WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Review Drama

Drama Korea The Moon That Embraces The Sun (Kim Soo Hyun, Han Ga In, Jung Il Woo)

Juli 21, 2012

Huaaaaaa ~~ akhirnyaaa selesai juga aku nonton drama ini setelah ditunda beberapa lamanya di harddisku. Dan karena masih ada euforianya, so aku bakalan bagiin ulasanku tentang drama ini seperti biasanya. Review K-Drama The Moon That Embraces The Sun yang dimainkan oleh Kim Soo Hyun, Han Ga In, dan Jung Il Woo. 

Ehehehe... sebenernya udah tertarik dari lama banget. Awalnya karena aku tahu kalo Kim Soo Hyun mainin drama ini setelah projeknya di dream high. Tapi waktu itu drama ini masih ongoing. Jadilah terlupakan beberapa lama. Kemudian  aku lihat sinopsis episode terakhir yang sedih banget itu di salah satu blog yang aku ikuti dan nggak nyangka ternyata Il Woo juga ambil peran penting disana, dan aku tertarik lagi. Tapi trus bingung mau nontonnya gimana. Akhirnya terlupakan lagi. Setelah itu... entah setelah beberapa lama, dan ketika aku sedang sibuknya bergabung membicarakan rooftop prince di LI, ada aja yang ngomongin The Moon That Embraces The Sun. Aku nggak tau sih itu singkatannya apa. Orang-orang bilangnya kalo rooftop prince itu ngilangin kangen mereka sama The Moon That Embraces The Sun yang katanya bikin mereka gak bisa move on. Dan itu bikin aku penasaran. Alhasil aku tau kalo The Moon That Embraces The Sun itu singkatan dari The Moon That Embraces The Sun yang udah lama aku tinggalin.

Waktu awal lihat sinopsisnya, aku bahkan nggak tau kalo ternyata Kim Soo Hyun itu memerankan peran yang sangat-sangat penting di drama ini. Dan dia jadi pemeran utama. Aku sih nggak nganggep terlalu 'wah' waktu tau dia bakal main di drama saeguk. Aku pikir dia cuma berperan sebagai pejabat atau apa gitu. Nggak taunya raja. Yep, dia jadi raja yang memimpin negeri Joseon dalam cerita tersebut. Ehm.. biasanya kan kalo di drama drama saeguk seorang raja setidaknya mereka berkumis, berjanggut. Tapi ini enggak lho! raja disini masih berumur 23 tahun ceritanya. Masih sangat muda dan baru memimpin 3 tahun setelah meninggalnya mendiang ayahnya. Yup, karena biasanya drama bertema kerajaan itu setidaknya menceritakan mengenai seorang raja yang sudah cukup lama bertahta, maka di drama ini kita bakal melihat alur cerita tentang seorang raja yang masih baru menduduki posisi raja dan masih baru untuk ikut politik. Dan menarik sekali, karena sepanjang drama korea bertema saeguk yang aku tahu atau bahkan aku lihat, drama tentang raja yang masih muda dan diperankan oleh aktor muda pun juga jarang atau baru ini? Yah. Pokoknya drama ini menarik sekali karena aktor-aktornya juga masih seger-seger tapi si raja muda ini tetep nggak kehilangan wibawanya. Malah kelihatan keren soalnya yang ada di kepalaku adalah 'dia masih muda banget tapi dewasanya juga kebangetan!'. Keren banget deh pokoknya. Habis nontonpun masih pingin nonton lagi.. hehehe. Bikin kangen.

Alur

The Moon That Embraces The Sun adalah drama dengan setting di Joseon. Drama ini menggunakan alur maju dan future story karena menceritakan setelah beberapa tahun kemudian. Dan aku bakal ngulas alur drama ini, karena jujur aja, kekuatan drama ini memang di alurnya. Benar-benar komplek dan benar-benar menggambarkan tentang politik negeri. Bagaimana seseorang begitu haus tahta, kekuasaan, dan kedudukan. Bahkan dengan mudahnya membunuh orang dengan rasa tidak bersalah demi mendapatkan kedudukan yang tinggi. Drama ini lebih bercerita tentang hal-hal yang gaib karena kita akan lebih sering melihat cerita-cerita cenayang. Tentang mereka yang menggunakan kutukan untuk membunuh orang. Menggunakan jampi-jampi untuk menyakiti orang, dan untuk melindungi.






A. Awal Cerita

Cerita ini bermula pada hubungan antara Putra Mahkota Lee Hwon dan seorang Putri Penasehat Khusus Yoon Woo. Pertemuan mereka pertama terjadi ketika Lee Hwon tengah menyamar untuk bisa melihat kakaknya di luar istana, dan Yoon Woo yang sedang menghadiri upacara kakaknya yang menjadi seorang sarjana terbaik di Istana. Saat itu Lee Hwon tengah bersiap-siap memanjat dinding, dan Yoon Woo memergokinya ketika ia sedang mengejar kupu-kupu. Yoon Woo mengira Lee Hwon seorang maling dan hampir saja memanggil penjaga, tapi Lee Hwon segera menutup mulutnya dengan mengatakan bahwa ia bukanlah pencuri melainkan ingin bertemu kakaknya. Pertemuan mereka diawali dengan cek-cok sana-sini karena Yoon Woo tidak menyukai tingkah Lee Hwon yang asal-asalan dan seperti tidak tahu sopan santun, begitu pula Lee Hwon yang tidak menyukai kelancangan Yoon Woo yang sok menggurui. Awalnya Lee Hwon hampir mengaku kalau dia adalah Putra Mahkota, tapi melihat Yoon Woo dan takut kalau sikap Yoon Woo kemudian berubah, akhirnya ia memilih diam. Kemudian Yoon Woo pun bicara macam-macam tentang negara. Hal itu membuat Lee Hwon kaget dan kemudian terpesona dengan kepintaran Yoon Woo yang sangat jarang ditemui. Untuk itu, pertemuan pertama mereka adalah pertemuan dimana Yoon Woo tidak mengetahui bahwa Lee Hwon adalah Putra Mahkota negeri ini.

Sepulang dari istana, Lee Hwon menitipkan surat untuk Yoon Woo dimana di dalam surat tersebut berisi clue siapakah Lee Hwon sebenarnya. Dengan kepintaran Yoon Woo, akhirnya ia pun berhasil menjawab dan cukup terkejut karena ia mengetahui bahwa Lee Hwon adalah seorang Putra Mahkota. Semenjak itu, Yoon Woo pun menyadari bahwa ia tidak akan bisa bertemu dengan Lee Hwon lagi.

Kebetulan, kakak Yoon Woo, Yeom, menjadi gurunya Lee Hwon di istana. Awalnya Lee Hwon tidak peduli dan cukup mengabaikan Yeom karena dianggapnya semua guru yang mengajarnya adalah orang-orang bermuka dua, yang terlihat baik di depannya tetapi tidak tulus mengajarnya, hanya mengharapkan tahta. Apalagi mengetahui bahwa Yeom sangat muda, 17 tahun, ia jadi tambah merasa di remehkan dan lebih memilih belajar sendiri. Tetapi akhirnya, Yeom berhasil memenangkan hati Lee Hwon dengan memberi Lee Hwon teka-teki, dan Lee Hwon mengetahui bahwa Yeom tulus menjadi gurunya tanpa berharap apapun. Ia pun tahu bahwa Yeom adalah orang yang baik.

