WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Resensi Komik

7 Hubungan Terfavorit dan Paling Sedih di Naruto

September 04, 2016

Berhubung aku baru saja menamatkan Naruto (kebut anime 200 episode + komik volume 72 karena animenya belum muncul + the day become hokage naruto gaiden), ternyata efek Naruto yang akhirnya tamat ini masih membekas dan membuatku sulit move on, seperti biasa. Hohoho. Kalau movienya udah aku tonton dan aku bahas disini : http://aneka-catatan.blogspot.com/2015/12/curhat-review-last-boruto-naruto-movie.html

Sebenarnya untuk Naruto sendiri ada banyak kisah yang bisa diceritakan, karena panjaaaaang banget dan banyaaaaak banget, jadi bisa dipastikan bisa bikin buku kalau semuanya diceritakan. Alasan lainnya, aku nggak mungkin cerita semuanya. Anywaaay, aku cuma mau sedikit share aja beberapa bagian favoritku dalam anime Naruto ini sepanjang episode (terutama 200 episode terakhir), dan here they are guuuys:


1. NARUTO X SASUKE



Kisah Naruto dan Sasuke ini menjadi konflik utama di sepanjang Naruto Shippuunden, dan cukup melelahkan jujur saja kalau kalian tipe yang rajin ngikutin tiap chapternya hahaha. Aku sendiri termasuk aliran yang nggak suka dibuat ketir-ketir karena nggak tau akhir cerita dari dua orang ini yang kita tahu dari awal mereka selalu kayak air dan api.

Tapi guys, setelah aku selesai nonton animenya sampai selesai, nggak bisa dipungkiri kalau kisah mereka itu memiliki dampak emosi yang luar biasa dan sekaligus gampang bikin terharu. Perjalanan Naruto mengejar Sasuke terutama membuat dia semakin berkembang menjadi luar biasa, dan Sasuke juga semakin lama semakin kuat. Awalnya sih kesel sama Sasuke, secara ngapain sih tuh anak masih aja diperjuangin, maksudnya, lama-lama dia tuh kayak nggak tertolong. Udah gitu nggak mau dengerin orang lain dan keras kepala parah! Meskipun begitu aku terus penasaran dengan bagaimana Naruto dan Sasuke dipertemukan kembali. Diam-diam aku merasa kalau dua sifat mereka yang bersebrangan itu bener-bener bikin tersentuh, apalagi lihat Naruto yang bela-belain untuk menyelamatkan Sasuke. Pingin teriak ke Sasuke, lihat coba lihaaattt disana ada temen yang mau memperjuangin kamu!

Di akhir cerita Naruto, cerita juga berakhir ketika mereka akhirnya, ALHAMDULILLAH, baikan. Baikannya mereka juga khas Naruto dan Sasuke banget. Menurutku juga nggak dipaksakan sama sekali, meskipun terkesan lambat karena masalah mereka itu kelarnya lama banget, tapi akhir cerita mereka adalah yang paling sesuai, aku nggak bisa memikirkan ending lain untuk mereka berdua. Secara memang Sasuke itu harus dihadapkan oleh karakter tidak mau menyerah seperti Naruto. Hubungan keduanya itulah yang bikin aku tidak terlalu peduli kalau cerita Naruto ini nyaris tidak ada kisah romantisnya (untuk aku yang hopeless romantic gini susah lho disogok cerita yang isinya nggak ada romantisnya sama sekali). Rasa ingin membunuh Sasuke kepada Naruto dan rasa peduli Naruto terhadap Sasuke inilah yang membuat endingnya terasa begitu emosional. Dimana Naruto berhasil memuat benci menjadi cinta. Itu susah lho!


Banyak flashback yang diceritakan kalau sudah menyangkut kedua hero kita yang sifatnya berbeda dan merupakan reinkarnasi dari Ashura dan Indra (anak Rikudou Sennin), masa lalu mereka sama-sama sedih dan kesepian makannya aku gampang sedih juga kalau keduanya berhasil bisa merasakan emosi satu sama lain. The best moment untuk Naruto dan Sasuke adalah: endingnya.

Sejujurnya setelah selesai membaca komik ini dan tamat, aku jadi pingin lihat mereka berdua bekerja sama lagi. Ya emang dilihatin sih waktu ngelawan Kaguya dan Madara, tapi maksudnya, di masa depan pingin diliatin lagi. Ya, emang diliatin lagi sih, ditambahan ceritanya. Oke, tapi menurutku itu kuraaaaang. Huaaaaa...Saking senengnya aku ngelihat Naruto dan Sasuke kembali temenan lagi tuh pingin lihat mereka menghadapi kasus bareng-bareng lagi. Serius, mereka berdua itu beda sama reinkarnasi sebelum-sebelumnya. Suka banget deh! Apa lagi ya, pokoknya suka banget lah sama mereka.!

2. NARUTO X MINATO (YONDAIME HOKAGE) X KUSHINA



Ada yang bisa kasih tau kapan pertama kali Naruto tahu kalau ternyata ayahnya itu adalah Yondaime? Hokage keempat?

Sejujurnya aku lupa, dan aku lupa reaksi Naruto ketika mengetahui hal tersebut.

Aku dulu pernah, entah tahun berapa, rasanya pingin tahu banget Pain itu siapa (pokoknya masih chapter Jiraiya belum mati), trus dapet fanmade di youtube gitu masak katanya Minato selama ini adalah Pain? wkakakaka. Ngarang banget kan ya. Trus ada juga yang ngasih tau kalau ayahnya Naruto selama ini adalah Yondaime. Aku inget banget waktu tahu hal tersebut rasanya nggak percaya kalau ternyata Naruto itu anaknya Hokage keempat yang menyegel kyuubi di dalam tubuhnya dan meninggalkan dia hidup sendirian. Itulah kenapa, keberadaan Namikaze Minato sebagai ayah Naruto menurutku menjadi misteri lain yang pingin banget aku tahu.


Makannya aku suka suka sukaaaaa banget waktu Naruto ketemu sama Yondaime di bawah alam sadarnya waktu lagi ngelawan Kyuubi. Ya ampun itu momen banget, aku nggak berhenti dibikin nangis. Aku pikir itu cuma bayangan kan, eh ternyata emang Yondaime masih ada cakra di dalam tubuh Naruto jadi itu yang ngobrol sama Naruto itu beneran ayahnya! Akhirnya Naruto ketemu sama ayahnya juga. Aku nangis banget pas itu, secara selama ini Naruto gimana sih diperlakukan sama orang-orang? Dan dia akhirnya tahu kalau ayahnya peduli sama dia dan sayang sama dia dan ngorbanin nyawa demi dia, dan mempercayakan masa depan Konoha sama dia. Gimana nggak tersentuh! Minato itu baik banget meeen. Momen cerita lagi adalah ketika Naruto akhirnya ketemu sama Kushina nah disitu ada cerita lengkapnya. Itu aku nangis lagi deh waktu diceritakan bagaimana pengorbanan ayah dan ibu Naruto, terutama waktu Naruto lahir adalah pertama dan terakhir kalinya orang tua Naruto lihat si Naruto, dan waktu Kushina sama Minato doain Naruto huhu nggak kuat deh, berderai air mata. Makannya aku merinding banget waktu Yondaime akhirnya lihat Naruto udah segede gini aja. 

Daaaan momen terakhir kyaaaaaa aku bener-bener kayak dikasih bonus, Yondaime dibangkitkan dengan Edo Tensei dan ketemua anaknya, Naruto, sedang berjuang di perang konoha keempat, dan ia menyelamatkan dunia. Itu aku nggak berhenti mengamati ekspresi kagum dari Minato lihat anaknya udah gede dan sehebat yang dulu ia harapkan ketika anaknya lahir. Sedih waktu Yondaime nangis karena ia pingin menghabiskan lebih banyak waktu sama anaknya tapi dia kan sebenarnya udah mati. Tapi aku udah seneng banget Minato bisa menemani Naruto dari awal perang hingga akhir perang, apalagi kolaborasi kekuatan mereka itu jadi best moment mereka banget, setidaknya disini Minato bisa melihat sekuat apa anak yang dulu dia lihat cuma bayi doang. Walaupun akhirnya lagi-lagi aku nangis sih waktu Minato akhirnya harus pergi.

3. NARUTO X KYUUBI (KURAMA)


Yaaap. Dan Kyuubi adalah wujud dari kebencian.

Tapi aslinya dia nggak gitu lho. Karena manusia serakah dan ingin mempergunakan kekuatan Kurama aja makannya dia jadi benci manusia dan jahat. 

Awalnya aku pikir nggak mungkinlah seekor Kyuubi bisa dijinakkan. Maksudnya, dari awal dia nggak ada unsur-unsur bisa jadi baik sama sekali. Isinya cuma kayak orang jahat gitu lhotanya, nggak ada sisi lembutnya.


Tapi yang namanya benci jadi cinta, dan itu tercipta karena perjuangan, nggak akan berhenti bikin aku nggak luluh. Karena yang dilakukan Naruto terhadap Kyuubi juga yang bikin aku suka banget sama mereka, terutama kolaborasi keduanya. Kurama yang dulu kelihatan jahat, sekarang jadi baik, ya baiknya dia bisa ditebaklah kayak apa, sok-sok sinis nggak peduli, tapi diam-diam dia peduli, suka banget deh, jadi lucu aja kalau lihat dia debat sama Naruto.Oya, trus semakin kelihatan juga sifat asli Kurama. Sebenarnya dia itu adalah hewan yang baik, malah dia nangis waktu pisah sama Rikudo Sennin, tapi ya wajar kalau akhirnya dia marah karena terlalu dikengkang. Jadinya, waktu akhirnya dia nggak keberatan sama Naruto, aku seneng banget dan ikut tersentuh karena ia akhirnya diperlakuakn selayaknya oleh seseorang, walaupun itu hanya Naruto. yah, itupun bikin dia pingin bareng Naruto terus kan. Aku lho, yang dulu awal-awal nonton Naruto pas masih dia kecil aja nggak suka, makin kesini Naruto jadi the best hero-ku hahaha. Bisa aja deh si Masashi Kisimoto bikin karakter yang berkembang kayak dia. Awalnya dia kan seenaknya, tapi makin dewasa dan makin banyak rasa sakitnya, apalagi bagaimana cara ia menghadapi hidupnya dan rintangan di depannya bikin tambah sayang aja sama karakter ini.

4. NARUTO X GAARA


Kisah Naruto sama Gaara ini mungkin lebih tepat kalau dilihat dari sisi Gaara ya. Dia yang dulu jahat, sama kayak Kyuubi nggak ada sisi baiknya, tapi semenjak kenal sama Naruto ia akhirnya tahu bahwa Naruto yang sama persis seperti dirinya pun bisa menjadikan kelemahannya sebagai kekuatan dalam artian baik. Kenal sama Naruto bikin Gaara punya temen, bikin Gaara pingin temenan juga sama Naruto. Dan Naruto yang berhasil menyemuhkan hatinya bikin Gaara punya pandangan lain tentang hidup. Aku suka banget ketika akhirnya dia malah jadi kazekage karena ingin membuat ikatan dengan orang-orang. Dan waktu dia diculik dan bijuunya di ambil, ia itu sedih. Makannya waktu dia buka mata dan dibangunkan kembali dari kematian, trus lihat di sekitarnya ada banyak orang yang ingin menjemput dia, itu bikin terharu banget. Dia pasti kaget deh ternyata usahanya nggak sia-sia, ada banyak orang yang sayang sama dia.

5. SASUKE X ITACHI X NARUTO


Nah, kisah Sasuke dan Itachi ini sebenarnya cukup kompleks. Aku sama sekali nggak pernah nyangka kalau ternyata Itachi itu adalah orang baik! Bener-bener baik! Aku juga akhirnya bisa memahami kenapa Sasuke pingin balas dendam ke Konoha. Awalnya sih nggak ada tertarik-tertariknya sama dua kakak beradik ini. Sasuke cuma buat balas dendam ke Itachi sampe meninggalkan Konoha. Dan sekalinya udah ketemu sama Itachi, udah bunuh malah, eh dia malah mau menghancurkan Konoha. Karena kakaknya ini dia jadi punya dendam kesumat ke siapapun. Yaa, sedih banget emang waktu tahu kalau ternyata Itachi itu orang baik tapi udah terlanjur mati di tangan Sasuke. Ia aku nangis juga waktu tau seberapa besar pengorbanan Itaachi, tapi sejujurnya aku nggak pernah mengerti kenapa dan kenapanya.


Nah, baru deh, waktu si Itachi di Edo Tensei (yaampun aku suka banget dia dibangkitkan, si Masashi Kisimoto kayaknya emang tau banget apa yang diinginkan penggemarnya, karena kebangkitan Itachi ini membuka cerita sesungguhnya, yang sebenar-benarnya). Bagaimana cerita hidup Itachi yang sebenar-benarnya, bahwa dia nggak pernah sama sekali, dan sekalipun membenci adiknya. Emang pernah denger dari Tobi sih, tapi denger dari Itachi langsung lebih kerasa emosinya. Alasan-alasan yang dia sebutkan itu bikin aku tambah dan tambah suka sama Itachi. Aku ngerasa sayang sama Itachi dan aku bisa merasakan perasaan si Sasuke sebagai adik yang ditinggalkan Itachi karena saking sayangnya, bukan karena dia benci sama Sasuke. Kenyataan itulah yang lebih menyakitkan, lebih menyakitkan karena Itachi dipergunakan oleh Konoha dan ia mneyanggupinya, dan Itachi mau, dan cuma dia yang berani menghadapi resiko dibenci oleh tanah kelahirannya sebesar itu. Dan cuma dia juga, yang masih bertahan dibenci walaupun yang dilaukan dia hanya menjaga kedamaian, dan cuma dia yang bisa membunuh klan, ayah, dan ibunya. Entah rasa sedihnya kayak apa selama ia hidup, dan dia masih aja bangga jadi shinobi konoha. 


Ada dua momen favoritku untuk Itachi ini, yaitu ketika ketemu sama Naruto dan ketika bertemu sama Sasuke. Kesannya beda sih, kalau ketemu sama Naruto, disitu Itachi memastikan bahwa adiknya tetap ada yang peduli walaupun ia nggak bisa ngelindungi lagi karena ia mati kan, dan dia mempercayakan Sasuke pada Naruto. Dia lega karena Naruto sama sayangnya sama Sasuke kayak dia walaupun dia juga kesel karena Sasuke tahu kebenaran tentang dirinya dan bikin Sasuke pingin balas dendam ke Konoha karena sayang banget sama kakaknya. Agak kaget juga dia, soalnya dia ngelakuin semua itu pingin ngelindungi konoha eh ternyata sasuke malah mau menghancurkan sesuatu yang ia lindungi. Makannya butuh banget buat Itachi ketemu Sasuke walaupun dia bilang nggak perlu sih, tapi oh tapi, ternyata mereka dipertemukan! syukurlah.

yang terakhir ini, aku sedih karena mereka akhirnya ketemu bukan karena Sasuke benci sama Itachi, tapi dalam keadaan ia kembali si adik yang sayang banget sama kakaknya. Jadi.... gimana nggak sedih coba? Dia akhirnya tau kalau kakaknya yang dulu dia bunuh ternyata sayang sama dia dan mereka bisa ketemu lagi. jadi yah, sedih... untung disini akhirnya Itachi berbagi ingatannya kepada Sasuke dan disitu juga akhirnya aku tahu seberapa jenius Itachi selama ini. Dia jenius, polos, dan dia ternyata tidak benar-benar menyukai klannya karena tahu bahwa ia ada di dalam klan yang berisi kebencian. Itachi adalah orang yang baik banget, tapi sayang dia harus menghadapi semua sendirian. Itulah kenapa Itachi juga motivasi untuk Naruto juga. Entah kenapa aku suka karena Naruto jadi punya ikatan juga ke Itachi hahaha

6. KAKASHI X TIM 7






Mungkin banyak yang jauh lebih menyukai Kakashi dan Obito ya, ngingetin Sasuke dan Naruto jama dulu. Tapi aku justru jauh lebih menyukai Kakashi dengan Tim 7 itu sendiri. Dulu dia orangnya persis kayak Sasuke, aku aja nggak tau kalau ternyata Kakashi ini orang yang kayak gitu, maksudnya, dingin. Karena dia jadi guru Tim 7. Tapi melihat hidupnya dari sudut pandang Kakashi sendiri bikin nyesek abis.Kehidupannya bersama Obito dan Rin emang sangat tragis dan menyedihkan, dan bikin Kakashi hidup kayak di neraka. Trus dia masuk ANBU (Aku juga nggak tau dia pernah masuk ANBU), yang isinya adalah mengedepankan misi, menyingkirkan perasaan yang cocok sama Kakashi karena dia terlalu 'merasa' untuk Obito dan Rin. Dia nggak ragu kalo bunuh orang. Disitu aku juga lihat bagaimana hubungan dia dengan Yamato dan dengan Itachi yang juga masuk Anbu. Bedanya sih, kareakter Sasuke jadi jahat, kalau di timnya Kakashi justru karakter yang kayak Naruto yang jadi jahat, dia malah yang bener. Intinya, aku suka bagaimana pandangan sinisnya terhadap segala hal. Dan Tim 7 ini ternyata adalah pengisi lubang di hatinya, aku juga baru tau. Akhirnya Kakashi bisa menjadi lebih lembut berkat Tim7. Makannya waktu udah tau bagaimana pahitnya dan siapa aja orang-orang yang meninggalkannya, aku nangis tiap kali ia melihat bahwa anak didiknya mnejadi orang yang baik dan satu-satunya hal yang paling ingin ia lindungi. yaapun, itu, sedih banget. Selamany aKakashi adalah guru bagi Tim 7.

7. SIKAMARU X INO X CHOUJI

Hubungan Tim-nya Asuma ini pertama kali bikin aku sedih waktu Asuma meninggal. Jadi waktu aku lihat mereka berhadapan lagi sama Edo Tensei-nya Asuma, yaa aku nangis lagi. Sejujurnya aku dulu nggak begitu tertarik oleh mereka bertiga. Tapi waktu lihat mereka di perang itu, menurutku mereka adalah kombinasi yang sangat menarik. Sifat-sifat mereka maksudnya, dan juga bagaimana kekuatan mereka formasi Ino-Shika-Cho (apa kebalik ya), pokoknya itu memperkuat hubungan mereka bertiga. Mereka bertiga udah kayak saudara banget, makannya aku suka banget lihat mereka bertiga. 


Yap, jadi itulah 7 hubungan favorit sekaligus yang punya momen paling kuat bikin aku nangis yang aku sukai. Sebenarnya ada lagi, aku suka momen Naruto X Nagato, tapi aku bingung mau jelasinnya. Top favoritku ya itu tadi, walaupun ada lebih banyak hubungan di cerita Naruto ini, banyaaak banget. Hahahaha. 

Salam, Adlina Haezah

You Might Also Like

10 komentar

  1. Postingnya jadi kayak on the spot. Hehe...
    Tapi, aku suka pembahasannya nih. meski udah nggak pernah ngikuti ceritany Naruto.
    Beneran keren.
    Paling suka sama Gaara. Andai dia beneran jadi manusia, wow....I think, he's so handsome.

    Ohya, bisa bikin biography setiap pemainnya ato kelompoknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih yaaa hahah ini juga ditulis soalnya masih euforia setelah namatin semuanya hahhaha..

      emmm... doain aja ya euforianya muncul lagi biar bisa nulis hehehhehhe

      Hapus
  2. dulu waktu sekolah seneng banget mengikuti komik dan film Naruto,
    sebenarnya sekarang un kadang-kadang masih lihat-lihat komiknya,
    namun karena kesibukan kerja untuk sementara baca review saja deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesibukan emang hal yang paling canggih buat menjauhkan kita dari hobi hehe, kebetulan aku lagi libur panjang makannya bisa selesai semuanya kalo udah masuk udah deh lupa lagi hehe

      Hapus
  3. Aku keputus baca komiknya itu pas ada pasukannya Itachi itu yang lagi ngumpulin kyuubi. Makanya kaget juga baca di sini ternyata Itachi itu orang baik. maksudnya gimana? Keluarganya itu mau menghancurkan Konoha kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haay makasih ya sudah menyempatkan membaca ^^
      Kamu itu bacanya pas itachi masih hidup sblm ktmu sasuke? Soalnya klo dr situ emang panjaaang bgt hehe.
      Tp klo singkat cerita, emg iya klo dlu itu uchiha merencanakan kudeta mnyerang konoha dan itachi yg bs dibilang udh sayang bgt sama konoha jg ga nyangka klo klannya sndiri mau nyerang desanya jd dia akhirnya jd mata2 uchiha dan jd kambing hitam. Pokoknya gt lah sedih bgt tonton sndiri aja hehehhe ^^

      Hapus
  4. Wih ternyata otaku jug nih, wkwk. Dulu mau ngikutin naruto udah jauh banget, tapi emang selalu worth it untuk diikutin, menginspirasi banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa niiih apalagi untuk anime yang ngikutinnya udah dari SD jadi sulit untuk lepas hehehe

      iyaaa emang menginspirasi banget. terserah orang mau bilang apa, Naruto still my best favorite anime ever!

      Hapus
  5. dulu temen2 gw suka banget ama ini film sampe bela2in nonton ceritanya dari awal sampe akhir..
    gw juga tertarik sih sama cerita dan animasinya, sayangnya filmnya panjang banget sampe jadi males gw ngikutinnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku keburu udah dari kecil ngikutin jadi 200 episode terakhir itu kebut setelah dulu sempat istirahat gegara nggak tamat2 hehehe.
      iyaaa emang panjang banget. Aku anime yang panjang2 gini juga yang diikutin cuma naruto sama conan aja, padahal banyak banget kayak One Piece, Bleach, dll walaupun ikut sempat nonton tapi fate kayaknya emang ke anime ini deh hehehhehehe

      Hapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers