Review Manhwa Paling Romantis Terfavorit Part 2 (+Curhat)

Aku bingung deh, kapan ya aku bakal berhenti baca Manhwa?

Ini aja aku baru dapat hobi baru yaitu nonton Anime dengan genre action ya kannn... terus aku kayak baruuuu aja kenalan sama Manhwa yang gambarnya pada eyechaching, goodlooking, dan yang paling penting BANYAK.

Dari dulu tuh aku nggak mau baca webtoon atau manhwa walaupun tahu gambarnya bagus, pertama karena aku masih close minded: merasa manga jepang tetap yang terbaik dari segi cerita. Aku pikir cerita webtoon palingan bagus di gambar tapi cerita mungkin nggak menarik. Ya itulah, aku ngejudge karena terlalu berpihak. Kedua, cerita-cerita manhwa yang sempat aku sukai adalah Suddenly Become a Princess tapiiiii pada saat selesai baca aku ditinggalkan dalam keadaan cerita menggantung dan itu bikin aku kesel banget. Udah gitu nggak nemu cerita lain yang bisa bikin move on. Aku nggak tahu gimana akhir ceritanya dan aku menolak untuk jadi gila karena nggak tau spoiler atau akhirnya. Jadi setelah beberapa hari kuputuskan untuk nggak baca Manhwa lagi sampai ada yang tamat.

Kenyatannya, kalau hampir kebanyakan manhwa itu booming 3-4 tahun ini, sedangkan kita semua tahu bahwa manga jepang aja kadang tamatnya bisa bertahun-tahun lebih lama, rasanya agak nggak masuk akal sih kalau aku memaksakan diri untuk membaca cerita manhwa yang banyakan baru rilis itu,lalu meminta untuk cepat tamat haha.

Waktu aku lagi nonton anime baru-baru ini, aku sebenarnya sambil baca Tokyo Ghoul karena katanya bagus kan. Sambil baca juga manga jepang yang kelihatannya bagus. Tapi pada akhirnya aku orangnya pingin spoiler banget. Akhirnya aku mencari bacaan yang menarik minat. Nah, ternyata aku emang udah lamaa banget cari komik atau novel yang temanya adalah kerajaan. Udah lama banget sih, tapi bacaannya nggak ada yang bisa bikin aku baca runtut tut tut dari awal tanpa lompat-lompat. Nah, waktu aku carikomiknya, karena kebanyakan komik historical itu bagus-bagus, aku nggak nemuin banyak manga. Ada sih akatsuki no Yona, awalnya emang baru mau baca itu tapi bertepatan banget aku lagi ngecek instagram dan dapat art manhwa yang bikin aku tertarik.

Dari iseng-iseng baca episode awal, dan aku nggak bisa berhenti.

Pertama, artnya itu bagusss banget
Kedua, tokoh-tokohnya menariiik banget
Ketiga, ceritanya juga menarik
Keempat, komiknya full colour bagaikan aku nonton anime

Nah, jadi switching tuh awal-awal aku baca gantian antara manhwa sama manga. Dan gara-gara manhwa ini nih yang kubaca, dan ternyata kanemang nggak tamat. Jadi buat move on aku harus cari bacaan lain. Aku minta rekomendasi. Dan setelah membaca manhwa kedua, I cannot be stopped.

Aku baru sadar kalau ada banyaaaak sekali.

Literally

Dan aku rasa, penerimaanku akan kenyataan bahwa nyaris tidak mungkin menunggu komik komik ini tamat dengan cepat, kenapa enggak aku baca sebanyak mungkin sehingga setiap ada update itu adalah update cerita yang memang sedang kutunggu?

Dan bacaan-bacaan manhwa ku pun semakin banyak dan aku nyaris belum nemuin yang bener-bener jelek. Kalau di chapter 20-30 aku melihat ada yang nggak sesuai mungkin nggak aku baca. Kalau aku baca di awal cerita biasa aja, aku juga mungkin skip. Tapi kebanyakan aku suka sama semua ceritanya. Dan karena banyak, sekarang aku mau ngabisin sih kayaknya yang bagus-bagus, di chapter-chapter yang pendek dulu sebelum aku membaca tiga manhwa pamungkas yang udah seratus chapter ke atas: suddenly i become a princess, raeliana, sama doctor elise. Pinginnya sih ketika aku udah nyelesain yang chapternya pendek-pendek ini nih, yang manhwa2 itu juga udah tambah banyak chapternya.

Berasa menemukan penemuan baru sih, baru kali ini aku serius banget dengan hobi baca manhwa ini.

Aku sih udah nggak peduli ya, mau novelku nggak kebaca.Kalau yang namanya hobi ya hobi, berdasarkan mood. Kalau lagi mau baca ya baca, kalau mau nonton ya nonton, tapi kalau enggak ya aku nggak mau maksain sih. Hobi cuma untuk hal-hal yang bikin aku seneng.

Dan sharing di tulisan juga satu hal yang bikin aku bahagia untuk berbagi mengenai apa saja hal yang membuatku begitu senang dan sangat menikmati hobi ini.


Why Are You doing This, Duke?


Manhwa ini sejauh ini kedua terbaik sih setelah baca seduce villain father. Duh, aku tuh sukaaaaa banget.

Dan banyak bagian adegan yang bikin aku pingin adaptasi ke cerita yang lagi kutulis juga

Sinopsis Singkat: tentang seorang cewek yang dibully sama keluarganya sendiri, bahkan sampai dijadikan umpan untuk dibunuh oleh musuh. Nah, cewek ini udah nyaris dibunuh sama seorang Duke tapi dia sempat melontarkan permintaan yang berubah menjadi sebuah sihir dan bikin si Dukenya jadi mabuk kepayang sama dia.

Yess... kali ini ceritanya juga bukan cerita tentang cewek yang isekai tapi dia seperti mendapatkan kesempatan hidup kedua.

Yang unik dari cerita ini jelas adalah karakter Dukenya ini sendiri. Jadi si Rowan, nama heronya itu selalu kalau lagi sama Erin, heroinnya, jadi mabuk kepayang, literally. Dia padahal kan aslinya dingin dan galak kebangetan, tapi setiap lagi sama Erin dia langsung kesihir dan jadi 180 derajat berubah kepribadiannya.

Nah, perjalanan si Rowan untuk bisa tetap sadar saat bersama Erin ini butuh perjuangan banget, tapi pas akhirnya dia kembali ke dirinya sendiri, cerita mereka berdua akhirnya dimulai. Dan itu seru banget. Antara Rowan yang pingin nyingkirin cewek itu tapi nggak bisa karena dia selalu mabuk kepayang di depannya dan juga Erin yang baik hati tapi nggak bisa menolak Rowan yang udah dikendalikan sihir dan malah jadi jatuh cinta beneran.

Aku suka banget sama proses pendekatan kedua tokohnya. Dari Rowan yang perlahan-lahan khawatir sama Erin, dan Erin yang udah mulai nggak kangen sama sikap romantisnya Rowan yang berlebihan kalau lagi di bawah sihirnya. Dan bener-bener kejadian demi kejadian itu rasanya nggak mau ketinggalan. Lihat Rowan yang lama-lama perhatian sampe bener-bener sayang itu priceless banget, meningat di awal dia tujuan utama ke ceweknya ini kan bunuh ceweknya bahkan sampai dibilang grim reaper. Waktu pertama kali Rowan bener-bener sadar dia udah nodongin pedang ke Erin, sebegitu marahnya diai di awal. Tapi akhirnya lama-lama dia nggak bisa berhenti mikirin Erin juga deh, jadi gemes. haha

Sincerely: I Became A Duke's Maid


Sinopsis singkat: cerita tentang cewek yang baca novel dan masuk ke dalam novel kemudian ketemu sama cowok umur 13 tahun yang pertumbuhannya terhambat (jadi kayak anak usia 9 tahun), nggak bisa lihat, dan setengah tubuhnya itu ada tanda kutukan yang bikin dia sakit-sakitan. Heroinnya ini jadi maid di dalam novel, dan dia bertekad untuk membuat tokoh yang menderita ini menjadi bahagia, itu tujuan yang dibawanya bahkan sejak ia masih hanya jadi pembaca novel.

