Baru Berasa.. Ternyata Sudah Berpisah Lagi..


Jadi tiba-tiba aku merasa sedih karena baru sadar... teman-teman kuliahku itu sudah nggak di Jogja lagi ya?

Ini gara-gara postingan temen-temenku yang baru aja pada reuni di Jakarta dan aku baru sadar kalau aku nggak bisa ikut kesana karena... aku di Jogja.

Setelah berbulan-bulan berpisah, aku juga baru sadar kalau sebagian besar teman-temanku ini bukan orang Jogja semua... kecuali beberapa. Maksudnya, mereka yang sering aku ajak dan mengajakku keluar dari kengkangan di rumah ini, yang sering gila bareng.. yang sepaham, dan sepemikiran, yang.. klop.

Aku kesel sih kalo mikirnya, because i can't do anything...
Aku juga nggak ada bayangan mau kerja keluar kota, kayaknya aku tetep akan di Jogja gitu... tapi... aku kangen aja.

Kangen deh pokoknya.
Baru berasa ini... inget waktu-waktu dulu ketawaan bareng, gosip bareng, dan ngerjain tugas-tugas bareng, kuliah bareng, kelompokan bareng, dateng ke event bareng (because i can't go if i'm alone and usually i have them to go together).

Sebenernya, aku ini bisa sih sendiri aja... maksudnya, waktu mereka lagi disini, aku apa-apa sendiri kesana kemari juga oke, tapi... saat itu aku merasa mereka sudah terbaur di kota ini hingga rasanya nggak akan mereka pergi. Kalo butuh temen, butuh tempat singgah, ya tinggal santronin aja kosannya. Ada yang didatengin karena butuh tempat tidur, ada yang didatengin karena males pulang tanggung, ada yang didatengin cuma buat nonton drama, tempat ajang gosip, minta koneksian internet, atau karena besoknya syuting jadi musti nginep.

Waktu mereka pergipun, aku nggak ada acara nemenin mereka ke stasiun, pokoknya gak pisah2an gitu, lewat WA aja, karena ketidaksadaranku bisa jadi meminta mindsetku ini untuk berfikir bahwa mereka hanya pulang kampung, dan mungkin akan kembali.. gitu aja terus yang aku pikirin jadi aku nyaris nggak pernah kangen, kalo WA juga nggak pernah yang.. hallo, gimana kabarmu? WA-nan aja kayak sering ketemu mereka gitu.

Sampai suatu ketika, aku sadar bahwa hal-hal itu tidaklah tepat.
Waktu sadar... oh iya, mereka udah nggak disini deng. Jadi sedih gitu sih. Lucunya... aku bahkan jadi kangen sama 'kuliah'.. yang bikin aku stress pas skripsi kemarin itu, iya, tapi hari-hari kuliah yang 6 semester itu .. wah, kelasnya, nunggu dosen, nunggu kuliah kelar, kuliah sampai sore, habis kuliah persiapan syuting.. lucu sih, kalo diinget-inget lagi trus baru sadar..oh, ternyata aktivitasku udah nggak kayak gitu ya?

Padahal dulu waktu habis SMA mikirnya, kayaknya kalau kuliah bakal individual gitu deh nggak bakal kayak SMA, sekarang waktu udah lulus jadi mikir... kuliah ternyata seru juga.. apa kalau S2 masih akan ada kesan yang sama?

huh.. ya ampun, lagi-lagi waktu itu sudah lewat begitu saja ternyata... rasanya, baru kemarin aku masuk ISI. Aku sampe ketawa sendiri bacain chat-chatku sama anak2 yang aku chat lewat FB waktu pertama kali masuk ISI. Anak-anak MABA yang bingung mau masuk kuliah.

Dan perpisahan yang ini, beneran nggak kayak perpisahan. Tapi udah terpisah aja gitu. Karena sejak awal memang sudah gak sering bertemu, jadi gak terasa. Lepasnya satu-satu gitu.

Aku cuma berharap satu. Aku masih bisa terkoneksi ke mereka semua, meskipun sekarang ini masih saling berjauhan dan mungkin akan tetap berjauhan.

Dan kesimpulanku, kuliah ternyata menyenangkan juga. I actually have a good trip with them all.. Ini 5 tahun yang menyenangkan, dan... aku nggak nyesel sih udah kenal mereka..






Salam, Adlina .H.Salam, Adlina Haezah

Komentar