Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Drama Korea Secret Garden (Hyun Bin, Ha Ji Won, Yoon Sang Hyun, Kim Sa Rang)

Selasa, Juli 09, 2013

secret garden

Waaaah akhirnya aku berhasil menonton drama Secret Garden yang sudah terlalu lama ku tunda. Taunya udah dari kelas dua SMA, tapi baru bener-bener bisa nontonnya setelah 3 tahun, dan itu pun nontonnya moody banget. Well, mungkin bisa di bilang aku sejak awal nggak tertarik sama sekali sama cast-nya di drama ini. Pengaruh orang-orang yang terlihat tergila-gila sama drama ini aja yang akhirnya membuatku tidak bisa terlalu lama tidak tahu dan harus segera menyelesaikannya. Alhamdulillah, selesai juga akhirnya… 

Sampai aku nulis post ini pun sebenernya aku masih bingung banget mau nulis dari mana dan apa yang mau ditulis. Padahal pas nonton dramanya udah tau topiknya mau tentang apa aja, tapiiii… setelah selesai menguap deh semuanya. Hiiih…Yah, dari pada sulit mulai dari mana, emang sih drama yang complicated banget dengan 20 epsiode, aku akan coba menjabarkan segala unek-unekku dengan urutan seperti biasa.

Review Drama Korea Secret Garden

ALUR

Waaah yang bisa aku saranin dari nonton secret garden adalah, jangan berhenti di episode-episode awal. Dilarang! Karena kalau udah bener-bener ngerti sama karakter tiap pemainnya, kalian akan nemuin betapa drama ini begitu menarik. Drama ini berteman comedy-romance dan di awal aku bertanya-tanya di bagian mana komedi-nya, dan well.. I found it finally. Drama ini keren bangeeettt…

Jujur, awalnya aku agak sebel sama alurnya yang nyeritain cowok kaya yang ngejar-ngejar cewek tapi ceweknya kayak sok jaim terus. Dan kadang agak sebel banget tuh cowok kok bisa lebih lemah dari cewek yang gilak tomboy banget? Aaah~ sekarang aku tahu, kalau memang ceritanya sengaja di buat gitu, jadi kita bakal di bikin ‘wow’ karena karakter cowoknya ya nanti. Di awal yang di kagum-kagumi justru karakter ceweknya dan dia banyak di ekspos daripada karakter cowoknya. Tapi nanti kalian bakal nemuin, kalau ternyata Joo Won kekuatannya tetep kekuatan cowok hehe.

Yah gitu lah. Dan alurnya itu konyol dan nggak masuk akal banget. Masa ada acara ketuker-tuker jiwa segala? Emang kedengeran konyol, tapi pada akhirnya mereka sendiri mengatakan bahwa di dunia ini ada hal-hal yang bernaa ‘keajaiban’, dan aku percaya itu.

Aku sempat berfikir tentang kenapa kita wajib nonton drama ini dan kenapa banyak yang suka sama drama ini. Dan itu terjawab ketika aku merasa bahwa nggak bisa kita asal nonton loncat-loncat, karena ada beberapa detail yang nggak bisa di tinggalkan. Banyak sekali benang merah yang meskipun tidak terlalu membingungkan dan mudah di tebak, tapi sangat menarik ketika kita menemukan banyak benang merah yang terus bikin kita berfikir ‘oooh…jadi inilah kenapa takdir itu memang ada’. Cerita mengenai orang kaya yang jatuh cinta sama stuntwoman cewek yang ‘nggak punya apa-apa’ itu memang bikin nggak masuk akal. Pertanyaan seperti ‘kenapa bisa cewek ini?’, dan ‘kenapa’nya itu terjawab sekitar pertengahan ke belakang karena ternyata itu bukanlah sekedar tertarik karena satu hal melainkan seperti ada ikatan emosi sejak bertahun-tahun dan ketika di temukan keduanya, perasaan itu seperti tali yang bertemu ujungnya.

