King's Affection Drama Kerajaan Romantis Terbaik 2021: Akting Yang Menonjol

warning: bakal banyak ngomongin Rowoon di tulisan ini, komen yang berisi keberatan karena banyak membahas rowoon nggak aku approve ya! (karena kan sudah diwarning :p)

king's affection review drama korea
Seringkali aku menolak untuk mengikuti drama kerajaan karena aku tahu rata-rata ceritanya pasti tragis. Kalaupun happy ending, dalam prosesnya terlalu banyak tragedi yang sangat menyayat hati sehingga kemungkinan aku untuk menonton drama historical sangat kecil.

Kalau bukan aku kenal dengan dua tokoh utama cerita ini, dan sangat menyukai akting mereka di drama yang sebelumnya aku tonton, mungkin akupun urung untuk menontonnya.

Bisa dibilang, motivasiku nonton drama ini 100% karena tokoh utamanya. Rowoon sudah sangat memikatku dengan aktingnya di Extraordinary You dan bikin ketagihan untuk menonton projek dia lainnya, sedangkan Park Eun Bin aku penasaran dengan cara dia membawakan karakter setelah sukses menghipnotisku di drama Extraordinary Attorney Woo.

Jadi memang, motivasiku menonton drama ini adalah dua hal itu. Sehingga sejak awal aku tidak terlalu berharap dengan alur cerita yang fantastis, selama aku tahu bahwa aku bisa menerima ending ceritanya.

rating king's affection

Hal yang menarik perhatianku sebelum menonton drama ini adalah rating dramanya yang mencapai peringkat 1 atau 2 di akhir episodenya. Ini mengingatkanku ketika Micky Yoochun juga melakukan hal yang serupa di drama rooftop prince. Karena dramanya mendapatkan rating tinggi, maka aktornya pun mampu masuk nominasi di penghargaan bahkan sampai menang. Itu saja sudah bukti bahwa member boyband pun layak dipertimbangkan sebagai profesional aktor. Dan karena drama ini, Rowoon untuk kedua kalinya mendapat penghargaan melalui perannya, yang mana sebelumnya ia juga sudah meraih penghargaan melalui drama EOY. Tapi kalau Micky Yoochun habis 2015 nggak reguler drama lagi padahal dia sering menang awards :'). Anyway, aku benar-benar berharap Rowoon bakal reguler main drama sehingga ia bisa membuang stigma orang-orang yang sering memandang sebelah mata tentang member boyband yang akting hehe.

rowoon sf9 king's affection

Jujur aja nih.. hal yang paling aku sukai dari drama ini bahwa Rowoon berperan sebagai male lead dalam cerita ini. Drama dia lainnya yang aku tonton hanya Extraordinary You sehingga aku hanya punya referensi akting dia dari drama tersebut. Dan dia di drama itu membuatku sangat terkesan, sehingga aku bersyukur 'terlambat' mengenalnya karena aku bisa menonton drama dia lainnya langsung setelah menyelesaikan Extraordinary You. Rowoon itu bagiku seperti berlian dari sekian banyaknya aktor. Aku bangga banget bisa kenal dia melalui drama Extraordinary You.

Dan dari situpun aku tahu anak ini akan besar dalam dunia akting. Ia mampu menyampaikan emosi sesuai porsinya, tidak berlebihan, tapi sangat mengena. Dibanding EOY , dia disini memiliki lebih banyak ekspresi untuk ditampilkan, dan aku kagum karena penggambaran karakternya sangat berbeda dibanding di EOY. Kemudian, dia juga cukup cerdas untuk memilih drama ini sebagai projeknya untuk mengembangkan akting. Keceriaan yang berbanding terbalik dengan tokoh Haru di EOY membuat karakter ini muncul sebagai pribadi yang menyegarkan. Keramahan tokoh Ji un yang dia perankan, rasa cinta, serta kegigihannya untuk terus berada di samping Putra Mahkota terlalu memikatku. Aku bisa dibilang ketagihan dengan aktingnya. Mirip ketika aku pertama kali jatuh cinta dengan akting Kim Soo Hyun, Lee Jong Suk, Lee Min Ho, Ji Chang Wook,  yang sekarang mereka sudah menjadi aktor sukses di korea. Aku berharap dari sini akan lebih banyak lagi projek yang akan melambungkan namanya. Lagian usianya masih muda, jadi masih ada tahun-tahun ke depannya ia akan menjadi lebih sukses. 

rowoon sf9 king's affection

Satu hal yang aku kagumi dari Rowoon adalah, bahwa dia anggota aktif Boyband. Dan tidak banyak anggota boyband yang bertahan sebagai pemeran utama dalam drama hingga berkali-kali. Ada yang reguler main drama, tapi biasanya ambil peran pendukung. Kalaupun ada yang mengambil peran utama, biasanya mereka tidak mengambil projek drama secara reguler. Itulah kenapa aku sangat kagum oleh Rowoon yang hampir setiap tahun sekarang ia main di drama baru sebagai pemeran utama. Aku berdoa ia akan lebih bersinar ke depannya.

park eun bin king's affection

Sedangkan Eun Bin. Wajahnya cukup asing kalau ini adalah drama pertama yang aku tonton. Untungnya sebelum aku nonton drama ini aku memutuskan untuk menonton drama Extraordinary Attorney Woo sehingga aku sangat familiar melihat dirinya dalam jubah Putra Mahkota.

Banyak yang bilang dia tampan sebagai laki-laki, tapi bagiku Eun Bin selalu terlihat cantik walaupun dalam busana pria. Ketika dia menggunakan busana wanita, wuuuh damagenya sangat menampar pantas saja Ji un sampai jatuh cinta padanya walaupun Dam i masih dikira laki-laki olehnya.

Oh ya, dan aku suka bagaimana Eun Bin menantang dirinya mengambil peran yang berbeda di setiap dramanya. Di Extraordinary Attorney Woy dia jadi autis, dan di King's Affection dia jadi pria. Dan Eun Bin bisa tampak gagah dengan tubuh kecilnya dalam busana putra mahkota maupun sebagai raja.

Laluuu.. chemistry mereka sangat luar biasa! Dan tokoh Ji Woon yang terlalu mempesona

Aku sering takut merasa 'geli' kalau dihadapkan oleh pria yang menyukai pria, well walaupun disini Putra Mahkota adalah wanita, tapi dalam balutan busana pria Putra Mahkota benar-benar terlihat seperti laki-laki. Dan Ji un ini gemes banget waktu dia menyadari bahwa dirinya jatuh cinta pada 'sesama pria' dan dia sama sekali tidak peduli. Aku kagum dengan tokoh Ji woon yang jatuh cinta dengan putra mahkota tanpa memikirkan gender. Satu-satunya yang membuatnya merasa gelisah hanya penolakan dari putra mahkota karena takut menganggap perasaannya tersebut sebagai sesuatu yang tidak pantas. Tapi sekalinya Ji Woon menyadari bahwa putra mahkota mungkin memiliki perasaan yang sama sepertinya, ia tidak peduli yang lain ia bahkan tidak takut dicemooh. Ia hanya mencintai Putra Mahkota dan ingin disampingnya selamanya. Gimana nggak meleleh sama tokoh ini yaa

park eun bi rowoon chemistry king's affectio

Udah gitu Rowoon meranin perannya sebagai bucin yang lebih feminim dibandingkan putra mahkota itu bikin karakternya sama sekali tidak membosankan. Bikin sayang, pokoknya banyak sekali perasaan yang muncul dari cara Ji un mencintai putra mahkota dan Rowoon mampu menggambarkan emosi-emosi tersebut dengan luar biasa. Bahkan sedikit tatapannya pun mampu aku artikan. Dan gimana reaksinya ketika ia tahu bahwa Putra Mahkota yang dincintainya selama ini ternyata wanita membuat rasa hormatku menjadi berkali-kali lipat pada Ji un. Artinya tokoh ini mencintai Putra Mahkota benar-benar sudah tanpa batasan.

Lalu pada bagian-bagian sedih, bagian yang mematahkan hati, Rowoon yang memerankan karakter Jiun yang sedang frustasi dan sedih atau menangis membuatku merasa ikut sakit dan menangis. Dan sebesar itulah rasa kagumku dengan tokoh ini.

Tidak semua karakter selovable tokoh-tokoh utama. Tidak semua karakter memiliki porsi kuat untuk memunculkan emosi. Sejujurnya aku kurang suka bagaimana kisah masa kecil mereka digambarkan. Latar belakangnya memang penting untuk cerita, tapi aku merasa selalu masuk ke dalam cara penceritaan yang sama setiap kali menonton drama kerajaan. Selalu dimulai dari pertemuan masa kecil, diikuti dengan trauma, dan bertemu di masa dewasa. Trope ini cukup membosankan untukku secara pribadi. 

Episode yang sedikit membuatku kecewa mungkin di episode 16-17 ketika Ji un yang selama ini berjanji berada di samping Hwi memutuskan untuk menikah hanya karena takut Hwi dibunuh. Memang ketakutan tersebut kadang membuat kalap kehilangan orang yang dicintai sehingga rela melakukan apapun, tapi bagian ini membuat tokoh Ji un dimataku malah terlihat tidak konsisten dengan karakternya. Padahal aku suka konflik 'perjodohan' yang dialami Ji un ini, dengan penempatan yang tepat, seharusnya bisa membuat hubungan Hwi dan Ji un semakin erat. Hanya entah kenapa aku tidak menyukai alasan yang akhirnya membuat Ji un setuju untuk menikah. Padahal mereka berdua udah saling janji nggak bakal kemana-mana. Kalau sampai Ji un beneran menikah, ya bayangin aja gimana Hwi justru semakin kesepian dan nggak punya siapa-siapa. Mungkin kalau episodenya diperpanjang sampai 30-50 episode kayak Empress Ki, Ji un lama-lama bisa aja jadi karakter yang dibenci.

Untung saja di episode 18-19 mereka kembali bersama. Walaupun alasan untuk kembali juga kurang tepat. Emang kenapa kalau Hwi adalah Dam-i? Sekuat apa kenyataan itu bisa membuat ketakutan Ji un menghilang?Jadi agak lucu aja. Ada ketidakonsistenan dalam penceritaan, bahkan di karakter Ji un pada episode ini. Apa ya, menurutku agak terlalu dangkal aja penceritannya.

Kemasan yang begitu baik dibuat hingga episode 15 tiba-tiba jadi sangat menyebalkan menuju episode akhir. Untungnya drama ini diselesaikan dengan kemasan yang indah. Di episode 19-20 mungkin termasuk yang terbaik untuk mengakhiri drama ini. Berhasil membuatku menangis karena haru juga. Keepikan drama ini muncul di akhir untuk menutup keseluruhan cerita, jadi aku memaafkan kekecewaanku di beberapa episode sebelumnya.

Secara keseluruhan yang aku kurang suka sih emang lebih ke plotnya yang masih terhitung mainstream untuk cerita kerajaan. Bahkan meskipun Rowoon dan Eun Bin mampu memerankan karakter yang mereka mainkan dengan sangat mengagumkan, perkembangan karakter dari ceritanya tidak terlalu terasa, atau malah memang tidak difokuskan. Sehingga karakter-karakter tersebut terselamatkan berkat emosi yang mampu dihadirkan oleh aktornya.

Drama ini sangat cocok ditonton kalau kamu ingin drama kerajaan yang ringan. Ceritanya memang banyak bisa ditebak, tapi kamu akan jatuh cinta pada tokoh-tokohnya. Sekalipun ini drama pertama mereka yang kamu tonton, aku yakin kamu bakalan ketagihan sama akting mereka.

Komentar