Tak lama, mereka pun menjadi guru dan murid yang serasi. Dan di tengah perbincangan mereka, Lee Hwon tahu bahwa Yoon Woo adalah adik dari Yeom karena Yeom bercerita bahwa cara ia berhasil memenangkan hati Putra Mahkota diajarkan oleh adiknya, dan kebetulan Lee Hwon menyadari bahwa Yeom adalah sarjana terbaik seperti yang pernah diceritakan Yoon Woo. Dan Yoon Woo pun merasa kaget karena ia tahu bahwa Lee Hwon mengenal siapa dirinya.

Tak lama, keduanya pun jadi sering berkiriman surat. Pertemuan kedua mereka terjadi di Istana ketika Yoon Woo dipilih menjadi teman belajar Putri Mahkota, Min Hwa, dan hal tersebut menyebabkan Lee Hwon ingin bertemu lagi dan lagi dengan Yoon Woo. Dan dengan kemampuan Lee Hwon, mereka pun akhirnya bisa bertemu kembali. Sejak saat itu Yoon Woo menjadi cinta pertama Lee Hwon, dan begitu pula sebaliknya.


B. Konflik
Konflik mulai terjadi ketika ada seorang cenayang yang mendapatkan gambaran bahwa di Joseon ini akan ada dua Matahari (raja) dan ada dua bulan (ratu). Akan ada dua orang gadis dimana salah satu dari mereka harus selalu ada di samping sang raja tetapi jika itu terjadi maka dirinya akan ada dalam bahaya, sedangkan yang satunya tidak ditakdirkan menjadi seorang ratu tetapi ialah yang akan menjadi ratu berikutnya. Sedangkan dua matahari ini menggambarkan dua orang pangeran dimana salah satu dari mereka akan menjadi raja dan yang satunya adalah matahari yang tidak akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan sinarnya.

Gadis pertama yang dimaksud adalah Yoon Woo, dan gadis kedua yang dimaksud adalah Putri Aparatur Negara, Bo Kyung. Seorang putri dari pejabat pengikut nenek Lee Hwon (ibu suri), dan merekalah orang-orang yang berperan sebagai orang-orang yang haus tahta dan kedudukan. Sedangkan matahari yang dimaksud adalah Lee Hwon yang akan meneruskan menjadi raja joseon, dan Yang Myung, seorang pangeran yang dilahirkan dari selir raja sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk menduduki tahta kerajaan, tidak diijinkan untuk ikut ujian negara, dan juga tidak diijinkan untuk menjadi pejabat ataupun mencampuri urusan politik negara.

Konflik dalam drama ini terbagi menjadi dua.
  1. Konflik kisah cinta antara Lee Hwon, Yoon Woo, dan Yang Myung.
    Di awal, diceritakan bahwa Yang Myung bertemu dengan Yoon Woo terlebih dahulu. Terlebih, ia juga adalah teman baik dari Yeom, kakak Yoon Woo. Yang Myung sudah jatuh cinta dan menyukai Yoon Woo sejak lama. Dan kalau ditanya apa yang paling ia inginkan, itu adalah Yoon Woo. Bahkan ia rela melepaskan segalanya demi gadis itu. Tapi siapa sangka kalau ternyata Yoon Woo jatuh cinta pada sang Putra Mahkota, Lee Hwon, dan begitu pula sebaliknya. Padahal jelas-jelas Yoon Woo dan Lee Hwon bertemu belakangan. Hal tersebut membuat Yang Myung tak bisa tinggal diam. Ia merasa bahwa selama ini ia diperlakukan tidak adil. Kedudukan dan status sudah diambil oleh Lee Hwon, raja juga lebih menyayangi Lee Hwon, dan satu-satunya hal yang paling ia inginkan (Yoon Woo) juga di ambil Lee Hwon.
  2. Konflik kerajaan
    Ketika tengah pemilihan Putri Mahkota, Yoon Woo dan Bo Kyung menjadi 3 paling tinggi. Awalnya, pemilihan Putri Mahkota ini akan dilakukan oleh Ibu Suri yang ternyata diam-diam sudah menetapkan Bo Kyung sebagai Putri Mahkota. Tetapi berkat Lee Hwon yang segera bertindak agar pemilihan putri mahkota benar-benar ditilik dari kemampuan dan kecakapan mereka, akhirnya raja pun memilih Yoon Woo sebagai putri mahkota.
    Jelas saja, kabar tersebut membuat Lee Hwon senang bukan main.Yoon Woo pun segera dibawa ke istana dan ia tinggal di Eunwolgak (tempat terindah yang dipilih lee hwon khusus menjadi tempat tinggal putri mahkota sebelum upacara pernikahan). Namun sayang sekali, kebahagiaan mereka tidak berlanjut lama karena diam-diam Ibu Suri menyuruh seorang shaman (cenayang) untuk membunuh Yoon Woo sehingga posisi putri mahkota bisa diganti oleh Bo Kyung. Dan mereka menggunakan putri Min Hwa sebagai persembahan. Sesuai keinginan, akhirnya Yoon Woo pun tiba-tiba terserang penyakit yang tidak diketahui namanya. Penyakit yang tidak menunjukkan gejala-gejala sakit, dan bertambah parah semakin harinya. Dan tak lama pun ia meninggal.
 
 

Sepeninggalnya Yoon Woo, kerajaan jadi carut marut, dan kedudukan putri mahkota pun digantikan oleh Bo Kyung. Jangan bertanya apa yang terjadi pada Lee Hwon, karena ia sedihnya bukan main. Ia sangat menyesal karena selain tidak bisa melindungi Yoon Woo yang harus di tendang dari istana karena penyakitnya dan tidak bisa melihat Yoon Woo ketika gadis itu Bahkan ia menutup hatinya selama 8 tahun. Lee Hwon tidak lagi mengenal cinta, dingin, sinis, pemarah, penuh kebencian, kasar, dan jadi sering sakit-sakitan. Ternyata cinta pertama itu berdampak sangat buruk untuknya. Ia yang menyadari bahwa para pejabat adalah orang-orang jahat membuatnya lebih terbebani. Selama kekuasaannya, Lee Hwon selalu berusaha agar dirinya bisa berkomunikasi dengan rakyat, tetapi para menteri menghalangi jalannya. Selain itu, para menteri juga ternyata adalah orang-orang yang memakan uang rakyat dan hal tersebut membuat Lee Hwon marahnya bukan main.
 

Siapa sangka, kalau ternyata Yoon Woo masih hidup. 8 tahun yang lalu ia diselamatkan dari dalam kubur karena kutukan itu hanya membuatnya mati suri. Tetapi ingatan Yoon Woo hilang sehingga ia hidup dengan predikat sebagai shaman. Yoon Woo bertemu lagi dengan Lee Hwon ketika Lee Hwon mengunjungi desa. Pertemuan pertama itulah awal dari kembalinya ingatan Yoon Woo. Ditambah mereka kembali bertemu di Istana sebagai Shaman dan raja, dan tidak saling mengenal. Sayangnya, Yoon Woo selalu berfikir bahwa kenangan yang muncul di kepalanya adalah milik raja. Dan meskipun raja sudah berkali-kali memastikan dan bertanya bahwa shaman yang ia beri nama Wol ini adalah orang yang sama dengan Yoon Woo, tapi Wol selalu berkata bahwa ia bukan Yoon Woo karena ia adalah seorang shaman. Tapi anehnya, semakin sering raja melihat Wol, semakin ia merasa bahwa ia juga jatuh cinta terhadap gadis ini. Begitu pula Wol, yang merasakan perasaan yang tidak seharusnya ia miliki kepada seorang raja. Tapi tanpa mereka sadari, sebenarnya mereka sudah saling mencintai sejak kecil.

C. Klimaks
Beberapa dari klimaks dalam drama ini, yang paling terasa adalah ketika Wol dituduh sebagai seorang yang mengutuk baginda raja ketika raja dan ratu, baru akan melaksanakan malam pengantin. Tetapi karena Wol tidak pernah mau mengaku bahwa dirinya yang melempar kutukan, yang terjadi kemudian dia diberi penyiksaan bukan main. Begitu pula raja yang semakin lama semakin mendapat fakta-fakta yang menyatakan bahwa Yoon Woo masih hidup dan Yoon Woo adalah Wol.


Klimaks lainnya adalah ketika raja akhirnya tahu siapa saja yang telah menyebabkan Yoon Woo meninggal 8 tahun yang lalu. Ketika akhirnya rencana jahat 8 tahun yang lalu terkuak. Tentang siapa saja yang bersekongkol untuk membunuh Yoon Woo. Dan kenyataan itu sangat menyakitkan. Sungguh. Karena siapa sangka bahwa Yoon Woo meninggal karena kerabat raja sendiri, dan istri dari kakak Yoon Woo sendiri.

D. Anti Klimaks


Sedangkan anti klimaks dari drama ini adalah ketika ingatan Yoon Woo kembali dan raja akhirnya menyelesaikan analisisnya dan sampai pada kesimpulan bahwa kenyataan mengenai Wol dan Yoon Woo adalah orang yang sama tidak bisa diganggu gugat lagi.




 Tokoh Favorite


A. Lee Hwon diperankan oleh Kim Soo Hyun dan Yeo Jin Goo (teen)


 

Huehehehe... Lee Hwon disini adalah karakter tokoh pertama yang akan aku review karakternya. Karena jelas, dia adalah tokoh favoritku yang paliiiiing aku suka. Dia adalah putra mahkota dari raja sebelumnya, Seung Jo. Ketika masih menjadi putra mahkota, dia sudah tumbuh sebagai seorang remaja yang tidak akan mudah dirayu oleh orang-orang yang haus akan tahta dan kedudukan. Sosok yang menyenangkan, humoris, ceria, dan disayang oleh banyak orang. Ketika menjadi raja, Lee Hwon tumbuh sebagai lelaki yang memiliki otak yang cerdas untuk dapat menilai orang-orang di sekitarnya, sehingga orang-orang yang benar-benar dekat dengannya itulah orang-orang yang mengetahui siapa dirinya sebenarnya. Dan Lee Hwon adalah orang yang tidak mudah mengikuti kata-kata orang. Ia lebih suka mengikuti kata hatinya yang menurutnya disitulah kebenaran daripada mengikuti kata-kata orang yang hanya bermulut manis. Meskipun Lee Hwon dianggap sebagai seseorang yang bisa memiliki apapun yang ia inginkan, tapi siapa sangka bahwa ia juga seorang raja yang menderita. Karena kehilangan orang yang ia cintai, karena rakyatnya, karena orang-orang jahat di sekitarnya. Betapa itu tidak membuatnya sangat menderita?
 

Lee Hwon itu Putra Mahkota yang pintar
Ada kejadian dimana Lee Hwon diberi teka-teki oleh Heo Yeom yang menjabat sebagai gurunya saat itu. Untuk sesaat Lee Hwon tidak mempercayai Yeom yang dianggapnya pasti juga hanya bermulut manis. Meskipun awalnya Lee Hwon menganggap Yeom itu adalah utusan Ibu Suri, tapi Hwon akhirnya menyadari ketulusan Heo Yeom. Yeom menggunakan teka teki untuk mendapatkan hati Lee Hwon. Dan ketika ia diberi teka-teki tersebut, Lee Hwon membaca buku-buku politik yang tebal dan berat dan menghafal. Yah, walaupun memang jawabannya yang begitu panjang itu adalah jawaban yang salah, tapi poinnya adalah dia pintar. Walaupun dia tidk serajin dan sesuka Yeom dalam membaca buku, tapi otaknya bisa dengan cepat mempelajari sesuatu. Itu keren menurutku.


Lee Hwon adalah raja yang cerdas
Ehm.. kalo ngomongin Lee Hwon aku cuma pingin teriak aja deh kayaknya. Gilaaaakkk... dia ini bener-bener raja yang langka menurutku. Dia raja yang selain cerdas, dia juga cerdik. Dia benar-benar tahu bagaimana cara memancing orang agar mau membuka mulutnya. Bahkan tanpa diberitahupun ia tahu bahwa orang-orang pengikut ibu suri, yaitu para menteri, bukanlah orang-orang baik. Sehingga dengan caranya, ia selalu mencoba agar bisa membongkar setiap kejahatan para menteri. Dan cara-nya itu bener-bener hebaat, daebak, dan nggak di sangka. Bahkan dengan otak cerdasnya itu, dia juga bisa menganalisis dengan baik kejangkalan-kejanggalan yang terjadi pada kehidupan rakyatnya dan bahkan kejadian 8 tahun yang lalu.
Seorang raja yang berwibawa dan tegas.
Sebagai seorang raja, Lee Hwon telah belajar dengan baik bagaimana cara menjadi seorang raja yang dicintai oleh rakyatnya. Dan bagaimana menjadi raja yang disegani dan ditakuti oleh semua orang. Dan Lee Hwon tumbuh sebagai raja tersebut. Wibawa Lee Hwon sebagai raja disini adalah bagian yang paling dan sangaaat aku sukai. Bahkan mengetahui usia Lee Hwon yang masih sangat muda ketika menjabat, tawanya, ekspresinya, semuanya terlihat berkelas, tetapi tidak menampakkan kesombongan sama sekali. Parasnya yang elok itu juga membuat setiap orang yakin bahwa dia adalah raja yang ditunggu oleh semua rakyatnya. Dan bahkan aura rajanya. :) Ia sangaat tegas terhadap semua orang di kerajaannya. Dia memiliki kharisma yang hingga akhirpun tidak pudar. . Cara dia memberi hukuman, cara dia menghargai, dan cara dia menunjukkan amarahnya semuanya setimpal dengan apa yang ia dapatkan. Lee Hwon adalah orang yang tahu bagaimana meletakkan hal-hal yang baik maupun buruk pada tempatnya. Karena memang itulah kerajaan yang ingin dibangunnya. Itulah negeri yang ingin dipimpinnya. Keren banget nggak sih raja ini?

Raja yang sinis, mudah kesal, dan pemarah
Berkaitan dengan para menteri yang mengikutinya, Lee Hwon tumbuh sebagai raja yang sinis dan pemarah. Bukan pada rakyatnya, bukan pada pelayannya, tapi pada menteri yang selalu ingin mendapatkan kedudukan tinggi di pemerintahannya. Kesinisan dan amarah Lee Hwon biasa ditujukan untuk memancing para menteri agar mau mengakui kesalahannya. Tapi karena ia sudah tumbuh seperti itu, sehingga hingga akhirpun sifat pemarahnya terus melekat.


Raja yang peduli dan baik hati
Lee Hwon mencintai rakyatnya di atas segalanya, dan oleh karena itu maka rakyatnya pun begitu mencintainya. Meski well, rakyatnya tidak ada yang pernah tahu seperti apa wajah seorang baginda raja. Lee Hwon juga sangat baik. Tanpa diketahui, demi rakyatnya agar hidup makmur, Lee Hwon bahkan rela turun langsung ke desa sebagai orang biasa demi melihat secara langsung kondisi rakyak-rakyatnya. Kalo ada raja yang begitu peduli seperti Lee Hwon, siapa yang nggak jatuh cinta coba? Dan karena kebaikan hatinya ini juga Wol si Shaman bisa jatuh cinta padanya.

Lee Hwon adalah lelaki yang setia
Yup, bagian ini jelas adalah bagian kisah cinta dalam hidup Lee Hwon. Dan gilanya, Lee Hwon mampu bertahan mencintai seorang wanita yang menjadi cinta pertamanya selama 8 tahun dan tidak bisa melupakannya mesti tahu bahwa wanita yang dicintainya sudah meninggal.Selama ia hidup semenjak meninggalnya Yoon Woo, Lee Hwon tidak lagi tertarik pada wanita manapun. Bahkan ia belum pernah melakukan malam pertama dengan ratunya karena ia tidak ingin memberikan kesuciannya kepada wanita selain Yoon Woo meski ia tahu, bahwa Yoon Woo sudah meninggal. Hatinya benar-benar tertutup rapat, dan semenjak meninggalnya Yoon Woo ia menjadi seorang raja yang sangat dingin dan jarang tersenyum. Padahal bisa di pastikan, bahwa itu bukanlah sifat dasar Lee Hwon, sayang, ia menjadi orang yang berbeda dan tidak lagi semudah dulu untuk tersenyum. Ditambah banyaknya orang-orang jahat disekitarnya membuatnya semakin tidak mudah menunjukkan sisi aslinya.

Tapi kembali, ketika ia bertemu dengan Wol, seorang Shaman yang ditemuinya ketika ia tengah tersesat di hutan, yang kemudian bertemu dengannya kembali di Istana karena saat itu Wol diutus menjadi shaman penjaga raja, kehidupan Lee Hwon kembali berubah. Keberadaan Wol disisinya setiap malam yang akhirnya ia sadari keberadaannya membuat kehidupan Lee Hwon jungkir balik. Selain wajah Wol yang begitu bercahaya dan mempesona, Wol juga mengingatkannya pada Yoon Woo, orang yang dicintainya sepanjang hidupnya. Awalnya, ia sangat percaya bahwa Wol adalah Yoon Woo sehingga Lee Hwon sering menguji Wol. Hingga akhirnya Wol bersikeras berkata bahwa dirinya bukanlah Yoon Woo dan menyuruh Lee Hwon berhenti bertanya. Tapi siapa sangka, meskipun bersikeras menganggap Wol bukanlah Yoon Woo dan hanya seorang shaman rendahan, Lee Hwon tetap memberikan perhatian berbeda terhadapnya. Dan perlahan, Lee Hwon kembali jatuh cinta kepada gadis yang sama dengan status berbeda. Karena raja jatuh cinta dengan seorang shaman inilah yang membuat kehidupan keduanya semakin sulit dijalani dan menjadi lebih banyak kerikil dalam hidup mereka.


Perkembangan Akting Kim Soo Hyun
Dan sungguh, demi apapun. Aku ingin sekali bertepuk tangan dan berteriak sekencang-kencangnya saking kagumnya aku sama bakat laki-laki ini. Setelah ia berhasil menarik perhatianku dengan suaranya yang sangat-sangat-sangaaat bagus, dan berkat aktingnya yang bisa bikin aku jungkir baliknya saking bagusnya dia dalam memerankan peran Samdong, lagi-lagi ia memberikan kejutan berikutnya dengan main di drama ini. Kalo dibilang apakah karakter tokoh yang dimainkan sama? No. It's totally different. Beda banget. 

Di drama ini Kim Soo Hyun berhasil memerankan seorang raja yang diidamkan banyak orang. Ia berhasil memerankan peran sebagai raja muda yang mempesona, baik hati, cerdas, berwibawa, bijaksana, berkharisma, tegas, adil, sinis, mudah kesal. Bahkan ia bisa menunjukkan sisi unik dalam diri raja yang ia mainkan sehingga terkadang ia juga terlihat lucu. Menurutku, nggak ada sedikitpun lecet pada aktingnya. Sempurna. Semua yang seharusnya ia lakukan dalam memerankan raja disini berhasil ia kuasai tanpa celah. Dan ini bener-bener perkembangan yang sangat baik mengingat karakter yang ia perankan adalah karakter yang jauh lebih dewasa dari ketika ia main di  dream high. Kalau di dream high kita akan lebih melihat ia sebagai sosok remaja, maka disini kita akan lebih melihat Kim Soo Hyun dalam sosok yang lebih dewasa. Dan dia bahkan berhasil memerankan sosok lelaki yang jatuh cinta dengan sangat-sangat apik. Mulai dari ekspresi, tatapan, emosi, dan bahkan body langunge-nya mengalami perkembangan yang membuat kita bisa tahu seberapa besar cinta Lee Hwon untuk Yoon Woo. Dan berkat aksinya di drama ini, aku yakin semua cewek pasti berfikir ingin menjadi Yoon Woo. Dia berhasil membuat kita semua iri dengan kisah cintanya, bahkan perasaan yang ia gambarkan dengan sempurna. Rindu, bahagia, senang, terhibur, ingin melindungi, rela, bahkan sedih dan bersalah. Semua yang diperankan Kim Soo Hyun disini berhasil bikin perasaan penontonnya di kocok-kocok. Beneran deh. Ngelihat Kim Soo Hyun disini bukan cuma bikin kita klepek-klepek, tapi bikin kita jadi lebih-lebih mencintainya dan ingin melihat aktingnya lagi di drama lain.

B. Yoon Woo (Wol) diperankan oleh Han Ga In dan Kim Yoo Jung (teen)




Yoon Woo adalah seorang putri dari Menteri Penasehan Khusus, Heo. Kepribadian Yoon Woo juga kepribadian yang pasti langka ditemui. Semua yang ia miliki adalah modal sebagai seorang Putri. Entah itu gerak tubuh, postur tubuh, cara bicara, bahkan otaknya sekalipun. Ia adalah gadis yang tegas namun sangat lemah lembut. Karena hobinya yang suka membaca, ia mempelajari banyak sekali hal dan tumbuh menjadi seorang gadis yang berkelas dan sangat cerdas. Makannya, nggak heran kalau ada banyak orang yang iri pada kecakapan dan kemampuannya. Dan nggak heran, kalau ia dipilih menjadi seorang Putri Mahkota. Sayangnya, kenyataan yang ia hadapi begitu pahit. Ia harus mendapat kutukan dari orang yang membunuhnya dan rela kehilangan ingatan demi menyelamatkan kehidupannya. Dan itulah yang terjadi padanya. Karena ingatannya itulah, ia tidak bisa mengenal wajah Lee Hwon ketika pertama kali mereka bertemu. Meskipun sejak melihat Lee Hwon ia melihat gambaran-gambaran tentang masa lalunya. Tapi ia sama sekali tidak berfikir bahwa dirinya dan Yoon Woo adalah orang yang sama. Ia tumbuh dengan nama Wol, seorang shaman yang kemudian ditugaskan untuk menjaga Yang Mulia Raja. Seperti sebelumnya, ia juga jatuh cinta lagi pada sang Raja seperti 8 tahun yang lalu. Sayangnya, statusnya yang hanya sebagai shaman rendahan tidak lantas membuatnya tidak bisa dengan mudah untuk berharap bersama Lee Hwon. Dan siapa sangka, bahwa dia adalah Putri Mahkota yang meninggal 8 tahun yang lalu.

Han Ga In. Baru disini aku lihat aktingnya, dan awalnya nggak terlalu tertarik. Awalnya aku pikir dia nggak cocok sama Kim Soo Hyun melihat parasnya di drama ini. Tapi setelah akhirnya aku benar-benar menyelesaikan drama ini, aku ngaku kalo dia cantik. Cantiiiik banget. Dan memang, produser itu kalo milih pemain pasti nggak asal. Karena ternyata peran Yoon Woo sangat cocok diperankan oleh Ga In. So, Han Ga In berhasil memerankan sosok gadis yang mencintai seorang yang tidak bisa ia cintai, memerankan sebagai seorang gadis yang sangat menderita, bisa memerankan sebagai seorang ratu pada akhirnya. Ia juga berhasil memerankan peran sebagai seorang gadis yang usianya lebih muda daripada sang raja, tapi tetap ia lebih dewasa dari kelihatannya. Dan menurutku, ia cocok dengan Kim Soo Hyun. Ah, lebih tepatnya, karakter tokoh Yoon Woo yang ia perankan menjadi sangat cocok dengan karakter raja yang diperankan oleh Kim Soo Hyun.

C. Yang Myung diperankan oleh Jung Il Woo dan Lee Min Ho (teen)


Dan Il Woo kali ini memerankan peran sebagai seorang anak selir yang tidak pernah mendapatkan apapun yang ia inginkan. Dari kedudukan, tahta, cinta sang ayah, bahkan Yoon Woo. Meskipun ia iri luar biasa dengan kemudahan Lee Hwon, tapi Yang Myung selalu berhasil mengendalikan dirinya dan mengontrol emosinya. Sejak kecil, ia adalah seorang laki-laki yang ceria dan menyenangkan. Sifatnya sangat supel dan membuatnya mudah dekat dengan siapa saja. Ia juga laki-laki yang selalu bertindak seenaknya. Dia lebih tidak suka di kengkang oleh peraturan sehingga ia melakukan apapun yang ia sukai dengan gaya dan caranya. Asal. Mungkin itu juga kata yang tepat untuk menggambarkan dirinya.


Sayang, meskipun ia memiliki kemampuan dalam segala hal, ia tetap tidak bisa mendapatkan hati Yoon Woo maupun Wol yang membuatnya jatuh cinta dua kali. Banyak hal yang membuatnya frustasi, tapi Yoon Woo membuatnya gila. Mengetahui bahwa ia hanya memiliki cinta bertepuk sebelah tangan dan mengetahui bahwa Yoon Woo / Wol dan Raja saling mencintai membuatnya merasa semakin membenci Lee Hwon. Kebenciannya semakin bertambah ketika ia mendapat perintah untuk dikurung di kediamannya (meskipun sebenarnya Raja mengeluarkan perintah itu karena tidak ada pilihan), dan ia bahkan sempat memiliki pemikiran untuk merebut tahta raja. Yup, dan raja pun dengan penuh kehormatan dan kepeduliannya pernah menyerahkan hidupnya ditangan Yang Myung.Ia pernah meminta dengan paksa agar Yang Myung membunuhnya dan dengan begitu Yang Myung bisa memperoleh tahta dan Yoon Woo. Tapi tidak kehilangan akalnya, ternyata Yang Myung lebih memilih adiknya daripada segala hal yang ia inginkan walaupun sakitnya bukan main.

Dan di episode terakhir, kita harus melihat pemandangan tragis tentangnya. Kita harus dihadapkan pada gambaran bahwa akhirnya hidup Yang Myung tidak bisa lebih panjang lagi. Ia merelakan dirinya untuk dibunuh dengan kepercayaan bahwa hanya boleh ada satu matahari di langit dan ia meninggal dengan harapan tulusnya untuk sang raja. Jelas melihat Yang Myung meninggal di depan kepalanya, Lee Hwon tidak bisa menahan untuk tidak menangis, ia menangis dan berteriak sejadi-jadinya ketika mengetahui bahwa kakak yang ia cintai harus meninggalkannya.

D. Kim Chae Woon diperankan oleh Song Jae Rim dan Lee Won Gun (teen)

Woon juga adalah tokoh favoriteku di drama ini. Ia berperan sebagai pengawal khusus raja dan sahabat Yang Myung. Ia memiliki karakter dingin, seorang pendekar mahir pedang, dan dia adalah sarjana militer terbaik bersama dengan Yeom yang lulus sebagai sarjana terbaik. Karena kesetiannya pada sang raja, ia harus siap menerima setiap perintah raja bahkan jika itu harus menyakiti sahabatnya sendiri. Yang aku suka dari karakter Woon adalah sifatnya dan sikapnya yang sangat sangat setia. Meskipun dingin dan jarang tersenyum. Bersama raja disampingnya, dia menjadi teman dari Lee Hwon sendiri. Dan sifatnya ini memang dingin dan jarang tersenyum, tapi loyalitas,kepedulian, dan kemampuannya luar biasa. Akhirnya, dia bisa hidup sebagai seorang yang bahagia di samping raja dan tersenyum karena kebahagiaan sang raja.

E. Heo Yeom diperankan oleh Song Jae Hee dan Siwan (teen)
Ini juga karakter favoritku. Kakak dari Heo Yoon Woo. Tak kalah pintarnya, dialah lulusan sarjana terbaik. Dia sangat tampan dan semua orang jatuh cinta padanya. Mulai dari putra mahkota, bahkan putri Min Hwa. Yeom adalah orang yang sangat sayang pada keluarganya, pun pada adik tercintanya Yoon Woo. Makannya, ketika mengetahui Yoon Woo sakit-sakitan, ia tidak pernah ingin menjauh dari adik kesayangannya. Meski pada akhirnya, ia sendiri tidak ada di samping Yoon Woo di saat terakhirnya, dan itulah penyesalannya yang paling dalam.


Meskipun memiliki potensi sebagai pejabat negara, pada akhirnya Yeom hanya menjadi Uibin (suami putri min hwa). Dan meskipun awalnya ia menganggap Min Hwa sebagai adiknya, tapi perlahan ia pun semakin mencintai Min Hwa. Sayang kenyataan bahwa Min Hwa lah orang yang membunuh adiknya membuatnya merasa sangat bersalah dan bahkan malu untuk melihat wajah Yoon Woo. Ia menyalahkan dirinya dan menghukum dirinya dengan meninggalkan Min Hwa. Meski pada akhirnya, hubungannya dengan Min Hwa tetap berakhir bahagia.

F. Hyung Sun diperankan oleh Jung Eun Pyo
Dan keberadaan Hyung Sun, pengikut setia Raja sejak raja masih menjadi putra mahkota menjadi bumbu tersendiri dalam drama ini. Huehehe.. dramanya jadi kerasa menyenangkan di tengah ketegangan yang ada. Meskipun dia adalah seorang pelayan pribadi Raja, tapi aku yakin kalau Hyung Sun sudah dianggap sebagai keluarga Lee Hwon sendiri dan menjadi bagian dari orang-orang yang disayangi raja. Untung aja dia nggak meninggal secara aku nggak kepikiran ada yang bisa nggantiin dia disisi raja.

G. Jan Sil diperankan oleh Bae Noo Ri dan Joo Min Ah (teen)
Jan Sil adalah Shaman yang ditemukan dan dipungut. Ia memiliki kekuatan luar biasa dalam dirinya tetapi ia memiliki kesulitan untuk mengontrolnya. Beberapa kali ia hampir saja keceplosan dan beberapa kali mendapat hukuman dari Shaman Jang. Mm... karakter yang menarik dari dia adalah selain tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik, meskipun ia penakut tetapi caranya berbicara dan kata-kata yang keluar dari mulutnya pada akhirnya adalah kata-kata yang menyenangkan. Dan memang, Jan Sil adalah orang yang menyenangkan.

H. Hong Gyu Tae diperankan oleh Yoon Hee Suk

Kenapa Hong Gyu Tae juga jadi tokoh favoritku, padahal dia tampilnya cuma bentaaar banget. Jarang lagi. Hehehe. Soalnya yang bikin drama ini kerasa menarik dan lucu juga justru dengan adanya dia.Aku pasti ngekek deh lihat tingkahnya dia. Waktu Lee Hwon masih jadi putra mahkota, dia pernah dipanggil sebagai ketua di sungkyunkwan saat itu untuk menggerakkan pelajar sungkyunkwan agar pemilihan putri dilakukan berdasarkan kemampuan dan kecakapan. Dan pertemuan mereka itu lucu soalnya Gyu Tae disuruh ganti baju kasim hehehhe.. Trus yang lucunya lagi adalah waktu Lee Hwon udah jadi raja dan tengah menyelidiki kasus Yoon Woo, dia manggil ketua biro penyelidikan, dan siapa sangka kalo Gyu Tae sekarang jadi ketuanya. Hehe. Trus adegan dulu kayak terulang lagi. Dia disuruh ketemu sama raja menggunakan baju kasim dan dia bahkan sempat mikir 'kok kayaknya dulu pernah'. Yang menurutku lucu dari dia adalah waktu dia lagi menyelidiki dengan menyamar sebagai rakyat biasa. Aktingnya itu bener-bener pas dan lucu waktu lagi menyelidiki. Gayanya waktu berusaha nyebar rumor dan biar orang-orang setuju itu lucu banget. Hahahaha. Dan terakhir adalah waktu akhirnya dia diangkat jadi menteri, dan dia waktu manggil Yang Mulia gara-gara raja bertingkah aneh sebelum ulang tahun ratu bisa jadi lucu banget (episode 20)

I. Seol diperankan oleh Yoon Seung Ah dan Sun Ji Hee (teen)
Seol adalah pelayan Yoon Woo dan nantinya dia juga menjadi pelayan Wol. Dalam hidupnya, dia menaruh perasaan bertepuk sebelah tangan pada Yeom yang memberikan namanya Seol. Seol adalah pelayan yang setia dan dia juga kuat karena dia juga diam-diam berlatih pedang. Hanya saja, kehidupannya sama seperti Yang Myung yang tidak bisa lama. Dia harus meninggal terbunuh ketika melindungi Yeom. Kasihan ya..

J. Shaman Jang Nak Young diperankan oleh Jun Min Sun

Hehe.. kelihatannya aku emang sempat lupa deh nge-review shaman jang sang tokoh penting dan kunci disini sebenarnya. Oke, shaman jang ini adalah kunci dari segala 'mengapa' yang terjadi di kerajaan. Mengapa yoon woo mati, mengapa bo kyung jadi ratu, mengapa yoon woo hidup lagi, mengapa yoon woo hilang ingatan, tapi untungnya semua bisa kembali ke posisi masing-masing.
Shaman Jang ini sebenarnya adalah orang yang baik hati dan ia adalah seorang cenayang terhebat di kerajaan. Tapi sayang, ia pernah dibingungkan oleh siapa yang akan menjadi ratu berikutnya dan memberikan jawaban yang berbeda dari kenyataan kepada permainsuri. Yup, dia bilang bahwa bo kyung yang akan jadi ratu tapi kenyataannya raja milih Yoon Woo. Permainsuri marah dan minta Shaman Jang membunuh Yoon Woo menggunakan ilmu hitam. Tak bisa mengelak akhirnya Shaman Jang membunuh Yoon Woo, tapi dia juga yang kemudian menyelamatkan Yoon Woo dari kematian karena ingat janjinya untuk melindungi Yoon Woo pada sahabatnya dulu. Meskipun akhirnya ia hidup bersama Yoon Woo sebagai wali, tapi akhirnya ingatan Yoon Woo kembali dan akhirnya Yoon Woo tahu bahwa shaman jang lah yang pernah membunuhnya.


Ending The Moon That Embraces The Sun







Oh, well.. kalo ending The Moon That Embraces The Sun ini...mm. Oke, meskipun aku ketagihan sama keromantisan raja dan ratu, tapi over all, aku bilang cukuplah. Kalo ngikutin keinginanku bisa-bisa drama ini nggak tamat-tamat lagi hehe.. Cerita ini diakhiri dengan meninggalnya Yang Myung dan sang Ratu Bo Kyung. Setelah itu aku cuma bisa jejerit seneng deh. Soalnya akhirnya Lee Hwon dan Yoon Woo akhirnya bisa menikaaah. Akhirnyaaa.. akhirnyaaaa... mereka bisa merealisasikan keinginan mereka 8 tahun yang lalu, dan itu adalah bagian yang paling-paling-paliiiing aku suka. Setelah mereka menikah, mereka melakukan malam pertama (yah walaupun nggak dilihatin, tapi secara implisit taulah itu) yang sebenarnya belum waktunya tapi si Raja udah nggak tahan wahahhaha.. Dan nggak berhenti disitu karena masih ditambah ketika raja dan ratu udah punya anak. Yaah... kerasa bonus aja sih, aku bisa lihat gimana sikap mereka terhadap Putra Mahkota berikutnya hehe. Setidaknya ni ya, setidaknya, raja menunda-nunda memiliki Putra Mahkota karena memang beralasan. Karena pada akhirnya ia tetap punya anak. Dan aku tahu kalau itu adalah kebahagiaan yang sangat-sangat-sangaaat berharga baginya. Dan ending yang bener-bener terakhir adalah perayaan ulang tahun sang Ratu. Hehe... Persiapan raja untuk ulang tahun ratu bikin ratu bosan di kediamannya soalnya kan si raja ini kalo di kediaman ratu nggak bakal balik sebelum balik (ya ampun. saking cintanya tuh), tapi belakangan demi berlatih dia jadi jarang berkunjung. Dan di hari ulang tahun ratu, raja mainin alat musik buat ratu, tapi sebenarnya yang mainin itu bukan dia, dan ratu tau hehe. Lucu banget. Niatnya pingin romantis, tapi ratu nganggepnya menarik hehe.



Scene Favorite

Dan di drama ini ada banyak sekali scene favorit, ataupun adegan-adegan yang menurutku terbaik. Walaupun secara keseluruhan adalah yang terbaik, tapi aku bakal nulis scene apa aja yang sering muncul di otakku dan bikin aku pingin rerun lagi.

A. Scene paling Bahagia
Scene paling bahagia menurutku disini adalah ketika akhirnya Lee Hwon dan Yoon Woo bertemu lagi dengan status sebagai Lee Hwon dan Yoon Woo, bukan Raja dan shaman, bukan juga Raja dan Wol. Mereka bisa bikin aku ikut bahagia sekaligus ikut terharu dan merasakan kerinduan mendalam diantara mereka berdua.
Scene lainnya yang paling membahagiakan adalah di episode 20 akhir yang akhirnya mereka menikah dan punya anak. Sungguh, aku nggak tau apa yang lebih bahagia dari itu. Akhirnya mereka bisa hidup seperti yang mereka impikan 8 tahun yang lalu, ditambah sekarang raja jadi lebih sehat karena yoon woo, aku tahu mereka dan rakyatnya akan hidup bahagia dan makmur. Ditambah sang ratu yang sekarang adalah ratu yang juga sangat peduli terhadap rakyatnya, sama seperti raja Mereka cocok memimpin negara. Cocoook banget :)

B. Scene paling Sedih
Scene paling sedih? Kalo menurutku scene paling sedih itu adalah ketika Yang Myung terbunuh di depan mata Raja. Aaaahh.. gilak. Itu bener-bener klimaks yang menguras air mata. Waktu akhirnya Raja bisa bahagia, disaat yang sama pula dia merasa sangat sedih karena Yang Myung memilih terbunuh. Padahal aku berharap Yang Myung bisa bahagia, tapi ternyata dia tidak memilih bahagia disaat ini. Kepergiaannya jelas bikin raja yang juga begitu sayang terhadap hyungnimnya merasa shock dan sangat sedih. Juga Woon sebagai sahabat karibnya. Sumpah, ini jadi terasa nggak adil banget. Selama hidupnya Yang Myung nggak pernah dapetin yang dia inginkan, dan ketika semuanya berakhir aku bener-bener berharap dia bisa mencari kebahagiaan. Tapi kalo akhirnya dia meninggal gini, dia jadi bener-bener yang paling kasian. Pintar, tampan, cerdas, kuat, tapi dia adalah yang paling banyak berkorban dan tersakiti. Bener-bener kasian. Huaaaa~ waktu ngetik jadi pingin nangis lagi deh kalo inget raja sampe teriak histeris saking gilanya kehilangan orang yang paling dicintainya.


C. Scene paling Romantis
Dan scene paling romantiiiis disini adalah.... banyak. Dan yang paling romantis itu di episode 17 kebawah. Karena akhirnya Yoon Woo tinggal di ruangan raja, jadi kadar pertemuan mereka lebih tinggi. Dan menurutku, bagian ketika raja tau bahwa Yoon Woo ada di belakangnya, dan dia memilih menemani Yoon Woo yang sedang membaca, itu adalah salah satu bagian yang paling romantis. Seakan-akan seperti mengatakan bahwa Lee Hwon baru bisa kerja kalo ada Yoon Woo di depannya. Aku pikir dia seperti selalu ingin memastikan bahwa Yoon Woo bukan sekedar khayalan dan benar-benar ada.

Dan yang paling romantis lainnya adalah ketika malam pertama pernikahan mereka. Ketika akhirnya raja bisa melihat dengan sungguh-sungguh bahwa Yoon Woo yang di depannya sudah syah menjadi ratunya dan sudah syah menjadi istrinya, selain membahagiakan, cara dia memandang Yoon Woo juga romantis banget saat itu. Kayak dia ngomong 'akhirnya.. akhirnya.. akhirnyaa... kau jadi ratuku' dari tatapan matanya.. Aaah.. pingin banget jadi Yoon Woo deh aku.

Keunikan

Ada banyak hal yang membuat drama ini unik selain tema saeguknya. Drama ini unik karena:
  1. Bercerita tentang raja yang masih muda
    Kenapa bagiku itu unik. Yaa.. karena selama ini, drama historical yang kita tahu setidaknya untuk menunjukkan raja yang bijaksana dan berwibawa, yang jadi tokohnya itu pasti udah berkumis jadi udah cukup dewasa. Tapi drama ini unik karena kita akan melihat bagaimana seorang raja yang masih muda mampu memimpin kerajaannya.
  2. Real
    Pernah lihat sinetron-sinetron yang bertajuk kehilangan anak 10 tahun kemudian, 6 tahun kemudian, 12 tahun kemudian? Setelah beberapa tahun kemudian, ibu dan anak ini bertemu, tetapi tidak saling mengenal lantaran si anak udah berubah jadi dewasa dan bikin pangling.Satu-satunya hal yang akhirnya bisa menyatukan mereka adalah benda yang ditinggalkan si ibu untuk si anak ketika dulu. Dan drama ini yang bikin aku suka sekali adalah karena benar-benar real. Walaupun pemainnya memang diubah dari waktu masih anak-anak ke dewasa, tapi di ceritanya mereka itu seakan-akan tumbuh dengan wajah yang sama dan tidak berubah. Sehingga setelah 8 tahun berlalu dan akhirnya mereka bertemu lagi, PASTI yang terjadi mereka langsung saling mengenal, PASTI.Kalaupun tidak, pasti akan ada embel-embel 'sepertinya aku pernah melihatnya'. Makannya, ratu bo kyung, ibu suri, Putri Min Hwa, Ibu Yoon Woo, Yeom, nggak pernah ketemu sama shaman wol secara langsung karena bisa dipastikan kalo mereka lihat langsung, pasti mereka juga tahu kalo yoon woo nggak mati. Bahkan waktu akhirnya ketemu mereka juga langsung kenal walaupun 8 tahun berlalu.

    Waktu raja pertama kali bertemu Wol juga dia langsung nganggepnya Yoon Woo. Tapi karena Wol hilang ingatan jadilah keyakinan itu memudar dan akhirnya hanya menganggap Wol sebagai orang yang mirip dengan Yoon Woo. Waktu Jan Sil bertemu lagi dengan Yang Myung setelah 8 tahun juga langsung kenal padahal wajahnya bener-bener berbeda. So, aku ngerasa drama ini unik karena mereka berusaha membuatnya real dengan membuat para tokohnya tidak kehilangan ingatan dan wajah tokoh lainnya meskipun 8 tahun berlalu.
  3. Tentang Shaman
    Kalo yang ini jelas ya, karena emang jarang banget ada drama yang mengangkat cerita tentang shaman. So, menurutku ini unik karena hal tersebut.
  4. Aktor dan Artis Cilik semakin terkenal
    Dan yang hebat dari drama ini adalah, karena artis dan aktor-aktor yang dicerita tersebut memerankan peran semasa kecilnya Hwon, Yoon Woo, Yang Myung, Yeom, Woon, Seol, dll ikut jadi tenar dan lebih tenar dari sebelumnya. Jujur aja ya, untuk aku sendiri, biasanya ketika menonton drama yang bertajuk disepantaran cerita dimana pemainnya akan tumbuh besar, aku akan lebih dan sangat menunggu kehadiran tokoh-tokoh dewasanya dan ingin segera menyelesaikan cerita masa kecil mereka. Tapi drama ini berbeda dan dan drama ini memiliki keunikan menarik penontonnya meskipun di cerita ini diawali oleh masa kecil mereka. Mm.. apa ya yang menarik dari masa kecil mereka? Mungkin karena para artis cilik ini berhasil memerankan peran sebagai tokoh yang diusia mudanya sudah dirundung berbagai cobaan yang bertubi-tubi. Hwon yang ceria dan humoris yang kemudian jatuh cinta pada Yoon Woo, Yoon Woo yang pintar, cantik, lemah lembut, dan kutubuku, Yang Myung seorang yang serampangan dan bad boy tapi begitu perhatian, Yeom yang menjadi sarjana terbaik dan sangat menyayangi adiknya, seorang guru Putra Mahkota, bahkan ada Woon si setan pedang, Seol pelayan setia, Min Hwa si periang, dan selama 6 episode, mereka berhasil muncul sebagai bagian penting drama ini yang entah sampai di akhirpun kenangan masa kecil para tokoh akan tetap tergambar.

Komentar

Dan well.. ini akhir kataku. Komentarku terhadap drama ini adalah DAEBAK. Mengingat ratingnya yang tingginya naudzubillah, padahal cuma 20 episode bener-bener bikin drama ini jadi recommended banget dan harus ditonton. Drama ini nggak kalah sama Queen Seondeok yang juga ratingnya gila-gilaan dan sampai episode 62an. Untuk episode pertama di drama ini aja langsung mendapat rating tinggi 16an dan sampai episode terakhir berhasil menembus angka 45an. Ya ampun, itu angka yang sangat jarang, bahkan untuk drama dengan episode pendek dan tayang di setiap rabu-kamis yang tentunya memiliki banyak pesaing, drama ini berhasil menarik perhatian semua orang.

Selain itu, yang bikin drama ini recomended adalah karena akhirnya kita bisa lihat drama saeguk yang endingnya bener-bener happy ending. Sampai mereka jadi raja dan ratu, sampe punya anak. Walaupun kita lihat hampir seluruh episode isinya nangis, walaupun ada banyak yang meninggal, tapi kalo untuk sebuah drama saeguk yang kebanyakan jangan berharap ending yang bahagia, menurutku ini setimpal. Mereka emang nggak bisa mendapatkan semuanya. Harus ada yang kehilangan. Mereka kehilangan orang-orang yang mereka cintai tapi setidaknya mereka happily ever after. Dan meskipun sepanjang episode isinya sedih-sedih mulu, tapi kadar romantismenya pas kok, so, nggak nyesel deh beneran nonton drama ini :D

Klik disini untuk melihat Rating drama ini


Salam, ADLN_haezh

You Might Also Like

17 komentar

  1. wow.. lengkap banget reviewnya. aku juga suka drama ini. awalnya males nonton karena settingannya saeguk. tapi karena setiap orang bilang bagus, aku paksain nonton. setelah 2 episode ternyata suka. tambah episode ternyata tambah suka. apalagi pas soohyun nya udah muncul. jadi sukaa banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget bagus bangeeeett.. makannya aku bikin reviewnya panjang banget hehehehe...
      soo hyun itu bnyak yg bilang gak cocok jadi raja soalnya dianggep trlalu muda,
      tapi buat aku.. Soo Hyun is the best king I ever seen in saeguk drama ^^

      Hapus
    2. the most handsome king juga say. hehehe

      sebelum ke BIG, aku juga mampir ke queen inhyun's man. sempet terlena apalagi setelah mereka ngumumin jadian. tapi kalo dari segi cerita, RTP lebih nendang makanya susah ilangnya. QIHM aku excited karena OTPnya jadian. hihihi

      Hapus
    3. iyaaa the most handsome jugaa..aku heran knpa temenku gak tertarik2 juga yaa.. dia gamau lihat il woo mati sih-,-jd gak pngin nonton ini deeh .sayaang..

      Hapus
  2. aduh aduh... :)

    saya komen saja ya.. :D

    *saya kurang suka drama2 korea. :D

    BalasHapus
  3. aku suka ni film. punya kasetnya juga *bajakan* ups!! haha tapi blm sempet nonton full awal ampe akhir krn blm smpet. nontonnya acak acakan. kadang nebeng ibu kalo dia lg nonton.. hehehe nice post.. infonya lengkap bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo nontooonn XD dramanya buagus bangettt bikin ketar-ketir huehehhe

      Hapus
  4. bener banget ini bagus banget soalnya, filmnya juga kayaknya baru kali ini aja saeguk cerita pake cenayang-cenayang segala.

    akhirnyaaaaaaaaa mereka nikah jugaaaaaaaa haaaaaaaa senang banget bo kyung gantung diri! :)))

    salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.. banyak yg baru dari drama saeguk kali ini.. selain pake cenayang2an, kan kita juga jarang lihat raja sebegitu mudanyaa kyaaaaa >.<

      hahahha.. seneng banget juga akhirnya mreka nikah, happy ending ever after deh wkwk.. klo bo kyung gantung diri yaah emang gak ada alur yg lebih mantep dari itu sih :P

      Hapus
  5. lengkap ya reviewnya ya mbak. Coba film indonesia bertemakan seperti ini ya. Pasti seru juga. Cerita tentang kerajaan di Indonesia dahulu. Ini malahan kisah kerajaan indonesia yang ada naga, elang terbang dll hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya aku setuju banget.Satu hal yang paling aku suka dri drama korea adl mereka selalu menampilkan sesuatu yang real walaupun gak masuk akal.
      Sebenernya ak jga pingin di Indonesia dibikin cerita2 kerajaan dulu, soalnya cerita di Indonesia klo mau di olah juga banyak banget macamnya dan bagus2.. Tapi kapan ya hehe

      Hapus
  6. hihi aku suka banget nih drama, tapi belom kelar.hehe..kamu lengkap banget reviewnya, jadi mau cepet2 ending. aku paling suka hyung sun, abis muka melasnya kocak banget. Eiya, kok shaman jang gak diceritain? dia tokoh kunci juga lho :D nice post anyway

    salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama aku juga suka banget :D ayoo ayooo ditonton sampe ending, ini dramanya bikin penasaran banget soalnya..

      hueheheh.. aku jga suka hyung sun, dia itu pelayan dgn loyalitas yg begitu tinggi dan dengan caranya bsa bikin seorang raja mengikuti ucapannya hehe..

      oya aku sampe kelupaan. Tuh tentang shaman jang udah tak tulis kok hehe

      Hapus
  7. yahaa.. karena baca reviewnya, jd penasaran pengen nonton >.<
    minta film sama siapa ya bagusnya? #eh #gakmodal

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini-siniii aku punya dramanyaa.. wkwk
      kalo kamu tinggal di jogja sih tak kasih huehehehhe :3

      Hapus
  8. buseetdaahh,,
    ini ripiyu apa proposal agustusan dah.
    panjangnya kaya abis dari ma' erot

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah habisnya nggak tahan kalo nggak dikeluarin semuanyaa XD

      Hapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers