ROWOON SF9: Idol Boyband yang Bakal Sukses di Dunia Akting

 rowoon sf9 aktor

Yuhuuu~ fangirling dulu yaa.. kali ini aku pingin bahas Rowoon SF9. Gara-gara nonton drama dia Extraordinary You, lalu dilanjut dengan King's Affection, memperhatikan perkembangan aktingnya hanya dalam waktu singkat entah kenapa memunculkan semacam ramalan di kepalaku bahwa anak ini bakal sukses di dunia akting dari kalangan idol boyband. Dan kesuksesannya bahkan bisa menyusul kesuksesan senior seperti Lee Jong Suk, Kim Soo Hyun, Lee Min Ho, Song Joong Ki, Lee Seung Gi, Park Seo Jun, Ji Chang Wook, dsb yang jelas udah nggak perlu diragukan lagi kepopuleran mereka di dunia akting.

Hanya dengan catatan, Rowoon harus reguler ngeluarin drama tiap tahun karena dengan begitu dirinya akan semakin dikenal di dunia akting.

Kenapa aku pingin banget bahas anak ini dibanding bahas aktor lain yang jelas-jelas sudah mulai sangat populer seperti Nam Joo Hyuk, Ahn Hyo Seop, dan aktor generasi sekarang yang usianya masih 25s? Karena spesial Rowoon dia adalah member boyband yang saat ini aktif, SF9 dan masih reguler ngeluarin album. Dan aku pingin banget bahas kenapa Rowoon bakal sukses kedepannya di dunia akting, karena aktor yang populer sekarang kayak Lee Jong Suk misalnya, dulu mengalawi kesuksesannya di usia yang sama dan aku pada saat itu punya vision yang mirip, begitupula saat aku baru pertama kali menonton Kim Soo Hyun di dream high ataupun Lee Min Ho saat pertama kali muncul di BBF. 

Kalian pasti tahu Yoona SNSD. Yoona termasuk idol girlband yang pada saat pertama kali kemunculannya di drama Love Rain (walaupun nggak nonton), kemudian di K2 aku punya vision yang sama dia bakal sukses di dunia akting. Dan sekarang dia udah main drama sama Lee Jong Suk dengan banyak pujian untuk aktingnya. Atau Bae Suzy, IU yang juga mendulang kesuksesan yang sama di dunia akting setelah mengambil peran di drama Dream High bareng sama Kim Soo Hyun saat itu. Naah, mereka-mereka ini reguler ngeluarin drama sampai akhirnya mereka sekarang dikenal sebagai aktris profesional meskipun masih aktif menyanyi sebagai idol. Beneran deh, akting mereka udah isinya pujian karena emang sehebat itu mereka berakting. 

Padahal idol yang juga main drama, seringkali mendapat cemooh dari knetz karena dianggap mereka 'aji mumpung' untuk memainkan peran di drama mereka. Karena mentang-mentang udah ada nama, dianggap mudah dan masuk main drama pakai 'orang dalam' semacam itulah. Kadang kala idol yang berakting seringkali juga mendapat kritik pedas karena dianggap tidak cocok main drama dan mending nyanyi aja. Namun waktu menunjukkan saat ini bahwa banyak idol yang justru lebih terkenal aktingnya daripada ia ketika dalam girlbandnya. Atau, dia menjadi lebih terkenal sebagai idol setelah ia muncul di drama.

rowoon sf9 aktor

So, balik ke Rowoon, meskipun aku masih sangat baru mengikutin drama dia, feelingku berkata dia bakal sukses di dunia akting bukan karena dia idol tapi justru karena saat main drama aku lebih nggak nyangka kalau dia anggota boyband. Jujur aja ya, aku sempat sangsi nonton drama dia karena aku tahu dia anggota boyband, dan kebetulan aku nggak terlalu ngikutin SF9. Beda ketika aku menonton Heartstring karena udah kenal sama Yong Hwa, atau ketika aku menonton Rooftop Prince karena emang udah kenal Yoochun di dbsk, ketika menonton ini aku sama sekali nggak punya referensi dia di SF9. Aku bahkan nggak kenal siapa itu Rowoon. Aku agak takut kalau lihat dia main drama yang ada di bayanganku adalah idol boyband yang lagi akting. Tapi.. justru ketika aku menonton drama dia, jejak dia sebagai idol boyband bisa dibilang 100% hilang. Dan itu menunjukkan seprofesional apa dia dalam pekerjaannya.

Karena susah memang untuk menghilangkan jejak bahwa seseorang adalah anggota boyband kalau sudah di dalam drama.Itulah kenapa, kebanyakan idol boyband yang aku ikuti seperti Sungjae, Siwon, Minhyuk, L, D.O, reguler mengambil supporting role di drama yang mereka ambil dan kalaupun mengambil drama sebagai peran utama, kemungkinan kecil untuk bisa reguler kayak yang bener-bener tiap tahun gitu. I know karena mereka harus bisa membagi jadwal dengan grupnya kan. Jadi nggak bisa benar-benar fokus di drama yang mereka ambil meskipun akting mereka sebenarnya juga menjanjikan untuk dikembangkan. Padahal kalau ada aktor yang dia sudah berhasil bikin baper sebagai second lead male, rata-rata next drama bakal ambil peran utama. Sayangnya, rata-rata juga setelah mengambil peran utama, idol-idol ini nggak rata-rata reguler ngeluarin drama.

Sedangkan, untuk seseorang yang memang job utamanya sebagai aktor aja harus reguler ambil drama setiap tahun biar namanya mudah direcognize sama orang-orang. Apalagi kalau double job sebagai idol GB/BB yang harus tampil disana-sini, I know itu nggak gampang.

That's why aku amaze banget sama Suzy yang saat ini reguler main drama sebagai pemeran utama dan drama dia ratingnya tinggi-tinggi, udah gitu selalu menang award pula. 

rowoon sf9 aktor

 Tanda-tanda Rowoon bakal sukses #1 

Untuk Rowoon, pertama-tama mari kita lihat list drama dia semenjak dia mengambil peran sebagai tokoh utama di Extraordinary You














See? debut dia di drama hampir sama dengan debut dia di SF9. Dan di tahun 2019 dia masuk jadi pemeran utama, lalu 2020 jadi cameo sebelum 2021 dan 2022 dia ambil peran sebagai tokoh utama lagi. Udah gituuu.. Extraordinary You cukup populer di tahun 2019, dan King's Affection bahkan mendapat rating tinggi di akhir penayangannya. Kalau ngomongin reguler dia di drama lolos lah ya.

Tanda-tanda Rowoon bakal sukses #2












Dan Rowoon dapat penghargaan di drama award MBC untuk drama Extraordinary You, lalu di King's Affection menang lagi di KBS Drama Awards. Sebagai catatan, dia masih baru lho sebagai pemeran utama ketika main di EOY bahkan masih baru juga ketika dia ambil peran utama di King's Affection. Menurutku, itu udah bukan lagi tentang keberuntungan. He's talented! Aku rasa Rowoon memang dilahirkan untuk main drama gesss.. so, aku berharap banget dia bisa reguler ngeluarin drama baru kayaknya aku bakalan nonton, apalagi kalau ambil yang genre romance hehehehe.

Drama King's Affection aja ya, kalau bukan karena Rowoon dan Eun Bi memerankan peran mereka dengan sangat baik, aku merasa story nya masih biasa dan mainstream.Jadi kalau bukan mereka yang main, entah aku bakalan sesuka ini apa enggak sama dramanya.

Memenangkan award untuk seorang idol boyband nggak gampang lho. Lebih nggak gampang juga untuk dapat award ketika mengambil peran sebagai tokoh utama cerita. Kritik knetz itu biasanya bisa terasa sangat kejam untuk member boyband huhu T.T. 

Seleraku menikmati drama Rowoon mungkin terkesan subjektif, tapi kalau kalau Rowoon yang member boyband SF9 bisa menang di drama yang dia mainkan, dan nggak cuma sekali, dan terbukti dengan data yang ada, itu menunjukkan dia memang punya bakat yang besar di dunia akting. 

rowoon sf9 aktor

Tanda-tanda Rowoon bakal sukses #3

Oke sekarang mungkin aku akan masuk ke bagian visual. Aku baru tahu SF9 jujur aja karena menonton Kingdom, dan memang member-membernya itu udah kayak model semua, visual semua jadi kalau ditatap member SF9 lutut tuh berasa lemes aja gitu wkwk. Which is sejauh ini aku kan ngestannta boyband yang isinya lawak yaitu Suju dan BTOB. Member-membernya nggak yang super tinggi dan tampan yang gila, dan walaupun secara subjektif aku tetap kekeh bilang member suju/btob jago juga aktingnya (named it: Siwon, Sungjae, Kyuhyun, Yesung), ya tetep aja bakal terkesan subjektif karena aku nggak megang datanya sebagaimana data Rowoon di drama yang ia mainkan. Sungjae dan Siwon mungkin termasuk member boyband yang paling rajin main drama yah, dan mereka captivating lho walaupun mengambil supporting role. Sungjae juga udah berkali-kali dapet award dari akting drama dia. Datanya ada, tapi memang tidak ada yang menang award sebagai pemeran utama.

