WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Review Drama

Drama Korea ' I Hear Your Voice '

Agustus 11, 2013

Rasanya senang sekali kali ini aku berhasil menepati janjiku 100%. Menyelesaikan drama I hear your voice yang baru tamat beberapa minggu lalu. Dan aku seneng banget akhirnya kesampaian juga hari aku akan menulis review tentang drama ini...



Untuk alurnya sih temen-temen bisa cari di google yaa.. sinopsisnya dah ada dimana-mana kok tenang aja. Karena aku orangnya lebih suka langsung to the point jadi nggak suka berlama-lama cerita tentang garis besarnya. Hehe... mian ya mian

I hear your voice menurutku ... yah, untukku ini adalah the best drama in 2013 for all of the aspect. Actor, acting, story, just all. Dan untuk alurnya sendiri, waaaaahhh... awesome. Aku nggak mau berlama-lama bercerita tentang alurnya, karena semua episode yang di tampilin disini dari episode awal bakal bawa kalian buat lanjut dan lanjut. Aku suka cara drama ini memberikan kejutan dan rasa penasaran di setiap episode. Just love it. Di pertengahan cerita mungkin banyak yang bisa menebak alurnya, tapi entah kenapa aku merasa bahwa itu sengaja, karena kemudian kita akan terus di giring untuk mengkonfirmasi apakah tebakan kita itu benar atau tidak. Lagipula walaupun sempat bisa di tebak ceritanya, tapi toh tetep deg-degan pas nontonnya.



Drama ini sebenarnya hanya berpusat di dua aspek: balas dendam dan hukum. Mengenai bagaimana hukum bisa memberikan perlakuan yang adil untuk semua cara balas dendam yang bahkan mungkin tidak terlintas di benak kita. Drama ini nggak melulu bercerita tentang kisah cintanya karena menurutku kisah cinta antara soo ha dan hye sung di jadikan pemanis yang memperkuat keindahan drama ini. Rasanya sejak episode satu kita akan terus di hadapkan oleh masalah persidangan, pertikaian jaksa dan pengacara, kebingungan hakim, tapi itu tidak membuat drama ini terasa membosankan. Bisa jadi membosankan kalau kasus yang di tampilkan di drama ini adalah kasus yang tidak menyita perhatian kita lebih banyak. Tetapi hampir semua kasus di drama ini melibatkan para pemainnya, entah pemain inti, pendukung, atau tambahan. Sehingga ketika kita menonton drama ini, kita akan terseret bukan hanya secara logika, tapi juga secara emosional. Itulah kenapa bagian hukum disini sama sekali tidak membosankan.


Untuk kisah cintanya, tentu saja itu menjadi penting disini karena kekuatan para tokoh yang diceritakan di drama ini. Awalnya Park Soo Ha (Lee Jong Suk) hanya sekadar ingin melindungi Hye Sung (Lee Bo Young) yang 10 tahun lalu bersedia menjadi saksi dari kematian ayah Soo Ha yang di bunuh oleh Min Jong Kook. Sayangnya, kesaksian Hye Sung tidak cukup kuat untuk membuat Min Jong Kook (Jung Woong In) di hukum seumur hidup melainkan hanya terkena hukuman 10 tahun penjara. Hal itu lah yang membuat Soo Ha mati-matian mencari dan melindungi Hye Sung selama 10 tahun karena keyakinan bahwa Min Jong Kook akan membunuh gadis itu segera setelah dirinya keluar dari penjara.



Yaa.. awalnya hanya sekadar melindungi hingga akhirnya, Soo Ha yang notabennya beberapa tahun jauh lebih muda dari Hye Sung jatuh cinta pada gadis itu dalam artian yang sebenarnya. Kalau sebelumnya hanya sekadar wacana dan ketika bertemu ia yakin bahwa Hye Sung bukan tipe gadis yang disukai olehnya, tapi toh keadaan yang menjawab. Kejadian-kejadian berikutnya mempertemukan mereka dan seakan tidak bisa membuat mereka lepas satu dengan yang lain, keterikatan itu akhirnya menjadi kebutuhan yang membuat satu dengan yang lain tidak ingin kehilangan. Dan disitulah bagian yang sangat di sukai para penontonnya, karena walaupun tidak dominan, kekuatan itu yang membuat para penonton selalu setia menonton drama ini hingga mendapat rating yang sangaaat tinggi.

Twist drama ini juga cukup bertubi. Beberapa cerita mungkin membuat kita berfikir tidak mungkin terjadi. Cerita lainnya membuat kita takut, berfikir yang tidak-tidak, tapi terjadilah. Tapi aku suka banget sama emosi di drama ini. Semua tokohnya berperan dengan sangat baik sehingga cerita para pemeran pendukung di drama ni pun menjadi hal yang paling diinginkan.

Review berikutnya aku akan beralih ke daerah para tokoh-tokohnya.

Chemistry yang paling kuat tentulah antara Park Soo Ha dengan Hye Sung. Soo Ha yang pintar, bisa membaca pikiran seseorang, jago bela diri, logis, dan selalu merasa dewasa dihadapkan oleh seorang wanita dewasa yang masih labil, egois, jaim setinggi langit, jorok, dan lebih sering menyebalkan. Di awal cerita kebanyakan orang tidak mengharapkan pasangan ini dan lebih berharap bahwa Pengacara Jang (Hye Sung) lebih cocok dengan Pengacara Cha, karena.. yah, karena mereka terlihat lebih seumuran dari pada Pengacara Jang dengan Soo Ha. Soo Ha mungkin memang terlihat jauh lebih muda daripada wanita itu, tapi dari sudut pandangku jiwanya jauh lebih dewasa daripada Hye Sung, walaupun si Pengacara Cha tetap lebih tinggi dalam hal kedewasaan. Wajarlah..



Tapi apa yang terjadi berikutnya? Wajah muda Soo Ha dan kekanak-kanakannya Hye Sung itulah yang membuat orang mengelu-elukan pasangan ini dan berharap mati-matian agar mereka jadi pasangan. Dan aku? Aku sih notabennya masih seumuran Soo Ha jadi aku bisa mengerti bagaimana ia ingin menjadi lebih dewasa dari umurnya saat itu dan bagaimana menyakitkannya ketika kita di anggap terlalu muda untuk orang yang dewasa sehingga mereka tidak bisa membalas kita. Berada di posisi Soo Ha, aku sangat, sangaaat mengerti bagaimana rasanya itu, di bedakan karena masalah umur.

Karakter Soo Ha adalah karakter favoritku disini. Aku akan mencoba membahas menjadi dua bagian, Park Soo Ha dan Lee Jong Suk.



Menurutku karakter Soo Ha yang dewasa ini adalah karakter jujur dan karakter yang sebenarnya. Karena ia menyukai seseorang yang jauh lebih tua sejak 10 tahun yang lalu, tentulah ia berharap bisa bertemu dengan gadis itu dengan pikiran bahwa ia cocok dan seimbang dengannya. Aku merasa Soo Ha cocok dengan karakter dewasanya, atau yang orang bilang 'sok dewasa' (gak ngerasa gitu ah aku mah). Ia tumbuh dengan kepribadian itu secara apa-adanya tanpa di buat-buat. Pikirannya itulah yang membuatnya tumbuh seperti itu.  dan karena kemampuan membaca pikirannya itulah yang membuatnya menjadi lebih logis dan pengertian. 



Park Soo Ha tidak memiliki siapapun disisinya. Ibunya meninggal karena ketidakcocokan jantung, ayahnya meninggal di bunuh, paman yang merawatnya tidak menyukainya dan meninggalkannya, dan jadilah Soo Ha akhirnya hidup mandiri sejak kecil. Satu-satunya alasan ia bisa terus bersemangat dalam segala hal adalah keyakinan bahwa dirinya akan bertemu dengan Hye Sung. Ia terus berfikir bahwa sampai saatnya tiba, ia akan menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Waaah.. bukankah itu hebat? Untuk orang seperti soo ha, alasan 'seseorang' bisa membuatnya bertahan dan menjadi seseorang yang menakjubkan. Aku merasa bahwa kalau bukan keinginannya yang besar untuk bertemu Hye Sung, mungkin ia tidak akan tumbuh seperti itu. Bisa saja ia tumbuh menjadi cowok dingin, hampa, dan tidak berprasaan. Itu juga menjadi alasan kenapa para penonton pun menumbuhkan rasa simpatinya pada karakter Soo Ha ini. Bahkan ketika bertemu Hye Sung pun dia terus-terusan berkorban, terasakiti karena Hye Sung ternyata menyukai orang lain. Tapi saat itu ia tidak pernah berfikir mengenai hal lain selain membuat Hye Sung bahagia dan hidup. Bahkan jika ia matipun ia tidak peduli, ia akan mendukung semua kebahagiaan wanita itu. Tapi akhirnya itu berubah ketika mengetahui bahwa Hye Sung balik menyukainya. Hiks.. rasanya aku nggak mau berhenti nulis tentang Soo Ha.. dia itu bikin kita pingin terus bantuin dia, pingin meluk, dan berkata bahwa semuanya akan baik-baik saja. Emosinya nggak stabil kalo berhubungan sama hidup mati wanita itu dan ... Soo Ha is really adorable for all of aspects. I just think words cannot describe about him.



Lee Jong Suk!!! He's so damn awesome. Setelah menjadi karakter 'gak penting tapi asik' di secret garden, bukankah sangat mengagetkan ia bisa menjadi karakter utama di School 2013 sekaligus di I hear your voice dimana kedua drama yang dimainkannya membuatnya menjadi semakin terkenal. Karena aku sedang bicara tentang drama ini, maka aku akan bercerita tentng kesanku tentang akting anak ini. Keren bangeeettt... kalo ada kata-kata di atas itu, jong suk aku tempelkan kata itu. Dia bisa menjadi semua karakter dengan sangat cocok, bahkan karakter mudanya. Yaah.. walaupun sekilas sebenarnya aku berfikir bahwa Soo Hyun mungkin saja cocok dimasukkan karakter ini. Tapi tetaplah, Jong Suk cocok banget sama karakter soo ha disini. Karakter apa saja yang kalian dapat disini? Jong Suk cocok memerankannya. Dan bagian yang paling aku suka adalah ketika ia lupa ingatan. Sifat sikap bahkan permainan matanya bisa berubah semua dan itu yang bikin aku sadar kalau selama ini karakter Soo Ha itu ternyata dewasa. Bahkan nada bicaranya pun berubah ketik ia lupa ingatan dan dia kelihatan lebih muda. Tapi teteeepp.. Soo Ha yang biasanya, yang kalo ngomong seenaknya, yang suka komplain sama Hye Sung, yang logis tapi lembut, yang 'cowok' banget itu tetep jadi karakter favoritku. Walaupun karakter lupa ingatannya juga bagian yang kusuka, tapi soo ha yang biasa tetep lebih keren. Fufu..

Entah kenapa waktu dia lupa ingatan rasa kasihanku sama soo ha jauh lebih bertubi. Bahkan rasa sakitnya bisa kurasakan dengan sangat baik. Ekspresinya jauh lebih jelas. Seperti anak kucing yang tersesat. Tapi ketika ingatannya kembali, soo ha pintar sekali mengendalikan semua ekspresinya. Ia bisa memfilter kata-katanya dengan sangat baik. Mungkin kemampuannya menjadi alasan untuknya. Ketika ia kehilangan kemampuannya, ia akan lebih takut untuk bicara di depan seseorang, ia menjadi lebih takut dan khawatir. Bahkan ia membuat orang lain mengkhawatirkannya berkali-kali lipat. Tapi ketika ia memiliki kemampuannya itu, ia tidak perlu khawatir dengan apa yang ia katakan kepada lawan bicaranya. Ia lebih berani dan bahkan tak pernah terlihat SEKALIPUN takut. Hal itu sebenarnya juga membuat orang khawatir, tapi khawatir karena keberaniannya itu. Karena itu membuatnya ia tidak berfikir. Siapa yang nggak mau sama cowok kayak dia? Soo Ha ini emang tipe cowok yang bisa bikin orang lain gila dan frustasi.



Kenapa soo ha yang dipilih hye sung bukan pengacara Cha?
Pertanyaan itu bahkan sempat terungkap di drama ini ketika pengacara Cha sedang menasihati Soo Ha. Kenapa Hye Sung lebih memilih Soo Ha?
Kalau dipikir dari semua sisi sudut pandang, sebenarnya pengacara juga cocok di samping Hye Sung. Tapi kenapa Soo Ha jauh lebih cocok?


Aku memikirkannya beberapa kali dan sebenarnya semua perhatian ke hye sung sama seperti perhatian pengacara cha ke hye sung. Tapi akhirnya yang bikin aku ngerasa beda adalah kekuatan dari perasaan soo ha itu sendiri dimana kuatnya perasaannya ke hye sung itu cuma satu-satunya dan aku yakin nggak ada yang mencintai hye sung seperti ia mencintai wanita itu. Yang bisa bertindak gegabah untuk semua aksi wanita itu, yang bisa kehilangan akal sehat kalau tentang wanita itu, dan kemampuannya untuk bisa membuat Hye Sung yang sinis dan pintar dalam berkata-kata bisa SELALU kalah telak oleh kata-kata Soo Ha. Yap. Bagaimana seorang anak yang usianya jauh di bawah hye sung bisa ngalahin kata-kat seorang hye sung? Cuma soo ha yang bisa.



Ada beberapa hal yang mungkin kita berfikir bahwa pengacara Cha bisa melakukan hal yang sama seperti yang soo ha lakukan. Tapi prakteknya, ternyata cuma anak ini yang bisa. Hubungan antara soo ha sama hye sung itu kayak takdir. Cuma soo ha yang memiliki masa lalu yang sama seperti hye sung. Hanya soo ha yang harus melalui hal mengerikan sama seperti hye sung. Hanya mereka berdua yang benar-benar tahu tentang segala hal yang terjadi di antara keduanya lebih dari orang lain. Hanya mereka tahu rasanya tidak memiliki siapapun selain mereka berdua. Hanya mereka berdua yang membutuhkan satu sama lain lebih dari orang lain. Sesederhana itu.

Rasa khawatir hye sung mengenai Soo Ha lah yang membuatnya tidak bisa mengalihkan perhatiannya dari Soo Ha. Ketika ia dengan pengacara Cha, hye sung tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal, hanya perlu melakukan hal-hal layaknya wanita. Tapi ketika berhadapan dengan sooha, ia menjadi khawatir mengenai banyak hal. Awalnya seperti seorang kakak ke adiknya, tapi semakin lama menjadi seperti kehilangan sesuatu yang akan membuat hidupnya hambar jikalau orang itu tidak berada di sampingnya. Itulah yang terjadi pada Hye Sung ketika ia berfikir mengenai Soo Ha. Ia memikirkan Soo Ha sampai tahap ia khawatir dengan hal-hal sekecil apapun yang dilakukan anak itu. Dan kembali lagi, itu semua seperti seharusnya terjadi. Seperti ikatan yang tidak lepas karena masa lalu mereka hanya mereka berdua yang memilikinya, lebih dari siapapun.



Untuk akhir dari beberapa tokoh yang awalnya patah hati kayak go sung bin sama pengacara cha,,, emm.. tenang aja, mereka udah di sediakan pasangan masing-masing kok, hanya tidak diceritakan secara lengkap saj. Yang pasti, pasangan krusial dan yang paling complicated akhirnya bisa berakhir baik.

Kuharap semua yang ingin kuocehkan tentang drama ini bisa kukeluarkan semua. Selamat menonton ^__^



Salam, ADLN_haezh

You Might Also Like

2 komentar

  1. hehe, drama favorit aku seumur hidup nih ^_^…
    aku tau drama ini agak terlambat sih yah karena biasanya aku lebih suka baca komik, dan meskipun begitu aku juga sekali2 nonton drama korea tapi yg bintangnya cwonya yg harus aku suka, hehe Lee Minho^_^… selain lee minho aku males nontonnya..ini bukan berarti aku seorang guy(homo) yah, alasannya yah lee minho adalah alasan kenapa aku suka nonton drama korea sejak era bbf^_^

    Kenapa aku jadi suka sama Lee jong suk? aku gak sengaja iseng2 nonton drama kaset dvd adek aku yg judulnya dokter strangher kalo gak salah judulnya gitu.. nah sejak saat itulah aku suka sama lee jong suk...dan semua drama yg dibintanginnya aku pengen nonton sama halnya dgn lee minho...

    Dan akhirnya aku nonton deh ini drama lee jong suk gitu aktornya^^…
    dan lagi-lagi aku jatuh cinta juga sama artis pameran cwenya Lee bo young^^ (tipe aku banget)... awalnya aku sempat syok kalau lee jong suk bukannlah aktor utamanya karena lee bo young lebih memilih pengacara Cha..tapi yah makin kesini aku makin yakin kalo Lee bo young sukanya ama Lee jong suk,hehe..

    Daebak drama forever ^_^…

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaaaa...
      ini juga the best drama buat aku.
      Eh lee min ho juga aktor favoritku gara-gara perannya di bbf. Sayang aku belum sempet nonton drama terbarunya.

      Lee Jong Suk sukses menyita perhatianku gara-gara secret garden, dan ternyata dia memang berbakat untuk jadi pemeran utama, dan selama dia jadi pemeran utama rasanya nggak pingin ketinggalan drama dia. Sayang, belum sempet nonton doctor strange :(

      Hapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers