sangat romantis. Di dream high dia bisa menerima dengan baik kalo hyemi pacaran sama jin guk, karakter soo hyun disini adalah orang baik yang bisa menerima asalkan ceweknya bahagia. Sedangkan di TMTETS dia berperan sebagai seorang raja yang karena dicintai banyak orang, makannya cewek yang ia suka pun harus dengannya. Kalo di dream high lebih sering lihat dia ceria, di TMTETS dia banyak marahnya. Meskipun di dream high ada scene dimana shamdong jadi dingin karena perasaannya udah mati karena ia berfikir sudah tidak punya kemampuan, tapi dinginnya dia di TMTETS adalah dingin kehilangan orang yang dicintai ditambah dengan kemarahan dia karena kejahatan-kejahatan orang-orang disana. Bahkan ekspresi cerianya di dua drama ini pun, walaupun sama-sama tersenyum, sama-sama tertawa, tapi kelihatannya tetep beda. Tergantung peran apa yang dimainkan. Dia bisa membuatnya berbeda ketika ia memerankan peran sebagai seorang pelajar yang memiliki keahlian menyanyi dan ceria, dan peran sebagai seorang raja yang bijaksana. Meskipun itu ekspresi yang sama, tapi jelas itu berbeda. Dan itu keunikan Kim Soo Hyun yang paling aku suka.
Terakhir, komentarnya dong tentang perkembangan akting Soo Hyun?Yaa... yang pasti aku bersyukur ya karena aku kenal Dream High sebelum kenal TMTETS. Untung aja aku kenal Soo Hyun di drama yang mendongkrak namanya dan bikin dia dikenal banyak orang. Dan untung aja, aku bisa ikut mengamati perkembangan Soo Hyun di drama berikutnya. Well, TMTETS adalah drama kedua yang juga ikut mendongkrak namanya. Melihat rating drama ini begitu tinggi, nggak heran kalo Soo Hyun semakin disukai dan digandrungi. Untuk perkembangan akting? Jangan tanya. Karena akting Soo Hyun bener-bener berkembang jadi sangat-sangaaat mempesona. Waktu aku lihat dia di Dream High, aku udah cukup kagum sama kemampuan aktingnya yang bisa bikin melting itu. Dan aku bahkan nggak bayangin apakah dia bisa lebih hebat dari itu, karena dengan aktingnya di dream high aja aku udah tepuk tangan. Tapi ternyata, dengan karakter yang benar-benar-benaar berbeda, Soo Hyun menunjukkan kemampuan aktingnya yang lebih hebat, dan itu bikin aku 'wow' dan nggak nyangka juga dia bisa berkembang lebih baik.


Harapan terakhir..?
Harapan terakhirku adalah semoga Kim Soo Hyun oppa bisa main di drama setiap tahunnya dengan karakter-karakter yang semakin membuatnya terlihat berkembang. I mean, aku selalu berharap dia selalu dapet karakter-karakter yang kuat seperti ini, soalnya itu keren bangeet.. Dan selebihnya, outside his acting, I don't care at all hehehe

Salam, ADLN_haezh

4 komentar :

  1. Ayaya..
    Aku tahu doi >.<
    Emang keren, ya..
    Tapi, aku baru tau namanya, lo..
    Pertama kali liat di Dream High..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehhe... sama kokk aku juga pertama kali lihat di dream high >.< hehehe

      Hapus
  2. berkali2 nonton dream high ga bosen2 liat kim soo hyun aaa melting abis lah ~~ lebih suka kim soo hyun daripada lee min ho

    BalasHapus
    Balasan
    1. akakakkakaaa.. iya iya iyaa setuju deh..
      emang nih anak aktingnya bisa bikin klepek2 deh..

      Hapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru