Kelas Internasional .NET TV vs Mind Your Language ITV




Hallohaaa~ setelah sekian lama akhirnya aku menulis out of habit yah. Iya, jadi hari ini akhirnya tv rumah bisa nerima saluran .Net TV. Tau kan? Channel TV yang bagi kami anak-anak tv memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada tv-tv swasta lainnya. Bukannya menjelekkan tv swasta lainnya, tapi kami merasa betah aja mantengin net tv. Karena biasanya cuma bisa mantengin secara online, alhamdulillah sekarang bisa menikmati langsung di tv sendiri. Nah, seperti judul yang aku sampaikan bahwa catatan ini mmm... bukan membandingkan sih, tapi mungkin membandingkan, tapi lebih kepada dua acara ini memang sama tapi beda alias adaptasi tapi dua-duanya juga memiliki kesan yang baik untukku.

Aku udah lama kenal sitkom Mind Your Language ketika aku ada kursus bahasa Inggris dan aku mendapatkan bahwa acara itu sangat sangat lucu. Meskipun ketika menontonnya nyaris nggak ada translatenya tapi aku ngakak nggak berhenti-berhenti. Jadi disitu menceritakan sebuah kelas bahasa inggris yang semua pesertanya, anggota kelasnya adalah orang dari berbagai negara. Bisa bayangin kan banyak negara yang bersatu dalam satu kelas untuk sama-sama bicara bahasa inggris, yap! mereka memiliki logat yang berbeda-beda mereka mengartikan bahasa inggris dengan banyak variasi terjemahan, dan banyaknya kesalahpahaman yang terjadi itulah yang menjadi bumbu kelucuan dalam sitkom tersebut.


Acara film Kelas Internasional, secara sekilas bisa dibilang merupakan adaptasi dari sitkom Mind Your Language yang acaranya sudah sangat lama, munculnya di tahun 1977, pokoknya udah lama banget deh. Tapi bagaimana aku bisa bilang ini merupakan adaptasi karena aku mendapati dari karakter pemain, penggunaan bumper, dan jenis musik yang digunakan, yaaah... 11-12 lah, but hey! is that something bad?

Pilih mana: adaptasi tapi bedaaaa banget dan kualitas turun, atau adaptasi tapi nyaris mirip tapi kualitas juga 11-12?

So, for me... it's not something bad.
Menurutku, acara Kelas Internasional merupakan sitkom yang berhasil melakukan adaptasi dengan membuatnya sama menyenangkannya seperti ketika aku melihat acara sitkomnya Mind Your Language. Kenapa? Memang sih, nyaris sama, tapi karena adaptasi para tokoh disini dikisahkan berusaha bicara bahasa indonesia tetapi mereka berasal dari berbagai negara sehingga kesalahpahaman karena berbedanya cara mereka menerjemahkan bahasa mereka ke bahasa Indonesia itulah yang menjadi bumbu lucunya. Kesan kelasnya, suasana kantin, profil tokoh Ibu kepala sekolahnya, juga profil tokoh gurunya sendiri memiliki kesan yang sama. Bagaimana mereka bisa membuatnya memiliki kesan yang sama aku juga belum tahu dan belum mengerti tetapi menurutku, secara sekilas, ya ini merupakan adaptasi yang cukup berhasil. Perbedaan jelas ada, terutama dari gambarnya sendiri yang memiliki kualitas sangat bagus. Ya iya sih ya, secara ini buatan tahun 2015, MYL buatan tahun 1977, jadi jelas secara kualitas gambar dan set artistik acara Kelas Internasional jauh lebih modern.

Sejujurnya, ketertarikanku terdapat dua program acara ini membuatku ingin menggunakannya sebagai bahan materi tugas metopen 2 ku. Hahaha.... mungkin kalo boleh pingin kali ya neliti tentang dua acara ini. 

Pingin tau, ini acara kelas internasional melakukan adaptasi apakah ada lisensi dari acara aslinya mind your language? Terus juga dua acara ini kan belum aku tonton secara full, apalagi kelas internasional juga belum nonton dari episode 1. Hey, the good news almost all net's program is published in Youtube. So, kayaknya meneliti program ini cukup mempermudahkanku mencari datanya. Aku pingin tau juga, apakah ceritanya dari episode satu mengusung alur yang sama, penggunaan konflik juga apakah sama, dan karakter apakah memang sama sesuai dengan apa yang aku pikirkan sekilas? Begitu pula dengan peletakkan efek suara tertawa dan musik bumper apakah sama juga. Karena durasinya kan setengah jam. Ini masih harus diamati sih, karena aku juga harus tahu dimana letak perbedaannya selain di masalah artistik dan tampilan. Lebih pingin meneliti dari aspek naratif dan penceritaannya sih. Tapi yah, mari kita lihat apakah aku bakalan jadi meneliti program ini.

Anyway, pingin nonton dua acara ini dari awal deh :))



Salam, ADLN_haezh

Komentar

  1. Tadinya aku nggak ngikutin Kelas Internasional karena pas acaranya aku blm pulang. Tadinya aku pake serial Mind Your Language buat ngajar bahasa Inggris, trus murid ada yg bilang kok kaya Kelas Internasional, jadi penasaran deh liat di youtube dari episode awal, dan bener jg mirip, tapi walaupun adaptasi tapi dua2nya punya kualitas tersendiri, karena budaya yg beda, bahasa yg berbeda jg membuat jokes2nya jg beda, dan klo dilihat hal2 di MYL yg klo diadaptasi ke Kelas Internasional bisa jadi kontroversial (kaya permusuhan antara Ranjeet dan Ali). Hal2 yg sama paling soal cewek (Danielle/Angelina) yg direbutin dua cowok (Giovanni & Max / Tyson & Carlos), tp malah naksir gurunya, org India yg sering ngomong pake bahasanya (Jamila/Mrs. Palak) kepala sekolah yg galak (Ms. Courtney/Bu Rika) dan setting kantin yg hampir mirip, dgn dua karakter lain dengan profesi sama, yaitu Bu Kantin dan OBnya. Dan sepakat, ini adaptasi yg memang berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah nggak cuma aku yang mikir KI ini semacam adaptasi karena aku juga ngerasa ada kesamaan tapi juga banyak perbedaan hehehe

      Hapus
  2. Bener sih lucu, tapi yg Kelas Internasional itu lucu berdasarkan action sedangkan Mind Your Language itu lucu berdasarkan bahasa. Cuma opini btw

    BalasHapus

Posting Komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you