WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Review Idol

Ceritaku tentang S4 (Superstar 4)

Mei 07, 2013


S4
  
Belakangan ini tidak seperti biasanya... aku menyukai boyband Indonesia!! Padahal sebelum-sebelumnya selalu look down ke hampir boyband lainnya. Gimana lagi ya, kan sebagai kpoppers yang hobby-nya selalu mantengin video-video boyband Korea dan mengamati banyak hal aku jadi mengerti tentang hebat dan kerennya boyband korea mulai dari suara mereka, tarian mereka, enerjiknya, sampai sistem pelatihan mereka sendiri.Habis itu tergila-gila sama mereka dan kagum sendiri ketika tahu bahwa untuk mencetak Idol Grup seperti mereka, mereka perlu melakukan training dulu minimal 3-4 tahun untuk bisa benar-benar sempurna. Dan kebanyakan agency melakukan audisi terlebih dahulu. Karena itulah aku tahu kenapa Korea bisa jadi satu-satunya yang mencetak boyband paling besar dan paling laris di dunia, untukku. Negara lain bahkan Jepang, boybandnya juga kan nggak sebesar di Korea. Di Negara lain yang lebih terkenal justru soloist, grup vokal, atau band saja. Pelatihan di Korea itu menurutku hebat karena boyband jebolannya pasti bisa punya gerakan yang memukau, variatif, enerjik, tapi suara tetap stabil. Dan nggak banyak yang bisa bikin boyband sebanyak itu dengan unsur yang sama di dalamnya. Di negara lain, walaupun ada mungkin cuma beberapa aja.

Nah, grup idol favoritku kali ini juga merasakan pelatihan di korea kurang lebih selama satu tahun, tapi mereka adalah orang Indonesia! Yuhhuuuu... daridulu sering mikir, kenapa Indonesia nggak nyiptain Boyband? Waktu muncul beneran , aku malah nggak suka sama sekali, entah bagian mananya yang berbeda, pokoknya beda banget! Sejak saat itu aku nggak tertarik nonton boyband Indonesia satu pun. Kehadiran grup Idol ini yang bernama S4 (Superstar 4) sangat membantuku untuk mengembalikan minat musik balik ke Indonesia. Bukan berarti aku nggak suka lagu-lagu Indonesia, tapi kebanyakan aku emang suka secara audio doang, nggak terlalu excited lihat video perfom ataupun Music Video Clip nya, jadi juga nggak terlalu gimana-gimana dukungnya, yaah... sekedar suka aja. Makannya, kalo aku excited banget sama sebuah boyband, alasan utamanya adalah karena mereka bisa menarik perhatian dari segi visual. Gerakan-gerakan dance yang lincah, ekspresi mereka adalah yang paling utama sebelum suara masing-masingnya. Dan aku seneng banget waktu sadar bahwa S4 membawa konsep itu ke belantika musik Indonesia.

 S4

Aku juga awal tahu S4 sempet nggak minat. Saat itu yang muncul di kepalaku adalah "cih, boyband baru lagi, paling juga sama kayak yang lainnya", walaupun saat itu aku sempat tertarik sama style nya yang korea, trus gaya rambut, dan wajah-wajah korea. Hampir aja aku ngira mereka orang korea. Tapi karena stigma negatif yang sering kulemparkan kepada kebanyakan Boyband di Indonesia, jadi waktu lihat mereka pertama kali aku pikir mereka terlalu mirip sama Korea, kupikir mereka juga plagiat. Meski begitu, tetep aja aku nonton sampai akhir perfom sambil berusaha nyari nyari kekurangan mereka.
 s4
Lalu ketika aku menonton Music Bank dan melihat mereka live menyanyikan lagunya Teen Top, aku berhasil dibuat terkesima, tak berkutik, dan terpesona. Gilaaaaaa mereka keren bangeeeetttt.. Padahal awalnya kupikir bakal jelek gitu kalo boyband Indonesia ikut memeriahkan acara Korea, mending kalo yang bantu memeriahkan itu band, lha ini boyband Indonesia yang kualitasnya jauh banget sama boyband Korea, mau ikut memeriahkan?? Bukannya bikin malu? Itu pikiranku sebelum melihat mereka tampil.

Dan ketika aku lihat mereka tampil, aku langsung seratus persen jatuh cinta. Mereka itu suaranya stabil, padahal mereka gerak dancenya juga enerjik banget. Dan saat itu aku berfikir Jadi ada ya boyband Indonesia yang bisa nyanyiin lagu korea bagus? Tapi bukan sekedar bagus, sebagai Indonesia yang menyanyi lagu Korea, suara mereka yang menyanyikan lagu Teen Top saat itu bener-bener khas korea yang sering aku denger di lagu aslinya, gerakan, bahkan warna suaranya nggak sekedar mirip, tapi bagus bangeeetttt... 