Aku nggak tahu ya, tema isekai ini akan diselesaikan dengan isekai juga atau diakhri dimana tokoh utama akhirnya masuk ke dalam cerita. Kan ceritanya dia tertidur habis baca novel ya, tapi apakah dia bakal kembali ke masa sekarang. Cuma pasti akan ribet banget kalau ceritanya jadi kayak gitu. Hmm.. jadi yaudahlah kuanggap saja isekai ini awalan cerita itu hanya sebagai prolog bukan inti cerita. Karena inti cerita selalu menjadi tujuan diubahnya cerita dalam novel yang dibuat.

Kembali ke cerita, aku sempet nggak ngelanjutin dulu waktu baca karena ini kayak cerita antara pengasuh dan anak asuhnya yang di awal tampaknya usia mereka terpantau terlalu jauh. Jadi kalaupun tokoh Alejandro ini umurnya bertambah, bukankah usia FL nya juga bakalan bertambah. Jadi kayak remaja sama tante-tante dong?

Nah, tapi ternyata saat dulu aku bacanya nggak lengkap dan salah paham. Sebenarnya tubuh Alejandro itu nggak tumbuh karena kutukannya. Dia aslinya usianya 13 tahun dan usia FLnya masih 17 tahun jadi cuma terpantau 4 tahun. Deket banget sih kalau dibilang brondong juga. Haha

Habis awalnya kan Alejandro kecil banget bener-bener kayak bocah, jadi kupikir FLnya disini juga pasti mikir begitu. Nah, waktu kutukan Alejandro berhasil hilang tubuhnya kembali ke tubuh usia remaja yang tampannya uwuwuwu... breathtaking banget pokoknya. hahaha. Tingginya dengan cepat bahkan melewati tokoh heroinnya. 

nb: aku lupa nama ceweknya.

Yah, walaupun tingkahnya nggak banyak berubah sih tapi dari dia masih tubuh kecil aja tuh si Ale udah kelihatan sukanya sama Maidnya ini jadi nggak heran waktu dia jadi tambah tinggi dia masih dengan pikiran yang sama yaitu menyukai cewek ini. Tapi yaa heroinnya aja yang masih nggak bisa menerima bahwa anak kecil yang diasuhnya itu aslinya udah remaja dan malah menaruh perasaan ke dia.

Perjalanan antara seorang Duke dan Maid dalam cerita ini menurutku unik banget sih. Bukan semata-mata cerita seorang anak yang jatuh cinta sama Nannynya tapi ada banyak hal berat yang mereka lewati bersama. Emang jadi tambah sayang sih waktu Alejandro akhirnya bener-bener memegang tanggung jawab Dukedom, tapi lihat dia tambah dewasa emang wajar kalau akhirnya Fl cerita ini pun dibuat nggak berkutik.

Doctor Elise

Sinopsis singkat: tentang seorang cewek yang punya hidup tragis kehilangan semua anggota keluarga karena ulahnya sendiri sampai akhirnya dibunuh oleh suaminya sendiri, yaitu sang pangeran. Kemudian dia direnkarnasi tanpa orang tua dan menjadi dokter bedah. Tapi dia mati lagi dan kembali ke kehidupannya sebelumnya.

Kalau dari sinopsisnya emang rada belibet sih tapi kalau udah baca dari chapter satu pasti juga lama-lama paham.

Cerita Elise ini kalau dari sisi Romance nggak begitu mencolok ya, kalah sama sisi medis yang diceritakan dalam komiknya. Awalnya aku sih nggak tertarik karena cuma mau ngumpulin cerita-cerita yang romancenya lebih dominan aja. Tapi waktu udah baca sampai 10 chapter, aku udah nggak bisa berhenti. Meskipun tampaknya rumit, tapi cerita ini dibawakan dengan sangat mulus sehingga intensitas emosinya juga terjaga dan nggak down. Jujur aja, untuk aku akhirnya bisa istirahat adalah setelah membaca 40 chapter pertama haha. Dan 40 chapter itu banyak lho, seriously! Aku nggak inget waktu dan habis berjam-jam. Emang parah sih, tapi ya sebegitu nagihnya. Akhirnya di chapter 41 aku memutuskan sepertinya sudah bisa sedikit beristirahat.

Intinya, cerita ini kalau butuh serunya dapet, tapi jangan terlalu berharap bakalan dapet cerita cinta yang meluap seperti di Sincerly I Become the Duke's Maid atau sebanyak di why are you doing this, duke. Well, tapi tetap sangat worth untuk dinikmati ceritanya sendiri.






Salam, Adlina Haezah

Komentar