Di awalnya memang seperti cerita yang biasa banget. Aku juga sempet bingung, kalau di awal aja cowoknya udah ngejar yang cewek, kenapa bisa tamat di episode 20? Kupikir bukankan itu terlalu panjang? Tapi ternyata enggak. Ada cerita dimana kedua karakter utama ini jiwanya tertukar dan sumpaaaaah itu lucu banget. Seorang  Joo Won yang bossie banget bisa berubah kecewek-cewekan dan ramah banget. Kayak berubahnya 360 derajat.. Aku heran, kenapa  bisa kelihatan cewek banget padahal jiwanya aja tomboy gitu.Tapi ya, yang namanya cewek, setomboy apapun dia kalau udah di tubuh cowok dia pasti tetap terlihat cewek. Sedangkan waktu Joo Won di tubuh Ra Im, si Ra Im ini udah dasarnya tomboy, setelah berubah gayanya jadi super tomboy, nggak cewek sama sekali. Dan dia itu jadi sama sekali nggak punya ekspresi. Dataaaar, dan aku ngeliatnya dia jadi tambah keren. Ada banyak banget deh hal-hal yang kita temukan waktu tubuh mereka tertukar. Itu lucu banget sumpah. Aku pingin lihatin ke kalian dimana lucunya, tapi akan makan waktu lama, jadi kalian coba aja deh tonton sekitar episode 5 kebawah waktu di Jeju. Nggak bakal berhenti ketawa. Udah gitu, bagian salah pahamnya bikin ‘nggak banget’. Ada banyak scene yang bikin geli. Dari dua episode yang bercerita tentang tertukarnya tubuh mereka meskipun dalam keadaan marahan satu sama yang lain bikin kita belajar banyak hal. Kita jadi belajar kalau Joo Won itu bukan Joo Won, dan Ra Im bukan Ra Im ketika mereka bertukar jiwa. Kalian tahu? Meskipun Joo Won kelihatan agak gimanaa gitu di tubuhnya sendiri, setelah kita lihat scene dimana keduanya tertukar, kita pasti jadi berubah pandangan dan Joo Won jadi keren banget. Pintar, tampan, kaya, dan berani apa aku yakin kalian kalo udah sampai episode itu juga bakal suka banget sama Joo Won. Ra Im yang awalnya tomboy, jaim, dan galak awalnya, setelah tubuhnya tertukar kita pasti mikir ‘ Ra Im itu sebenernya cewek yang bener-bener cewek dari awalnya’. Yah, pokoknya pandangan kita bakal banyak yang berubah, dan untukku, itu adalah khas dan menariknya drama ini.

Apalagi kalau bukan karena adegan dimana keduanya jiwanya tertukar, kupikir drama ini nggak bakal semenarik.Dan ada benang merah kenapa akhirnya mereka harus bersama tuh kayak ketergantungan satu dengan yang lain.

Selain itu, nanti kayak drama lainnya, di episode pertengahan akhirnya mereka menemukan konflik besar dan mereka tahu mereka nggak bisa sama-sama. Tapi nggak lama, karena sesuai yang kita inginkan, toh akhirnya mereka jadian juga. Aku juga nggak nyangka ternyata setelah banyaknya hal yang berubah dari pandanganku tentang keduanya, setelah mereka jadian, ternyata dua-duanya sweet banget. Beda sama dramanya Reply 1997. Ceweknya dari segi penampilan cantik, rambut panjang, terkesan girly, tapi beeehh... dia bukan lagi tomboy, tapi liaar hehehe. Beda sama Ra Im disini. Satu-satunya hal kenapa dia dinilai tomboy    adalah karena pekerjaannya.  Udah gitu, Joo Won nih awalnya nggak gitu keren, kenapa makin ke belakang bikin makin melting? Dia sweet banget. Cowok yang keren banget deh pokoknya.

secret garden wallpaper

Tapi ternyata klimaksnya nggak cuma satu ketika Ra Im memilih dirinya menjadi gelembung daripada merusak kehidupan Joo Won, eh di belakang dia malah kecelakaan dan gilaaaak. Aku kasih tau ya, episode 17-18 tuh nggak cuma sedikit, tapi dua episode full isinya nangis doang. Nggak bohong deh, klimaksnya dibikin dua episode full. Dan itu sedih banget. Klimaksnya mantep lah pokoknya. Banyak hal yang bikin perasaan kita tersayat-sayat ngelihat betapa mereka yang di awal kelihatan seperti bisa bahagia dengan mudah kalau saja salah satunya jujur,ternyata di akhir taunya udah tebing, dan mereka harus terjun bebas. Sedih banget.

Antiklimaksnya, si Joo Won sempat lupa ingatan ke usianya yang ke 21 dan entah kenapa aku begitu menikmati episode-episode dimana ia kehilangan ingatannya dan dimana Ra Im semakin kuat untuk terus berada di sisi Joo Won. Aaaah~ ternyata memang masalah itu membuat cinta mereka semakin kuat. Itu yang aku dapat dari tiga episode terakhir drama ini. Dan aku sempet nangis lagi, tapi nangis bahagia waktu Joo Won dapet ingatannya lagi dan di situ semuanya terbongkar, seperti benang merah yang menghubungkan Ra Im dan Joo Won.

Setelah Playful Kiss, aku bersyukur karena drama ini nggak nyeritain kebahagiaan yang cuma 10 menit di belakang kayak drama yang sering aku lihat, melainkan satu episode full. Waaah~drama ini bener-bener pas banget di tonton. Terkadang aku sering berfikir bahwa drama yang kutonton itu akan kumasukkan dalam kategori bagus atau tidak tergantug dari endingnya. Dan drama ini langsung aku acungi jempol ketika aku mendapatkan episode 20 full ending dan isinya bahagia doang. Puaaaas banget. Mereka itu couple di drama ini yang bikin aku kesemsem saking sweetnya.

Konflik utama di cerita ini sebenarnya terletak pada ibu Joo Won yang tidak bisa menerima hubungan Joo Won dan Ra Im. Hmmm… ini mirip sama ceritanya meteor garden atau boys before flower yaa? Hubungan orang super kaya sama orang nggak punya. Miriiiip banget, bahkan ada adegan lupa ingatan segala. Tapi entahlah, secara alur menurutku ceritanya secret garden sedikit lebih fresh. Penyelesaian konfliknya juga lebih pasti daripada cerita F4, well, walaupun BBF buat aku juga bikin berlinangan air mata, tapi kalau di Secret Garden itu yang bikin keren justru tokohnya itu sendiri. 

PEMAIN

secret garden dvd

Drama ini bikin aku excited ketika aku menyadari bahwa tokoh-tokoh dalam drama ini memainkan perannya masing-masing dengan sangat baik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Ketika pertama kali lihat cast nya yang nggak aku kenal sama sekali, jujur, kesan pertama yang terlintas di pikiranku adalah: nggak ada yang ganteng, udah tua-tua, gitu deh pokoknya. Pemainnya dari segi penampilan sama sekali bukan tipeku. Peran ceweknya yaitu Gil Ra Im (Ha Ji Won) karakternya tomboy, di bilang cantik juga enggak. Peran utama cowoknya juga nggak kelihatan ganteng. Peran cowok yaitu Kim Joo Won (Hyun Bin) lainnya yang jadi penyanyi juga nggak kelihatan keren. Awalnyaa… aku nggak suka sama pemainnya.

Tapi memang ya istilah ‘don’t judge a book by its cover’ selalu berlaku di setiap drama dengan pemain baru yang kukenal. Disini, tokoh-tokohnya memainkan karakter mereka dengan sangat unik. Ternyata peran nya Gil Ra Im nggak di bikin cantik dan dibuat seolah miskin karena biar kita nggak terlena sama wajah, tetapi dari sisi inner beauty. Perannya Joo Won juga memang sekilas kelihatan nggak ganteng sama sekali, tapi ternyata karakter dia itu yang perlahan bikin dia kelihatan keren banget. Keren sebagai boss,  pintar, dan walaupun nggak kuat, tapi aku yakin siapapun yang nonton dan melihat seperti apa ketajaman dan ketegasannya, yang ada mungkin kalian bakal melongo karena kesemsem.

Peran lainnya seperti karakternya Choi Woo Young si Oska (Yoon Sang Hyun), penyanyi yang suara dan wajahnya dari awal nggak menarik perhatianku, tetapi ternyata karakternya yang penuh komedi itu juga berhasil menarik perhatian penonton. Dia cocok banget jadi seorang idol yang playboy. Kupikir itu yang akan muncul di kepala kalian ketika melihatnya di setiap episode. 

Karakter berikutnya adalah karakter Yoon Seul (Kim Sa Rang) yang di episode awal aku berani jamin siapapun yang lihat dia pasti langsung berfikir bahwa dia dapat peran antagonis di drama ini. Waaaah~ ternyata dia cantik dan pintar dan sempat jadi konflik, eh ternyata bukan antagonis. Pada akhirnya, disini nggak ada peran antagonis selain ibunya Joo Won sendiri. Aku cukup terkesima sama karakter Yoon Seul. Dia berubah jadi wanita yang hebat dan keren, tapi ternyata dia punya luka mendalam terhadap Oska. Ternyata masa lalunya dia itu bukan cewek seperti yang kita lihat di episode awal drama ini. Dia dulu nggak setajam dan selicik sekarang. Dan ketika drama ini menceritakan hubungan Yoon Seul dan Oska, aku mendapatkan drama ini semakin menarik karena ternyata hubungan mereka berdua selalu jadi cerita lain drama ini yang paling aku tunggu kelanjutannya dan bikin penasaran. Perbedaan sifat kedua karakter antara Yoon Seul dan Oska ternyata bikin banyak tanda tanya.

secret garden

Masih banyak lagi karakter lain yang pasti kalian makin suka setelah kenal karakter mereka di drama ini.
Kayak direktur park Bong Ho (Lee Byung Joon) yang kelihatannya antagonis dan pingin merebut kekuasaan Joo Won, ternyata nggak selicik yang kita bayangkan. Meskipun dia sempat ingin duduk di jabatan presiden, tapi toh ternyata ketika dia tahu kalau joo won masuk rumah sakit karena dia, dia langsung mengundur kan diri. Dia ngaku ‘lebih baik jadi pengangguran daripada seorang pembunuh’. Kadang kejujuran seperti itulah yang dibutuhkan sebuah perusahaan.

Ada sekretaris Kim Sung Woo (Kim Sung Oh) yang dari wajahnya nggak menarik, tapi ternyata dia lucu dan baik, kadang agak lebai, tapi di akhir itulah yang bikin kita suka sama karakter ini.

Ah Young (Yoo In Na) , teman sekamar Gil Ra Im. Aku sempat penasaran sama karakter dia di drama ini karena queen in hyun man, dan aku lihat acting dia disini, walaupun nggak jadi peran utama, tapi berhasil ngilangin kangenku sama aktingnya. Waah.. ternyata dia emang bakat acting ya. Toh walaupun bukan pemeran utama tapi cara bicaranya emang khas banget dan membekas.

Direktur Im Jong Soo (Kim Sa Rang), yang meskipun agak ditakutkan jadi lawan terberat Joo Won, tapi semakin kesini semakin kelihatan sebagai kakak dia, dan aku seneng sama karakternya dia walaupun ia diletakkan sebagai pihak yang paling banyak sakit hati.

Sunbae Ra Im di sekolah action juga cukup menarik perhatianku karena dia baik banget, dan mendukung, tapi juga cerdas.

Dan ada Han Tae Ssun (Lee Jong Suk) yang sempet bikin sebel awalnya karena banyak nolak tawaran Oska buat kerja sama. Anaknya ganteng banget, tapi ternyta gay. Ah, dan ternyata ada banyak alas an kenapa dia nolak tawaran Oska. Dia ternyata seorang pemusik professional dan dia juga lidahnya tajam. Yang pasti dia tokoh yang sempet aku cari biodatanya setelah nonton secret garden.

Terakhir, aku cuma sebel sama satu tokoh disini. Ibunya Joo Won yang sampai tamat pun masih nggak bisa nerima Joo Won dan Ra Im. Buset,keras kepala banget dia. Yang bagian ini mah aku lebiih suka sama yang di BBF karena pada akhirnya ibunya menyetujui nggak kayak di secret garden. Well, at least, in ending, secret garden still much better than BBF soalnya dia tetep happy ending dan itu satu episode! Catatan! hehe


Salam, ADLN_haezh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Catatan Terbaru