Karena dirundung penasaran tentang grup yang belum aku kenal sebelumnya, aku penasaran juga nyari lagunya mereka dan ketemulah She is My Girl. Trus aku jadi sering bandingin sama waktu Teen Top nyanyiin lagu ini. Perbandingannya beda lah. Dan saat-saat itulah aku baru tahu kalau ternyata S4 ini pemenang Galaxy Superstar yang dapet training di Korea. Dulu aku sempat tahu tentang acara ini, tapi nggak terlalu tertarik, aku malah mikir palingan juga buat ngikutin tren, nggak mungkinlah kualitasnya bisa lebih bagus. Tapi dulu aku bener-bener nggak tahu, kalau ternyata Produser Cube Entertaiment lah yang ikut turun tangan! Dia kan produser yang udah berhasil mengorbitkan Beast, 4Minute, G.na, dll dengan sukses! Yaaah.. kalo tahu juga kan aku bakal rajin nonton GaSu. Lalu setelah mengetahui hal tersebut, aku udah nggak ragu kalo S4 itu kualitasnya emang nggak bakal kalah sama mereka yang udah lebih dulu di bawah asuhan Cuba Ent. Karena itulah, aku memutuskan untuk mendukung S4 karena aku tahu bahwa mereka sangat berpotensi menjadi bintang Asia.
s4
Mereka di training di korea kurang lebih satu tahun, pembuatan Video Clip dan debut di Korea, dan lagi... ternyata lagu mereka bisa menjadi nomer satu di Korea. Ya ampuuun kurang keren apa juga mereka. Lagunya juga enak di dengerin, asik, membernya kece-kece, dan yang paling penting mereka pake bahasa Indonesia jadi nggak perlu deh ribet cari translate inggrisnya buat tahu banyak tentang mereka.Yap, buatku S4 adalah boyband Indonesia pertama yang bisa mencuri hatiku sama seperti ketika aku menyukai Boyband Korea.

Sayangnya, entah karena persepsi orang-orang Indonesia yang juga nggak terlalu tertarik sama Boyband jadi mereka juga sama kayak awal aku kenal S4, stigma negatif. Fans mereka juga belum sebanyak penyanyi Indonesia yang sudah jauh lebih terkenal dan sudah lebih dulu memikat warga masyarakat Indonesia. Kebanyakan juga masih berfikir kalau boyband Indonesia itu identik dengan melambai, plagiat, terlalu mengikuti tren, dll . Itulah kenapa kehadiran S4 juga belum bisa terlalu berpengaruh untuk masyarakat Indonesia. Padahal secara kualitas mereka itu sudah siap di sejajarkan dengan penyanyi Indonesia yang lebih dulu meroket, dan kemampuan dance mereka juga sangat menjadi nilai plus dimana tidak semua penyanyi yang mempunyai suara bagus juga punya penampilan menarikdan bahkan dance nya keren. Tapi S4 sudah satu paket. Suara, gerakan, penampilan mereka sangat eye catching. Kupikir memang musik di Indonesia masih di kotak-kotakkan sehingga S4 juga belum bisa seterkenal band ataupun Soloist Indonesia yang terkenal.

S4 Superstar 4

Andai mereka mau mengenal lebih dalam, mungkin S4 justru bisa menjadi Ikon boyband Indonesia yang sesungguhnya. Yang kualitasnya tidak bisa disamakan dengan boyband lainnya.Aku pikir ini tinggal masalah waktu dan perhatian aja kali ya. Sekarang sih mungkin followersnya juga belum terlalu membludak di twitter, tapi aku yakin nggak lama lagi mereka bisa menyalip penyanyi lain yang saat ini sedang booming, berada di depan, setelah itu bisa di sejajarkan dengan penyanyi yang siap terbang untuk go Internasional. Amiiiin... #KEEPSUPPORTS4

Untuk info tambahan, mereka sekarang dipegang oleh YS Media Entertainment dan Agency Rainbow Bridge, yang denger-dengernya bakal jadi perusahaan yang memegang trainee dari Cube Entertaiment yang mau di orbitkan di Indonesia juga.

Yah segitu aja sih ceritaku tentang Boyband S4, postingan selanjutnya mungkin aku akan membahas membernya satu persatu. See you next time guys :)

Salam, ADLN_haezh

You Might Also Like

6 komentar

  1. jhaha kmu juga suka S4 lin? bagus2, aku dukung wkwk.. knapa ga nyantumin nama personilnya juga, waa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dooong sukaaaaaa XD
      belum na nama personilnya nyusul yaak

      Hapus
  2. Hey! I simply would like to give an enormous thumbs up for the nice
    info you will have here on this post. I shall be coming back
    to your weblog for extra soon.

    Here is my page ... semi truck parts in ohio

    BalasHapus
  3. Keep Support S4 :)

    BalasHapus
  4. Tambahan... nilai plus dsri mereka adalh ATTITUDE nya yg sgt bgus.
    Keep support S4

    BalasHapus
  5. SETUJU BANGET !!!

    BalasHapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers