Cara menulis konten berkualitas dan promosi artikel




"Ngapain lin nulis-nulis itu?" *tunjuk judul di atas*
"Iya lin, bukannya kamu itu belum ahlinya ya nulis-nulis begitu?" *ngekek*

Ugh.
Okay, abaikan.

Jadi yang di bawah ini sebenernya nggak usah dihiraukan sih. Aku cuma tulis untuk pengingatku aja, soalnya lagi butuh catatan optimasi konten dan promosi. Sedangkan takutnya kalo aku save di laptop pasti hilang dan lupa. Setidaknya karena tongkronganku aja disini, jadi kalo butuh petunjuk tinggal klik sana klik sini.

"Oh, jadi untuk kebutuhan pribadi..."

Emang iya!!!

Jadi mohon maklum, tulisan ini sebenernya bukan ditujukan untuk di share karena aku belum ahlinya. Tapi kalo ada yang mau baca ya juga nggak apa... hehe

  • Aktif di facebook group yang bersih yang sesuai topik.
  • jawab pertanyaan di yahoo answer yang sesuai dengan isi blog.
  • Gabung di Google Grup.
  • Tulis tentang orang-orang sesuai topik.
situs tanya jawab:
  • yahoo answer
  • bralnly
  • takon (android)
  • jalin hub dgn blogger lain yang punya topik sama
  • retweet/like, share konten 
  • berikan komentar

UBAH Format Judul - Useful, urgency, unique )menyajikan ide utama dari suduht pandang yang berbeda dari konten lain), ultra spesifik

  • Berita panas! bikin analisanya
  • Topik itu umum, judul itu spesifik
  • Judul yang mengandung manfaat
  • Judul yang mengandung sisi emosional
  • BuzzSumo bagus untuk riset artikel terkait karena bisa memperlihatkan judul artikel yang memiliki jumlah share terbesar.
  • Buat min. 5 judul untuk brainstorming judul.
  • Hubungi orang2 yang suka share topik yang sama agar mau share topik kamu juga (caranya copy artikel yang dikumpulkan yaitu artikel populer dan copy paste di Open Site Explorer atau Ahrefs , atau lihat sharer atau orang-orang yang suka share artikel dari BuzzSumo


Membuat Artikel yang berkualitas:
Isi kontennya dengan metode paramida terbalik (yang paling penting di atas, yang dibawah2 info tambahan)


  • Font yang mudah dibaca
  • Ukuran font 14.22px
  • Lebar horizontal 480-720px
  • Line-height antara 1.5-2em
  • margin di bawah paragram 1.5-2em
  • Gunakan banyak gambar
  • Gunakan subheader jadi artikel yang panjang jadi pendek-pendek dan kecil-kecil, biar orang gak pegel bacanya, ada istirahat tiap kali habis baca satu kalimat yang disampaikan.
  • Menggunakan list biar lebih enak dibaca juga.
  • Yang penting2 aja yang dibahas.

Optimasi SEO On Page jangan lupa.
Meta description.
Ada link ke halaman lain.
Bangun List building.
Buat email list.

Ubah bentuknya, publish dibanyak tempat.
Ini beberapa situs populer yang bisa dimanfaatkan:.

  • SlideShare – slide presentasi
  • YouTube, Vimeo, DailyMotion – video
  • Kompasiana, Medium, Rubrik OkeZone – artikel
  • Visual.ly – infografis (lihat website lainnya)
  • iTunes, SoundCloud – podcast
  • Scribd – ebook


Monitor percakapan yang relevan:
Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk memonitor.

  • Google Alerts
  • Fresh Web Explorer
  • Mention

Minta pembaca untuk share tapi kalo udah punya audience

Hubungi sharer tulis email misalnya kayak gini:
alo mas [nama],
Perkenalkan.. saya [nama_anda] dari [nama_blog_anda].
Saya lihat beberapa hari yang lalu mas [nama] nge-share artikel dari [nama_blog] (yang ini: [link_artikel]. Memang bener-bener bagus artikel ini [cerita_singkat_isinya].
Kebetulan saya juga sedang buat artikel tentang [topik].
Kalau mas [nama] ingin bacaan lebih lanjut tentang [topik], coba lihat artikel yang saya buat ini mas. Ini link-nya [link_artikel_anda].
Mohon masukannya juga kalau berkenan.
Terima kasih.
Salam,
[nama_anda]


Salam, ADLN_haezh

Komentar