Jadi mendapati Rowoon yang member boyband bisa menang award di posisi sebagai pemeran utama, membuatku bertanya-tanya, di bagian mana sebenarnya dia sangat cocok sebagai aktor?

1. Wajahnya yang Terlalu Tampan

rowoon sf9 aktor

Apakah aku berlebihan bahwa Rowoon itu punya tipikal wajah yang terlalu tampan sebagai anggota boyband?

Bagian mana ya? Kalau aku pribadi sih bibir sama matanya sih. Senyum sedikit, aku mleyot. Dia natap layar, aku mleyot. hehehehe.

Itu yang kurasakan semenjak mengenal dia di drama Extraordinary You dan King's Affection.

Sebenarnya, wajah tampannya ini wajah rata-rata yang emang rata-rata muncul di dalam sebuah drama. Emang harus seganteng itu untuk mengambil peran utama. Katakanlah Lee Jong Suk, Kim Soo Hyun, Lee Min Ho, Park Seo Jun, you named it. Siapa lagi? Song Joong Ki, Ji Chang Wook. Ketika mereka main drama mungkin terkesan 'oh ya ini standar cowok yang ambil peran utama, wajahnya yaah minimal kayak merekalah'. Sehingga rasanya terkesan wajar ketika wajah-wajah ini muncul di layar.

Tapi kalau wajah-wajah itu dimasukkan ke dalam sebuah boyband, mereka jadi too handsome dalam grup tersebut. Visualnya jadi sangat menonjol dan saking menonjolnya bahkan bisa saja menutupi bakat-bakat lainnya di bidang musik seperti menari ataupun menyanyi.

Casenya mirip Suzy kali ya. Mungkin Rowoon bakal jadi Suzy versi cowoknya. Suzy adalah member Miss A, tapi saking rajinnya dia main drama sekarang agak bias kalau mau bilang Suzy ini aktris atau anggota girlband. Suzy dan Yoona cantik banget kan di grupnya, visualnya kadang jadi over the top gitu kalau di grupnya. Tapi mereka bisa ngeblend banget ke dalam sebuah drama (mau peran cantik atau peran cewek biasa tetep masuk.. kalau ambil peran biasa ya mereka bisa memberikan kesan 'cewek biasa' tapi kalau di girlband mau gimanapun tetep jatuhnya cantik banget) karena rata-rata visual yang masuk ke dalam drama emang standarnya seperti itu. Emang secantik itu. Jadi nggak heran kalau Rowoon ini masuk banget kriteria wajahnya untuk jadi aktor dan mengambil peran utama.

Rowoon nih ya, kalau di drama misal dia ambil peran cowok biasa, dekil, ya kesan 'biasa'nya bisa ketangkep karena standar wajah untuk aktor yang ambil peran utama tinggi banget tsayy. Tapi kalau Rowoon di boyband, dia nggak ngapa-ngapain aja udah menonjol banget ketampanannya hahahahaha. Karena boyband cenderung harus ber-makeup yah, jadi wajar kalau susah banget kalau mau dibuat jelek wkwk.

2. Vibes Tokoh Utama untuk Setiap Cerita Romance

rowoon sf9 aktor

Karena aku adalah penggemar drakor romance, jadi referensiku banyak diarahkan ke cerita-cerita yang genre romance ya. Dan Rowoon ini masuk banget ke kriteria cowok idaman ketika dia ambil peran utama dalam sebuah drama romance. Tipe cowok yang 'cuma ada di drama' tapi 'semua cewek mengidamkan sosok yang seperti itu'. 

Nah ini bisa aku refer ke Lee Sung Gi. Lee seung gi itu mungkin mirip IU ya, dia penyanyi solo jadi nggak begitu kentara. Kenapa aku bilang mirip karena keberadaannya di dunia akting agak membiaskan dirinya sebagai idol. Kalau dia terus-terusan berakting, kemungkinan besar orang bakal lebih mengenalnya sebagai aktor, menurutku lho ini ya.

Lee Seung Gi adalah case yang menarik untuk dibahas karena dia juga idol (as soloist), main drama yang ratingnya tinggi-tinggi, dan berkali-kali memenangkan award. Seung Gi emang rada gila sih talentnya entah di akting, menyanyi, ataupun sebagai MC, benar-benar over the top banget. So bisa dibilang Lee Seung Gi ini adalah jarum dalam tumpukan jerami. Satu dari sekian yang bisa se multitalent dia. Cuma Lee Seung Gi ini nggak fokus dance ya. Mungkin kalau dia jadi anggota boyband, wajahnya bukan yang over the top terlalu tampan gitu sih, tapi agak susah membayangkan gitu nggak sih kalau Lee Seung Gi jadi anggota boyband yang ngedance, mungkin ini aku bias karena selama ini lebih banyak ngeliat Seung Gi ngelawak jadi MC sih wkwkwkwk. Jadi di kepalaku kalau Lee Seung Gi ini entah wajahnya yang komikal saat nge MC, atau enggak serius waktu lagi nyanyi.

Cumaa.. visionku ke Lee Seung Gi ketika mendapati dia main di drama Brilliant Legacy miriip banget ketika aku mendapati Rowoon main di Extraordinary You. Semenjak BL, Seung Gi main di Gumiho and then dia rutin banget main drama dan sekarang udah bias banget mau bilang dia ini penyanyi atau aktor. Kalau nyanyi bagus banget, tapi dia udah kayak dilahirin sebagai aktor. Natural banget dia masuk di dunia akting. Dan natural banget dia jadi pemeran utama untuk drama genre romance. Emosinya, ekspresinya, semua yang dia keluarkan untuk setiap perannya selalu tersampaikan sempurna ke penontonnya.

Begitupun Rowoon. Yah, mungkin referensinya masih kurang banyak karena drama dia masih terhitung sedikit sebagai tokoh utama, tapi mungkin tulisan ini bakalan aku update kalau drama dia udah lebih banyak untuk kutonton. Cuma, aku dapat vision yang mirip ketika aku mendapati Lee Seung Gi. Idol yang cocok untuk di drama-drama romance. Rowoon adalah idol yang ketika dia berakting, mulai dari suara, ekspresi, emosi, dan pembawaan karakternya aku harus bilang.. SEMPURNA. 

Karena menurutku, ketika ada aktor yang bisa membuat kita ketagihan untuk lihat dia di drama lainnya, dan setelah menonton drama lainnya masih ketagihan pingin lihat dia main drama lagi, atau ketika menemukan aktor dalam sebuah drama dan kita masih pingin ekspresi dia dalam genre lainnya, itu berarti aktor ini sukses menempatkan dirinya sebagai aktor. Dan ketika aktor ini selalu berhasil memerankan tokoh yang ia ambil sekalipun sebagai sosok yang berbeda-beda, itu bisa menjadi ukuran untuk mempertimbangkan apakah dia sukses atau enggak.

Dan aku merasa Rowoon berhasil sebagai Haru yang hangat dan baik, dan dia berhasil juga menjadi Ji un yang penuh emosi. Entah akan jadi apalagi dia di drama berikutnya, jujur aja aku penasaran pingin lihat dia akting lagi.

 

Usia Rowoon masih sangat muda sekarang, masih bisa melahirkan banyak drama sukses lainnya asalkan: dia pinter milih drama yang ceritanya bagus, dan reguler main drama.

Aku yakin dia bakal sukses.

Bener deh, kalau sampai dia udah rutin main drama dan dia bisa ambil cerita yang bagus tapi ternyata karakternya nggak masuk sama akting dia, aku bakal update tulisan ini dan memaki diriku tentang visionku ini.

Kita lihat aja 5-10 tahun mendatang. Akan jadi seperti apa Rowoon.

Aku lebih berharap dia bakal lebih kayak Lee Seung Gi atau Suzy sih. Karena aku juga kan ngikutin Park Yoochun yang sempat punya jalan yang menjanjikan di dunia akting tapi karena dia nggak reguler main drama jadinya sekarang nggak terlalu kelihatan lagi drama-drama dia, sayang aja sih. Cuma hal itu nggak cuma berlaku untuk idol yang jadi aktor. Karena aku dulu mengikuti Jang Geun Suk juga, yang emang dia pure aktor, cuma karena entah kenapa dia berhenti ngeluarin drama secara rutin sekarang juga udah nggak kelihatan.

So, aku berharap pliss Rowoon kamu harus main drama terus! Karena drama korea romance butuh kamu sebagai tokoh utama! hehehehehehe

Salam, Adlina Haezah

Komentar