#ROSESFORJONGHYUN RIP Kim Jonghyun (Shinee), Kau Akan Selalu Dikenang


Aku sebenarnya gak pingin bikin postingan ini... tapi ini adalah cara terakhir aku untuk mengingat idol favoritku yang pergi, lagi... dan ini untuk selamanya..
Sebelumnya aku tulis tentang Luhan yang keluar dari EXO, my favorite too, tapi sekarang kupikir kepergiannya itu bukan hal yang begitu menyedihkan, karena Luhan masih ada, dan dia masih menyanyi, dan kehidupannya semoga lebih bahagia saat ini..

Tapi ini....

Berita yang paling sedih di tanggal 18 Desember 2017,
adalah berita duka dari Korea, yaitu kematian Kim Jonghyun.

Well, I don't really have a word to say about this..
Kepergian dia sangat teramat mendadak, bahkan nggak ada tanda-tandanya sama sekali.
Mungkin hanya dia ceritakan pada orang-orang yang menurut dia mau melihat diri dia apa adanya.
Meskipun aku nggak keberatan kalau selama ini dia mau menunjukkan sosok aslinya.
Tetep nggak akan mengurangi rasa sukaku terhadap suaranya yang gak pernah gagal menyentuh.

Aku suka banget sama lagu-lagu mellow, dan terkesan sedih. Setiap kali aku tahu Jonghyun menyanyikan lagu seperti itu, aku simpan di playlist, karena aku tahu sebagus apa dia tiap menyanyikan lagu-lagu seperti ini. Cara dia nyanyi, suaranya, selalu bikin waktu-waktu aku dengerin dia jadi lebih spesial.

Atau mungkin...
karena ia merasa sesedih itu, yang bahkan aku tanpa tahu liriknya bisa ikut sedih....

Itu, tanpa mengetahui kalau dia mungkin memang tengah merasa sedih...
Kupikir itu karena dia memang sudah pandai menyanyi,,,
atau mungkin, itu jiwanya dia yang berseru..



Hal yang paling aku rasain, atau mereka para shawol rasakan ketika mendengar berita ini adalah ... nggak mungkin..

Waktu itu maghrib. Aku lagi main komputer, dan tiba-tiba adekku nyeletuk..
'Hah? Jonghyun? Jonghyun siapae?'
Aku masih nggak tau. Dia cuma ngelihat hapenya sambil melotot.. terus..
'Ya ampun. Jonghyun Shinee. .. Jonghyun Shinee meninggal?'

Aku langsung 'Hahh?? Hah? Apa? Masa? Nggak mungkin,,, masa Jonghyun Shinee...' and no other words...

Yang langsung aku lakukan sejak maghrib adalah mencari sebanyak mungkin informasi dan klarifikasinya.

Lambat laun, mungkin sekitar jam 10 malam baru ada konfirmasi dari pihak SM mengenai hal tersebut.



Oh, and he's gone toooo early. Usia 27 tahun ia menutup mata selamanya. Dan dengan cara yang sulit untuk aku sebutkan. Aku nggak suka ngebayangin dia pada saat-saat terakhirnya, apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan. Apakah ia merasa lebih damai saat itu? Entah..




Somehow, aku berharap siapapun berhasil menyelamatkan dia.. walaupun mungkin keinginan itu sudah final bahwa dia ingin pergi dari dunia ini. Sebenarnya aku juga berharap dia terbuka sejak awal, atau siapapun menyadari ini sejak awal, atau mungkin... jiwa dia yang berhasil diselamatkan. Aku bener-bener berharap dia bertahan... walaupun kenyataannya adalah tidak... Mungkin juga dia tidak mampu dan tidak berhasil menemukan jalan keluarnya.


Gimana ya rasanya? Gimana rasanya merasa seperti itu dan stuck, gak ada jalan keluarnya? Gimana rasanya berada di posisi dimana tidak ada satu apapun yang dapat menolong, bahkan teman ataupun keluarga?


That's a sad thing.. merasa seperti itu adalah tragis.. dan aku berharap dia sempat mengenal Tuhan lebih dalam, sehingga ada waktu lebih panjang bagi dia untuk bertahan, percaya bahwa ada satu hal yang sebenarnya mampu menolong dia...


Tapi yang sedih adalah perasaan orang-orang yang ditinggalkan, termasuk 4 orang anak Shinee yang lain itu sendiri. Gimana perasaan mereka ketika tahu Jonghyun tiba-tiba dikabarkan meninggal dan mereka nggak tau apa yang terjadi? Bahkan kabarnya Minho sampe pingsan karena nangis. Yaampun, segitu sayangnya dia ke Jonghyun.. dan aku gak tega lihat ataupun tahu kesedihan sebesar itu.. Atau Onew, leader Shinee, yang menyalahkan dirinya tanpa henti karena terlambat menyadari hal ini terjadi pada anggotanya. 

Fans pada ngumpul di rumah sakit, setelah kabar tersebar.. berdoa dan berharap bersama agar Jonghyun bisa bertahan.... aku berharap saat itu Jonghyun bertahan, aku berharap bisa lihat wajah dia yang sadar lagi, trus darisitu kita dikasih kesempatan untuk melihat dia yang sebenarnya, yang sedih dan dalam kondisi udah nggak kuat lagi. Andai ada kesempatan bagi orang disana untuk bantu dia, agar mereka tidak merasa bersalah...


Mungkin terkesan cheesy, aku menulis tentang seseorang yang aku sendiri nggak pernah ketemu. Orang yang jauh disana. Mungkin terkesan berlebihan, karena yang satu negara pun, artis figur sekalipun... aku gak sampai tulis di blog...

Jadi... justru karena ia jauh disana, aku pikir ia akan tetap disana, di tempat dimana aku bisa melihatnya dari layar kaca. Tapi ia tetap hadir, dengan setiap karya yang dia suarakan.


Pertama kali suka Shinee, adalah pertama kali aku suka Jonghyun. Saat itu, aku masih awal-awal suka sama boyband.. kelas 3 SMP, tahun 2009.. sekitar 8 tahun yang lalu. Mereka masih remaja, lagu-lagunya masih sedikit, mereka masih menginjak awal-awal tahun kemunculan. Saat itu aku juga ngikutin suju sama dbsk, yang umur membernya jauh di atasku, terus temenku ngenalin aku sama Shinee, ngomongnya gini: 'Coba deh cek Shinee... ini mereka boyband baru.. masih muda-muda, kayaknya cocok sama kamu.. lumayan sepantaran.'

Ya, saat itu boyband belum seterkenal sekarang, dan belum sebanyak sekarang rasanya. Masih jarang nemu boyband yang umur membernya nyaris sepantaran denganku. So there was them. Taemin  yang paling muda, dan sebenarnya yang paling sepantaran denganku adalah dia. Tapi waktu denger lagu replay yang pertama kali aku denger, aku langsung terpaku sama satu orang. Yang tidak setampan teman-temannya yang lain, tapi memiliki suara paling memukau, dan dia tampan dengan kekhasan dirinya sendiri. Dan itu Jonghyun.... dan, setiap lagu mereka, dia yang paling banyak aku lihat.. karena suara dia selalu bikin aku betah...

Saat itu banyak orang yang lebih memilih anggota lain daripada Jonghyun, tapi aku tetap dia, tetap dia dan tetap Jonghyun. Aku cari coverannya dia, aku dengerin berhari-hari saking sukanya, aku cari lagu-lagu yang dia nyanyiin secara solo, aku dengerin setiap hari.

Akhirnya, aku juga mulai mengikuti mereka... mengikuti variety show mereka.. mengikuti lagu-lagu mereka...dan saat aku demam korea, aku sedemam teman-teman lain yang juga saat ini sedang sangat mengikuti kpop. Dan kesukaanku yang besar ini memang hanya terjadi pada boyband korea, karena itu, berita ini begitu sangat menyedihkan dan perlu diungkapkan.

Mmm... beberapa tahun ini aku memang tidak mengikuti Shinee seperti awal-awal dulu aku mengikuti Shinee, sebenarnya pun boyband lain. Selain karena umur sudah menuntut aku memprioritaskann banyak hal lain. Tapi aku bersyukur, bahkan setelah bertahun-tahun... mereka masih berdiri, masih berjaya, berkarya, dan masih ada...

Disaat grup-grup lain pecah, dan SM terkenal para artisnya atau grup tidak bertahan lebih dari 5 tahun, di saat para anggota meninggalkan grupnya, here is Shinee... mungkin tidak seterang mereka dulu karena boyband baru sekarang banyak yang muncul dan terkenal, tapi mereka tidak hilang, masih bertahan dan masih ada. Aku pikir, aku nggak akan kehilangan mereka, aku melihat mereka begitu kokoh dan tidak pecah, mereka kuat. Aku nggak keberatan kalau mereka akhirnya berpisah karena kontrak, seperti grup lainnya, karena mungkin memang sudah saatnya.

Berita tanggal 18 Desember 2017, mungkin adalah berita yang nggak akan pernah terlupakan.
Aku inget saat-saat aku suka sama Jonghyun, dan kepergian dia juga mungkin akan selalu kuingat.

Ini berat untuk para Shawol, karena mereka tidak tahu lagi bagaimana cara mendukung Jonghyun. Ketika di grup lain yang pecah, mereka masih bisa mendukung idolanya, disini ... yah, dukungan mereka selesai saat doa terakhir mereka kepada Jonghyun, dukungan terakhir, agar Jonghyun diberikan kedamaian di tempatnya berada sekarang.

Satu hal yang nggak pernah muncul di kepalaku: kepergian anggota yang untuk satu-satunya alasan berbeda... yaitu kepergian selamanya..

Well, ini adalah beberapa screenshot yang kukumpulkan sejak semalam..


Kronologi dan pesan terakhir Jonghyun pada adiknya..


Cerita teman dekat Jonghyun..



Final Goodbye Cloud's Nine kepada Jonghyun

Komentar di ASIANESIA







Video-video Ungkapan Perasaan Jonghyun




Dan mulai sekarang, setiap aku tahu ada seseorang yang merasa ingin keluar dari grupnya, kupikir aku harus belajar untuk bisa mendukung hal tersebut. Setidaknya mereka masih ada.., ya kan?


So, Goodbye Kim Jonghyun, Uri Angel, hope you have the better time right now. I'm so sorry I don't know how big you want us to see your true self. I hope I have chance to see it on you, your true self..

Dan kamu sudah bekerja keras... meskipun kamu merasa bahwa kamu selalu tidak sesuai ekspektasi, tapi bagiku, bagi kami, what you show us is enough, you've worked hard all the time, Jjong-ah..


nb: sumpah, aku gak sanggup lihat foto ini. semua jadi terasa terlalu nyata.





Update tanggal 21 Desember 2017
Aku sebenarnya udah nahan nangis dari hari pertama kepergiannya. Tapi hari ini aku lihat video ini aku akhirnya nangis karena, aku lihat mereka semua: Onew, Key, Taemin, Minho, kakak ibu Jonghyun, SNSD, Suju... mereka disana pegangan tangan, pelukan, menangis, saling menguatkan. Aku nggak sanggup lihat kesedihan semacam ini... Apa yang mereka rasakan? Dan sekarang keempat anggota Shinee ikut ke tempat peristirahatan terakhir, Dan karena mereka yang mengantar, mereka harus bisa menahan kesedihan mereka yang begitu besarnya. Ya Tuhan... kuatkan mereka. Dan video ini juga kayak final statement, bahwa Kim Jonghyun, pergi selama-lamanya. Aku harap ia tersenyum sekarang. Kumohon, karena ini pilihanmu yang begitu sulit untuk kami terima. 

Aku gak sanggup lihat keempat orang itu... gak akan ada lagi hari-hari mereka berlima ... it's really, really, heartbreaking and it's hurt..


Salam, Adlina Haezah

Komentar